RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Purwodadi
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII (delapan)/2(dua)
Alokasi Waktu : 25 jam pelajaran (10 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Menunjukkan keterampilan menalar,mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis ,mandiri, kolaboratif dan komunikatif dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.10 Menurunkan rumus untuk menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
3.11 Menjelaskan hubungan antara diagonal ruang, diagonalbidang an bidang diagonal dalam bang ruang sisi datar
|
1. Membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret.
2. Menemukan turunan rumus luas permukaan balok dan kubus.
3. Menghitung luas permukaan kubus dan balok.
4. Mengetahui jaring-jaring prisma dan limas sehingga dapat menemukan turunan rumus luas permukaannya.
5. Menghitung luas permukaan prisma dan limas
6. Menemukan pola tertentu untuk mengetahui turunan rumus volume kubus dan balok.
7. Menghitung volume kubus dan balok.
8. Memahami proses dalam menemukan rumus volume prisma dan limas.
9. Menghitung volume prisma dan limas.
10. Menghitung volume bangun ruang sisi datar gabungan.
11. Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan
1. Menemukan hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar.
2. Menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal.
|
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prima dan limas), serta gabungannya
4.11. Menyelesaikan masalah yang berkaitan denga BRSD menggunakan hubungan diagonal ruang, diagonal bidang an bidang diagonal.
|
1. Menyelesaikan masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas.
1. Menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama :
Peserta didik dapat membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret.
Pertemuan kedua :
1. Peserta didik dapat menemukan turunan rumus luas permukaan balok dan kubus.
2. Peserta didik dapat menghitung luas permukaan kubus dan balok.
Pertemuan ketiga :
1. Peserta didik dapat mengetahui jaring-jaring prisma dan limas sehingga dapat menemukan turunan rumus luas permukaannya.
2. Peserta didik dapat menghitung luas permukaan prisma dan limas
Pertemuan keempat :
1. Peserta didik dapat menemukan pola tertentu untuk mengetahui turunan rumus volume kubus dan balok.
2. Peserta didik dapat menghitung volume kubus dan balok.
Pertemuan kelima :
1. Peserta didik dapat memahami proses dalam menemukan rumus volume prisma dan limas.
2. Peserta didik dapat menghitung volume prisma dan limas.
Pertemuan keenam :
1. Peserta didik dapat menemukan hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar.
2. Peserta didik dapat menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal.
Pertemuan ketujuh :
Peserta didik dapat menghitung volume bangun ruang sisi datar gabungan.
Pertemuan kedelapan :
Peserta didik dapat menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan.
Pertemuan kesembilan :
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas.
Pertemuan kesepuluh :
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal.
Fokus Penguatan Karakter : Kedisiplinan, Percaya Diri, dan Tanggung Jawab, Kerja sama
D. Materi Pembelajaran
v Jaring-jaring kubus dan balok.
v Luas permukaan kubus dan balok.
v Jaring-jaring prisma dan limas.
v Luas permukaan prisma dan limas
v Rumus volume kubus dan balok.
v Menghitung volume kubus dan balok.
v Rumus volume prisma dan limas.
v Menghitung volume prisma dan limas.
v Hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar.
v Panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal.
v Volume bangun ruang sisi datar gabungan.
v Luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan.
E. Metode Pembelajaran
Pertemuan Pertama : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kedua : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Ketiga : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Keempat : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kelima : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Keenam : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Ketujuh : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kedelapan : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kesembilan : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan Kesepuluh : Model Pembelajaran Kooperatif
