RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok : Bangun Ruang Sisi Lengkung
Waktu : 10 × 40 menit
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
7.1 Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
7.2 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1. Menyebutkan unsur – unsur jari – jari, diameter, tinggi, sisi dan alas dari tabung dan kerucut
2. Melukis jaring – jaring tabung dan jaring – jaring kerucut
3. Menghitung luas permukaan tabung, kerucut dan bola
4. Menghitung volume tabung, kerucut dan bola
5. Menghitung unsur – unsur bangun ruang sisi lenkung jika volumenya diketahui
6. Menghitung perubahan volume dan kesebangunan bangun ruang
7. Menggunakan penerapan bangun ruang sisi lengkung
D. Materi Pembelajaran :
1. Unsur – unsur pada tabung dam kerucut
2. Jaring – jaring tabung dan jaring – jaring kerucut
3. Luas permukaan tabung, kerucut dan bola
4. Volume tabung, kerucut dan bola
5. Perubahan volume dan kesebangunan bangun ruang
6. Penerapan bangun ruang sisi lengkung
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran : Scientific
Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1. Buku Matematika SMP/MTS Jilid 3B, karangan M. Cholik Adinawan & Sugijono
2. Buku-buku penunjang dari perpustakaan
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pertemuan Pertama
| ||
Pendahuluan
|
· Guru memberikan gambaran tentang pentingnya mengenal dan memahami bangun ruang sisi lengkung.
· Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
· Guru menyampaikan kegunaan memahami bangun ruang sisi lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
· Guru membagi kelompok heterogen, serta meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
· Mencermati dan mengamati gambar, foto secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung.
· Mencermati dan mengamati unsur – unsur serta jaring – jaring pada tabung dan kerucut
Menanya
· Menanya tentang berbagai bentuk bangun ruang sisi lengkung dari masalah sehari-hari. Misal: benda apa saja yang ada dalam lingkungan sekitar yang termasuk bangun ruang sisi lengkung?
· Menanya unsur – unsur serta bentuk jaring – jaring tabung dan kerucut.
Mengekplorasi
· Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang dapat dinyatakan melalui kalimat verbal, gambar dan selanjutnya dalam bentuk bangun ruang sisi lengkung.
· Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan unsur – unsur serta jaring – jaring pada tabung dan kerucut.
Mengasosiasi
· Menganalisis berbagai bangun ruang sisi lengkung dan unsur – unsur pada tabung dan kerucut dari masalah sehari-hari.
· Menganalisis berbagai unsur – unsur serta bentuk jaring – jaring pada tabung dan kerucut.
Mengomunikasikan
· Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai bangun ruang sisi lengkung.
· Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
· Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
65 menit
|
Penutup
|
· Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
· Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
· Guru memberikan tugas beberapa soal mengenai bangun ruang sisi lengkung (Latihan 1 halaman 64).
· Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua
| ||
Pendahuluan
|
· Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah dalam menentukan luas permukaan tabung, kerucut dan bola.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
· Guru menyampaikan kegunaan dalam menentukan luas permukaan tabung, kerucut dan bola.
· Guru membagi kelompok heterogen serta meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15 menit
Inti
Mengamati
· Mencermati penerapan bangun ruang sisi lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
Menanya
· Menanya tentang penerapan bangun ruang sisi lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
Mengekplorasi
· Menggali informasi tentang penerapan bangun ruang sisi lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
Mengasosiasi
· Menganalisis penerapan bangun ruang sisi lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
Mengomunikasikan
· Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari tentang penerapan bangun ruang sisi lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
· Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
· Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
65 menit
Penutup
· Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
· Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
· Guru memberikan tugas beberapa soal tentang penerapan bangun ruang sisi lengkung (Latihan 9 halaman 91 – 92).
· Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
10 menit
Penutup
· Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
· Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
· Guru memberikan tugas beberapa soal dari latihan yang tidak terselesaikan di kelas.
· Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
10 menit
H. Penilaian
· Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu Penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
· Instrumen penilaian Sikap, pengetahuan, dan keterampilan terlampir.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan .
b. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
d. Peduli dalam kegiatan pembelajaran
e. Disiplin selama proses pembelajaran
f. Jujur dalam menjawab permasalahan yang diberikan
g. Tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas
|
Observasi
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Menyelesaikan soal yang relevan
|
Penugasan
|
Penyelesaian kelompok
|
3.
|
Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan bilangan bulat
|
Portofolio
|
Penyelesaian kelompok
|
I. Instrumen Penilaian hasil Belajar
1. Penilaian Sikap : Observasi
2. Penilaian Pengetahuan : Penugasan
3. Penilaian Ketrampilan : Portofolio
Tidak ada komentar:
Posting Komentar