F. Media dan Bahan
1. Media : Media audiovisual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas).
2. Bahan : Bahan yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas).
G. Sumber Belajar
Sumber Belajar : Buku pegangan guru, buku pegangan siswa, lingkungan sekolah, dan internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama (2 jam pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret dengan tanya jawab
3. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
5. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kedua (3 jam pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru membahas PR
3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi rumus luas permukaan balok dan kubus dan menghitung luas permukaan kubus dan balok dengan tanya jawab
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan rumus luas permukaan balok dan kubus dan menghitung luas permukaan kubus dan balok secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan rumus luas permukaan balok dan kubus dan menghitung luas permukaan kubus dan balok.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan rumus luas permukaan balok dan kubus dan menghitung luas permukaan kubus dan balok.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan rumus luas permukaan balok dan kubus dan menghitung luas permukaan kubus dan balok.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan rumus luas permukaan balok dan kubus dan menghitung luas permukaan kubus dan balok.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan rumus luas permukaan balok dan kubus dan menghitung luas permukaan kubus dan balok.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan rumus luas permukaan balok dan kubus dan menghitung luas permukaan kubus dan balok.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait rumus luas permukaan balok dan kubus dan menghitung luas permukaan kubus dan balok.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan ketiga (2 jam pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru membahas PR
3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi jaring-jaring prisma dan limas dengan tanya jawab
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan jaring-jaring prisma dan limas secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan jaring-jaring prisma dan limas.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan jaring-jaring prisma dan limas.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan jaring-jaring prisma dan limas.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan jaring-jaring prisma dan limas.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan jaring-jaring prisma dan limas.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan jaring-jaring prisma dan limas.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait jaring-jaring prisma dan limas.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan keempat (3 jam pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru membahas PR
3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi rumus volume kubus dan balok dan menghitung volume kubus dan balok dengan tanya jawab
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan rumus volume kubus dan balok dan menghitung volume kubus dan balok secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan rumus volume kubus dan balok dan menghitung volume kubus dan balok.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan rumus volume kubus dan balok dan menghitung volume kubus dan balok.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan rumus volume kubus dan balok dan menghitung volume kubus dan balok.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan rumus volume kubus dan balok dan menghitung volume kubus dan balok.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan rumus volume kubus dan balok dan menghitung volume kubus dan balok.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan rumus volume kubus dan balok dan menghitung volume kubus dan balok.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait rumus volume kubus dan balok dan menghitung volume kubus dan balok.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kelima (2 jam pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru membahas PR
3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi rumus volume prisma dan limas dan menghitung volume prisma dan limas dengan tanya jawab
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan rumus volume prisma dan limas dan menghitung volume prisma dan limas secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan rumus volume prisma dan limas dan menghitung volume prisma dan limas.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan rumus volume prisma dan limas dan menghitung volume prisma dan limas.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan rumus volume prisma dan limas dan menghitung volume prisma dan limas.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan rumus volume prisma dan limas dan menghitung volume prisma dan limas.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan rumus volume prisma dan limas dan menghitung volume prisma dan limas.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan rumus volume prisma dan limas dan menghitung volume prisma dan limas.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait rumus volume prisma dan limas dan menghitung volume prisma dan limas.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan keenam (3 jam pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru membahas PR
3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar dan menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal dengan tanya jawab
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar dan menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar dan menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar dan menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar dan menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar dan menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar dan menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar dan menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar dan menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan ketujuh (2 jam pelajaran/80 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru membahas PR
3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi volume bangun ruang sisi datar gabungan dengan tanya jawab
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan volume bangun ruang sisi datar gabungan secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan volume bangun ruang sisi datar gabungan.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan volume bangun ruang sisi datar gabungan.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan volume bangun ruang sisi datar gabungan.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan volume bangun ruang sisi datar gabungan.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan volume bangun ruang sisi datar gabungan.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan volume bangun ruang sisi datar gabungan.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait volume bangun ruang sisi datar gabungan.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kedelapan (3 jam pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru membahas PR
3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan dengan tanya jawab
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kesembilan (2 jam pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru membahas PR
3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas dengan tanya jawab
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
7. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas.
8. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
9. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas.
10. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
11. Guru memberikan PR.
12. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kesepuluh (3 jam pelajaran/120 menit) :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru membahas PR
3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dengan tanya jawab
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
6. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal.
4. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal.
Mengasosiasi
6. Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal.
7. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal.
11. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
3. Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal.
4. Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5. Guru memberikan PR.
6. Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Purwodadi
Drs. H. Purnyomo, M.Pd
NIP. 19671127 199512 1 002
|
Purwodadi, 3 Januari 2018
Guru Mata Pelajaran
Darmawan Widodo, M.Pd
NIP. 19730427 199802 1001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar