SILABUS
PEMBELAJARAN
SMP / MTs
|
MATEMATIKA
Nama Sekolah : ______________________
Kelas : VII (Tujuh)
Nama Guru : ______________________
NIP / NIK : ______________________
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP/MTs
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VIII (Delapan)
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
KI 4 : Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan
secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4
|
Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan
melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta
didik, dan jurnal
|
|
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
3.1 Menerapkan
operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional
|
Operasi
Aljabar
|
Mengamati
§
Mencermati bentuk
aljabar dalam masalah sehari- hari atau situasi yang berkaitan dengan
penggunaan konsep
§
Mencermati
penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang disajikan
§
Mencermati cara
pengalian bentuk aljabar dengan cara bersusun
§
Mencermati masalah
mengenai pembagian bentuk aljabar
§
Mencermati cara
menyederhanakan bentuk aljabar
Menanya
§
Menanya tentang berbagai bentuk aljabar dari masalah
sehari-hari. Misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke
bentuk aljabar, bagaimana mengubah masalah atau bahasa sehari-hari ke dalam
bentuk aljabar, atau apakah simbol (variabel) yang boleh digunakan hanya x
dan y?
§
Menanya tentang
proses penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar serta bentuk aljabar yang
bagaimana yang bisa dijumlahkan atau dikurangkan
§
Menanya tentang
pengalian bentuk aljabar dan apakah setiap bentuk aljabar bisa dikalikan
§
Menanya tentang
pembagian bentuk aljabar. Misal: Bagaimana jika pada pembagian bentuk aljabar
sisanya tidak nol atau apakah setiap bentuk aljabar bisa dibagi dengan bentuk
aljabar yang lain
§
Menanya tentang
cara-cara penyederhanaan bentuk aljabar. Misal: bagaimana menyederhanakan
bentuk aljabr yang lebih rumit atau bagaimana kita bisa tahu langkah demi
langkah pada penyederhanaan bentuk aljabar
Mengumpulkan informasi
§
Menggali informasi
tentang masalah sehari-hari yang dapat dinyatakan melalui kalimat verbal,
gambar atau diagram, dan selanjutnya dalam bentuk atau ekspresi aljabar
§
Menggali informasi
tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bentuk atau ekspresi
aljabar tertentu
§
Menggali informasi
tentang klasifikasi bentuk aljabar berdasarkan suku, variabel, koefisien, dan
konstata
§
Menggali informasi
tentang penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Informasi yang digali
adalah tentang suku sejenis dan contoh-contoh penjumlahan dan pengurangan
bentuk aljabar
§
Menggali informasi
tentang perkalian dan faktor tentang faktor dari bentuk aljabar. Digali juga
mengenai sifat komutatif, asosiatif, dan distributif pada penjumlahan dan
perkalian bentuk aljabar
§
Menggali informasi
tentang dan pembagian bentuk aljabar. Misal: Pembagian bentuk aljabar hasil
bagianya tidak selalu bersisa nol dan bagaimana pembagian bentuk aljabar yang
sisanya bukan nol.
§
Menggali informasi
tentang cara penyederhaan bentuk aljabar, membentuk ekspresi aljabar
tertentu, atau menunjukkan/ membuktikan kesamaan antara bentuk aljabar
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis berbagai
bentuk aljabar dari masalah sehari-hari
§
Menganalisis
penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dan membuat prosedur penjumlahan
dan pengurangan bentuk aljabar
§
Menganalisis hasil
kali dan hasil bagi bentuk aljabar
§
Menganalisis
bagaimana menyederhanakan bentuk aljabar dan bagaimana bentuk aljabar
dikatakan sederhana
§
Menganalisis
ketidaksamaan dua bentuk aljabar menggunakan contoh penyangkal
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai
pengenalan, penjumlahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian, serta
penyederhanaan bentuk aljabar
§
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§
Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai operasi
aljabar
Pengetahuan:
Penugasan
§
Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan operasi aljabar
§
Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan operasi bentuk aljabar
dalam keseharian
§
Tes tertulis:
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan operasi aljabar
Keterampilan:
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan bentuk aljabar dalam kehidupan sehari-hari
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Projek
§
Melakukan permainan
mengenai tanggal lahir danmenentukan cara menebakk tanggal lahir dengan tepat
|
10 JP
|
§
Buku teks matematika
Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan operasi
aljabar, lingkungan, alat peraga yang
berkaitan denga operasi aljabar
|
3.5 Menyajikan fungsi
dalam berbagai bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik,
dan diagram
|
Fungsi
|
Mengamati
§
Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi
§
Mencermati beberapa
relasi yang terjadi diantara dua himpunan
§
Mencermati ciri-ciri
suatu fungsi dari contoh yang diberikan
§
Mencermati cara-caa
penyajian fungsi yang biasa digunakan dalam matematika
Menanya
§
Menanya tentang
manfaat fungsi dalam kehidupan sehari-hari
§
Menanya tentang
ciri-ciri fungsi, bentuk fungsi, langkah menemukan fungsi, dan penyajiannya
dalam berbagai cara, serta penggunaan fungsi.
Mengumpulkan informasi
§
Menggali informasi tentang contoh fungsi dan bukan fungsi
§
Menggali informasi
tentang pengertian relasi, fungsi, atau pemetaan
§
Mengidentifikasi perbedaan
dan persamaan tentang pengertian relasi, fungsi atau pemetaan
§
Menggali informasi
tentang suatu fungsi dengan notasi, nilai suatu fungsi, dan bentuk fungsi
jika nilai dan data fungsi diketahui
§
Menggali informasi
tentang pasangan berurutan dari data fungsi, tabel pasangan nilai peubah
dengan nilai fungsi, dan rumus fungsi dari data fungsi
§
Menggali informasi
tentang grafik fungsi pada koordinat cartesius
§
Menggali informasi
tentang penyelesaian masalah yang berkaitan dengan nilai fungsi
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis
penerapan matematika yang berkaitan dengan fungsi
§
Menganalisis
persamaan dan perbedaan relasi dan fungsi
§
Menganalisis
perbedaan relasi dan fungsi melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau
fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari
§
Menganalisis
unsur-unsur dalam membuat tabel, diagram, dan grafik dari suatu fungsi
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai ciri-ciri
dan bentuk penyajian fungsi
§
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§
Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik relasi dan fungsi
Pengetahuan
Penugasan
§
Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan fungsi, bentuk fungsi,
dan penyajiannya
§
Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan fungsi dalam kehidupan
sehari-hari
§
Tes tertulis
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan fungsi
Keterampilan:
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan fungsi dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Mencari informasi ke
warnet atau wartel dalam menentukan tarif per satuan waktu
|
10 JP
|
§
Buku teks matematika
Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan fungsi, alat peraga, lingkungan
|
3.4
Menentukan persamaan garis lurus dan grafiknya
|
Persamaan
Garis Lurus
|
Mengamati
§
Mencermati masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan garis lurus
§
Mencermati cara
menentukan titik yang dilalui persamaan garis lurus pada tabel dan cara
menggambar grafiknya
§
Mencermati masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan kemiringan persamaan garis lurus
§
Mencermati cara
penyelesaian tentang kemiringan garis yang melalui dua titik
Menanya
§
Menanya tentang
permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan persamaan garis lurus
§
Menanya tentang
syarat suatu persamaan apa supaya grafik yang disajikan berupa garis lurus
§
Menanya tentang
persamaan garis lurus yang memotong sumbu-x dan sumbu-y di satu
titik
§
Menanya tentang cara
menentukan kemiringan garis lurus yang melalui dua titik
§
Menanya tentang cara
menentukan rumus kemiringan garis lurus yang melalui dua titik
§
Menanya tentang
kemiringan suatu garis yang sejajar dengan sumbu koordinat
§
Menanya penyelesaian
tentang kemiringan pada persamaan garis lurus
Mengumpulkan informasi
§
Menggali menggali informasi tentang
penerapan persamaan garis lurus dalam masalah sehari-hari
§
Menggali informasi
tentang syarat suatu persamaan yang menghasilkan grafik garis lurus yag
tetapat di satu titik, yaitu titik (0, 0) melalui beberapa contoh yang
disajikan
§
Menggali informasi
tentang fungsi linear satu variabel ke bentuk persamaan garis lurus dan
menyajikannya ke dalam grafik garis lurus
§
Menggali informasi
tentang sifat-sifat berbagai persamaan garis lurus yang grafiknya berpotongan
tegal lurus dan tidak tegak lurus, serta yang sejajar
§
Menggali informasi
tentang ciri, sifat dan karakteristik dari gradien atau kemiringan suatu persamaan
garis lurus
§
Menggali informasi
gradien atau kemiringan garis lurus dalam berbagai bentuk
§
Menggali informasi
untuk persamaan garis lurus yang melalui dua titik
§
Menggali informasi
untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan garis lurus
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis
permasalahan sehari-hari berkaitan dengan persamaan garis lurus
§
Menganalisis
penentuan titik potong dua garis
§
Menganalisis
pengertian gradien atau kemiringan garis lurus berdasarkan gambar persamaan
garis lurus yang berbeda-beda
§
Menganalisis
unsur-unsur dalam menentukan persamaan garis lurus baik yang melalui satu
titik maupun dua titik
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai grafik
persamaan garis lurus, kemiringan
persamaan garis lurus, dan cara menentukan persamaan garis lurus
§
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§
Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan
aris lurus
Pengetahuan:
Penugasan
§
Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan garis lurus
§
Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang persamaan garis
§
Tes tertulis:
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan menentukan persamaan garis lurus
Keterampilan:
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan persamaan garis lurus dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Membuat grafik
persamaan garus lurus menggunakan komputer
|
15 JP
|
§
Buku teks matematika
Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan garis
lurus, alat peraga, lingkungan
|
3.2 Menentukan nilai variabel persamaan linear dua
variabel dalam konteks nyata
4.1 Membuat
dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan
persamaan linear dua variabel
|
Persamaan
Linear Dua Variabel
|
Mengamati
§
Mencermati tentang
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
§
Mencermati cara
membuat persamaan linear dua variabel dari masalah sehari-hari
§
Mencermati contoh
selesaian dan bukan selesaian permasalahan linear dua variabel dari masalah
sehari-hari
§
Mencermati cara
membuat persamaan linear dua variabel dari masalah sehari-hari
§
Mencermati cara
membuat model masalah dari sistem persamaan dua variabel
Menanya
§
Menanya tentang
permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan persamaan linear dua
variabel
§
Menanya tentang
hubungan persamaan linear dengan persamaan garis lurus
§
Menanya tentang cara
menentukan selesaian persamaan linear dua variabel
§
Menanya tentang cara
menyelesaikan dua buah persamaan dua variabel sehingga memiliki satu
selesaian
Mengumpulkan informasi
§
Menggali informasi
tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linear dua
variabel
§
Menggali informasi
tentang persamaan linear dua variabel tertentu
§
Menggali informasi
tentang perbedaan persamaan linear dua variabel dengan sistem persamaan
linear dua variabel
§
Menggali informasi
tentang masalah berkaitan dengan persamaan linear dua variabel dengan
merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram
§
Menggali informasi
tentang algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang
tepat dalam menyelesaikan model dari masalah berkaitan dengan persamaan
linear dua variabel
§
Menggali informasi
tentang metode penyelesaian masalah yang berkaitan berkaitan dengan persamaan
linear dua variabel
§
Menggali informasi
tentang masalah sehari-hari yang
melibatkan sistem persamaan linear dua variabel dan pemecahan masalahnya.
§
Menggali informasi
tentang penyelesaian persamaan non linear dua variabel dengan mengubah bentuk
ke sistem persamaan linear dua variabel
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan bentuk persamaan linear dua
variabel
§
Menganalisis
perbedaan persamaan yang merupakan persamaan linear dua variabel dan yang
bukan
§
Menganalisis
perbedaan persamaan linear dua variabel dengan sistem persamaan linear dua
variabel
§
Menganalisis model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua
variabel
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai persamaan
persamaan linear dua variabel, menentukan selesaian persamaan linear dua
variabel, dan membuat model masalah dari sistem persamaan persamaan linear
dua variabel
§
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§
Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan
linear dua variabel
Pengetahuan:
Penugasan
§
Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan linear dua
variabel
§
Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan persamaan linear dua
variabel
§
Tes tertulis
mengerjakan soal-soal persamaan linear dua variabel
Keterampilan:
§
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan persamaan linear dua variabel dan penerapannya
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Projek
§
Mengumpulkan data
dari sebuah kran air yang bocor per lima detik dan dari hasil pengamatan
tersebut dibuat makalah atau paper
|
20 JP
|
§
Buku teks matematika
Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan linear
dua variabel, alat peraga, lingkungan
|
3.10 Menggunakan
koordinat Cartesius dalam menjelaskan posisi relatif benda terhadap acuan
tertentu
|
Sistem
Koordinat
|
Mengamati
§
Mencermati masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan sistem koordinat
§
Mencermati jarak
titik-titik terhadap sumbu-x dan sumbu-y dan hubungannnya
dengan koordinat titik-titik tersebut
§
Mencermati
titik-titik yang memiliki jarak yang sama terhadap sumbu-x dan sumbu-y
tetapi memiliki koordinat yang berbeda, karena titik-titik tersebut berada
pada kuadran yang berbeda
§
Mencermati posisi
titik terhadap titik asal (0, 0) dan titik tertentu (a, b)
§
Mencermati posisi
garis yang sejajar, tegak lurus, dan berpotongan dengan sumbu-x dan
sumbu-y
Menanya
§
Menanya tentang
masalah sehari-hari yang berkaitan sistem koordinat dan jenis sistem
koordinat
§
Menanya tentang jarak
titik-titik dari sumbu-x dan sumbu-y
§
Menanya tentang
koordinat suatu titik terhadap titik pusat) dan titik lainnya
§
Menanya tentang
sejajar atau tidak, tegak lurus atau tidak, dan berpotongan atau tidak suatu
garis dengan sumbu-x dan sumbu-y
Mengumpulkan informasi
§
Menggali informasi
tentang masalah sehari-hari yang berkaitan sistem koordinat dan jenis sistem
koordinat
§
Mengali informasi
yang berkaitan dengan koordinat titik pada bidang koordinat kartesius yang
berada pada empat kuadran
§
Menggali informasi
perbedaan titik yang berada di masing-masing kuadran
§
Menggali informasi
tentang konsep, sifat dan unsur-unsur yang membentuk sistem koordinat
Cartesius
§
Menggali informasi
tentang kedudukan suatu titik dan bangun datar serta menggambarkannya dalam
sistem koordinat Cartesius
§
Menggali informasi tentang denah/peta
posisi dan arah dari suatu benda atau letak suatu tempat, serta unsur atau
komponen peta yang lengkap dalam sistem koordinat
§
Menggali informasi tentang denah/peta
posisi dan arah dari suatu benda dan letak suatu tempat pada sistem koordinat
§
Menggali informasi
tentang posisi garis yang sejajar, tegak lurus, dan berpotongan dengan sumbu-x
dan sumbu-y
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis penerapan
sistem koordinat dalam masalah sehari-hari
§
Menganalisis
perbedaan koordinat titik-titik yang berada di sebelah kanan dan sebelah kiri
sumbu-y
§
Menganalisis
perbedaan koordinat titik-titik yang berada di atas dan bawah sumbu-x
§
Menganalisis
koordinat-titik-titik yang memiliki jarak yang sama dan tidak sama dengan
sumbu-x dan sumbu-y
§
Menganalisis
koordinat suatu titik tertentu terhadap titik tertentu
§
Menganalisis garis
yang melalui suatu titik, apakah sangat sejajar, tegak lurus, atau
berpotongan
§
Menganalisis bangun
apa yang terbentuk titik-titik yang berada pada bidang kordinat dihubungkan
§
Menganalisis letak
suatu benda bersifat relatif apabila pusat koordinat digeser, dan
implementasinya dalam penerapan garis lintang dan garis bujur bumi
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai posisi
titik terhadap sumbu-x dan sumbu-y, posisi titik terhadap titik
asal (0,0) dan titik tertentu (a, b), dan posisi garis terhadap
sumbu-x dan sumbu-y
§
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
|
Sikap:
Observasi
§
Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai sistem
koordinat
Pengetahuan:
Penugasan
§
Tugas terstruktur
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan sistem koordinat
§
Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan sistem koordinat dalam
keseharian
§
Tes tertulis:
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan sistem koordinat
Keterampilan:
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan sistem koordinat dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Mencari peta suatu
kota, lalu membuat pertanyaan berkaitan dengan sistem koordinat
|
10 JP
|
§
Buku teks matematika
Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan sistem koordinat,
peta, alat peraga lainnya, lingkungan
|
3.3 Menentukan nilai persamaan kuadrat dengan
satu variabel yang tidak diketahui
|
Persamaan
Kuadrat
|
Mengamati
§
Mencermati masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
§
Mencermati bentuk
umum dan cara memfaktorkan dari persamaan kuadrat
§
Mencermati cara
menentukan persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat sempurna
§
Mencermati aplikasi
persamaan kuadrat dalam masalah nyata
Menanya
§
Menanya tentang
pentingnya persamaan kuadrat dan apa kaitannya dengan permasalahan
sehari-hari
§
Menanya tentang cara
menentukan nilai dari persaman kuadrat
§
Menanya tentang
perbandingan dalam cara memfaktorkan
dan melengkapkan kuadrat sempurna
Mengumpulkan informasi
§
Menggali informasi
tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
§
Menggali informasi
tentang ciri, sifat dan karakteristik variabel, koefisien, konstata, dan
derajat dari suatu persamaan kuadrat
§
Menggali informasi
tentang strategi memfaktorkan berbagai bentuk persamaan kuadrat
§
Menggali informasi
tentang cara mennetukan persamaan kuadrat dengan rumus kuadratik
§
Menggali informasi
tentang diskriminan pada persamaan kuadrat
§
Menggali informasi
tentang bentuk suatu persamaan kuadrat berdasarkan kriteria koefisien dan
konstata yang dimiliki serta melakukan manipulasi aljabar tertentu untuk
menyederhanakan atau mengubah bentuk suatu ekspresi ke bentuk persamaan
kuadrat
§
Menggali informasi
untuk menentukan solusi persamaan kuadrat atau besaran yang dicari dari
masalah, serta memberikan alasan kebenaran solusinya
§
Menggali informasi
aplikasi persamaan kuadrat dalam masalah nyata
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis
penerapan persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari
§
Menganalisis
langkah-langkah menentukan persamaan kuadrat jika diketahui adalah akar-akar
persamaannya
§
Menganalisis
determinan dan selesaian akar persamaan kuadrat
§
Menganalisis
perbedaan persamaan kuadrat dan bentuk lainnya melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari
§
Menganalisis
unsur-unsur persamaan kuadrat berdasarkan kurvanya
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai penentuan
akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan dan melengkapkan kuadrat sempurna,
serta penerapan persamaan kuadrat dalam masalah nyata
§
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi
§
Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
|
Sikap
Observasi
§
Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan
kuadrat
Pengetahuan
Penugasan
§
Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
§
Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan persamaan kuadrat
dalam keseharian
§
Tes tertulis mengerjakan
soal-soal berkaitan dengan persamaan kuadrat
Keterampilan:
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan persamaan kuadrat kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Menemukan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat, lalu
membuat soal dan solusi yang berkaitan dengan permasalahan tersebut
|
10 JP
|
§
Buku teks matematika
Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan
kuadrat, alat peraga, lingkungan
|
3.12 Memahami konsep perbandingan dengan
menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
4.2 Menggunakan
konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan
tabel, grafik, dan persamaan
4.4 Menyelesaikan
permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik,
aljabar, dan aritmetika
|
Perbandingan
|
Mengamati
§
Mencermati masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan perbandingan
§
Mencermati contoh dan
konsep perbandingan senilai dalam
kehidupan nyata seperti hubungan jarak tempuh dan pertamax yang dibutuhkan
§
Mencermati contoh dan
konsep perbandingan berbalik nilai dalam kehidupan nyata seperti hubungan
waktu dan kecepatan, banyak pekerja dan waktu penyelesaian, dan lain
sebagainya
Menanya
§
Menanya tentang
perbandingan, skala, rasio, dan
pentingnya untuk memodelkan dan menyelesaikan masalah sehari-hari
§
Menanya tentang
perbandingan senilai dan berbalik nilai
§
Menanya tentang cara
mengubah masalah sehari-hari ke model, denah atau peta, dan sebaliknya
Mengumpulkan informasi
§
Menggali informasi
tentang bentuk perbandingan atau proporsi
§
Menggali informasi
tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai
§
Menggali informasi
suatu perbandingan ke dalam bentuk nilai perbandingan bulat paling sederhana
§
Menggali informasi
tentang nilai perbandingan/proporsi kuantitas benda dengan kuantitas benda
dalam suatu kumpulan benda
§
Menggali informasi
tentang nilai perbandingan yang bersifat seharga/linear atau berbalik
nilai/tidak senlai dari dua besaran yang memiliki hubungan fungsional dan
disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan persamaan
§
Menggali informasi
tentang nilai perbandingan, kuantitas benda tertentu, ataupun kuantitas
keseluruhan benda, termasuk penerapannya di bidang aritmetika social,
pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya berkaitan dengan perbandingan
§
Menggali informasi
tentang perbandingan dalam
menyelesaikan masalah matematika atau masalah sehari-hari
§
Menggali informasi
tentang nilai suatu perbandingan berdasarkan tabel, grafik, dan persamaan
§
Menggali informasi
tentang besaran yang tidak diketahui berdasarkan tabel, grafik, dan
aritmatika
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis
penerapan perbandingan dalam masalah nyata
§
Menganalisis
pernyataan yang berkaitan dengan perbandingan senilai
§
Menganalisis sifat
perbandingan (linear, tidak linear, seharga, tidak seharga menggunakan contoh
atau logika berpikir)
§
Menganalisis
perbedaan perbandingan langsung dan tidak langsung melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari
§
Menganalisis sifat
perbandingan berdasar perilaku grafiknya
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai
perbandingan senilai dan berbalik nilai
§
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman materi
dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§
Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai
perbandingan
Pengetahuan
Penugasan
§
Tugas terstruktur: mengerjakan
latihan soal-soal yang berkaitan dengan perbandingan
§
Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan perbandingan dalam
keseharian
§
Tes tertulis:
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan perbandingan
Keterampilan
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan perbandingan dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Menyelidiki bagaimana
tinggi bola dijatuhkan berkaitan dengan tinggi pantulan lalu dibuat grafik,
lakukan beberapa kali percobaan dan bandingkan hasilnya
|
10 JP
|
§
Buku teks matematika
Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan perbandingan, alat peraga, lingkungan
|
3.8 Memahami
Teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola
bilangan
4.3 Menggunakan
pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah nyata
4.5 Menggunakan
Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah
|
Teorema
Pythagoras
|
Mengamati
§
Mencermati masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan teorema pythagoras
§
Mencermati ilustrasi
dalam pembuktian teorema pythagoras
§
Mencermati hubungan
antar panjang sisi siku-siku dan sisi miring
pada segitiga siku-siku
§
Mencermati
penyelesaian masalah nyata dengan teorema pythagoras
Menanya
§
Menanya tentang
permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan teorema pythagoras
§
Menanya tentang
kelebihan dan manfaat penggunaan teorema Pythagoras dan pola bilangan, bagaimana
mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam teorema Pythagoras dan pola
bilangan dan sebaliknya
§
Menanya tentang
hubungan sisi-sisi segitiga siku-siku dan teorema pythagoras
§
Menanya tentang
hubungan antar panjang sisi siku-siku
dan sisi miring pada segitiga siku-siku
Mengumpulkan informasi
§
Menggali informasi
tentang bentuk, unsur, jenis, dan sifat segitiga siku-siku
§
Mengali informasi
tentang triple pythagoras yaitu segitiga siku-siku yang ketiga sisinya adalah
bilanga bulat
§
Menggali informasi tentang
sisi-sisi berbagai segitiga siku-siku untuk menemukan dan menjelaskan teorema
Pythagoras
§
Mengidentifikasi
teorema pythagoras berdasarkan pola-pola bilangan
§
Menggali informasi
tentang ciri, sifat dan karakteristik serta strategi untuk membentuk pola
bilangan yang memenuhi sifat triple Pythagoras
§
Menggali informasi
yang berkaitan dengan masalah penerapan teorema Pythagoras dengan
merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram
§
Menggali informasi
tentang algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang
tepat dalam menyelesaikan model dari masalah penerapan teorema Pythagoras
§
Menggali informasi
tentang metode penyelesaian masalah berkaitan dengan penerapan teorema
Pythagoras
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis penerapan
teorema Pythagoras dan pola bilangan pada masalah nyata
§
Menganalisis syarat
keberlakuan teorema Pythagoras dan pola bilangan menggunakan contoh atau
logika berpikir
§
Menganalisis sifat teorema Pythagoras berdasrkan
pola-pola bilangan
§
Menganalisis hubungan
antar panjang sisi pada segitiga khusus
§
Menganalisis
permasalahan nyata dengan teorema pythahoras
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pemahaman
teorema pythagoras, hubungan antar panjang sisi pada segitiga khusus, serta
penyelesaian masalah nyaa dengan teorema pythagoras
§
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap
Observasi
§
Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai teorema
pythagoras
Pengetahuan
Penugasan
§
Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan teorema pythagoras
§
Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencatat dan mencari informasi sejarah teorema pythagoras
§
Tes tertulis:
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan teorema pythagoras
Keterampilan
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan teorema pythagoras dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Memperkirakan tinggi
suatu pohon atau gedung menggunakan teorem pthagoras
|
20 JP
|
§
Buku teks matematika
Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan teorema
phytagoras, penggaris, alat
peragalainnya, lingkungan
|
3.6 Mengidentifikasi
unsur, keliling, dan luas dari lingkaran
3.7 Menentukan
hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
4.6 Menyelesaikan
permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang
busur, dan luas juring
|
Lingkaran
|
Mengamati
§
Mencermati masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan konsep lingkaran
§
Mencermati
unsur-unsur lingkaran (busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema,
juring, tembereng, dan sudut pusat)
§
Mencermati bentuk
sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama
§
Mencermati proses
ditemukannya rumus keliling lingkaran
Menanya
§
Menanya tentang
konsep dan bentuk lingkaran yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari,
misal untuk membuat roda, mempermudah
gerak benda, dsb
§
Menanya tentang
kelebihan dan manfaat benda bentuk lingkaran, bagaimana terampil melukis
lingkaran dengan media yang tersedia, dsb
§
Menanya tentang
keterkaitan antar unsur-unsur lingkaran
§
Menanya hubungan
sudut pusat dan sudut keliling
§
Menanya hubungan
antar beberapa susut keliling yang menghadap sudut pusat yang sama
§
Menanya tentang
hubungan antara sudut pusat dengan panjang busur dan luas juring
Mengumpulkan Informasi
§
Menggali informasi
tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan lingkaran, seperti nilai
estetika dan fungsi berbagai benda berbentuk lingkaran atau memiliki
permukaan lingkaran
§
Menggali informasi
tentang unsur-unsur lingkaran (busur, jari-jari, diameter, tali busur,
apotema, juring, tembereng, dan sudut pusat)
§
Menggali informasi
tentang nilai rasio atau perbandingan keliling dengan diameter sebagai π
dengan nilai kira-kira 3.14
§
Menggali informasi
tentang jari-jari, diameter, keliling, luas ataupun unsur lainnya yang
berkaitan dengan masalah lingkaran
§
Menggali informasi
tentang daerah juring lingkaran dengan sudut pusat tertentu
§
Menggali informasi
tentang besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring adalah senilai/seharga/sebanding/linear
menggunakan sudut, panjang busur dan luas juring
§
Menggali informasi
tentang hubungan antar beberapa susut keliling yang menghadap sudut pusat
yang sama
§
Menggali informasi
untuk merumuskan model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup
berdasarkan masalah sudut pusat, busur dan juring, serta syarat keberlakuan
modelnya
§
Menggali informasi
tentang algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang
tepat dalam menyelesaikan model dari masalah sudut pusat, busur dan juring
§
Menggali informasi
tentang metode penyelesaian masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, busur,
dan juring
§
Menggali informasi
tentang sudut pusat dan sudut keliling lingkaran
§
Menggali informasi
tentang tahapan dan prosedur penyelesaian masalah sudut pusat, busur dan
juring
§
Menggali informasi
untuk menghitung keliling dan luas lingkaran
§
Menggali informasi
tentang garis singgung pada satu titik pada dan di luar lingkaran
§
Menggali informasi
tentang panjang garis singgung lingkaran dari satu titik di luar lingkaran
§
Menggali informasi
tentang panjang garis singgung persekutuan dalam dan luar lingkaran
§
Melukis lingkaran
dalam segitiga
§
Menggali informasi
tentang Melukis lingkaran luar segitiga
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis
penerapan konsep lingkaran dalam masalah nyata
§
Menganalisis hubungan
antara unsur-unsur lingkaran (busur, jari-jari, diameter, tali busur,
apotema, juring, tembereng, dan sudut pusat)
§
Menganalisis sudut
pusat dan sudut keliling
§
Menganalisis panjang
busur dan luas juring
§
Menganalisis rumus
keliling dan luas lingkaran berdasarkan hasil pengamatan atau percobaan
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai
unsur-unsur lingkaran, hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling yang
menghadap busur sama, dan hubungan antara sudut pusat dengan panjang busur
dan luas juring
§
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap
Observasi
§
Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai lingkaran
Pengetahuan
Penugasan
§
Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan lingkaran
§
Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan lingkaran
§
Tes tertulis:
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan lingkaran
Keterampilan
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan lingkaran dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Memotong lingkaran
dengan potongan juring yang sama untuk menemukan luas lingkaran dengan
pendekatan bangun datar lain
|
25 JP
|
§
Buku teks matematika
Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan limngkaran, alat peraga, lingkungan
|
3.9
Menentukan luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas
3.11 Menaksir
dan menghitung luas permukaan dan volume bangun ruang yang tidak beraturan
dengan menerapkan geometri dasarnya
|
Bangun
Ruang Sisi Datar
(kubus,
balok, prisma, dan limas)
|
Mengamati
§
Mencermati bangun
ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) yang ada kaitannya dengan
kehidupan nyata
§
Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar
(kubus, balok, prisma, dan limas)
§
Mencermati kerangka
dan jaring-jaring bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
Menanya
§
Menanya tentang
bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) yang ada dalam
kehidupan nyata
§
Menanya tentang luas dan volume berbagai benda di sekitar
melalui percobaan yang berbentuk kubus, balok, prisma, dan limas
§
Menanya tentang berbagai aspek luas dan volume, misal: apa kelebihan
dan manfaat pengetahuan dan penggunaan masalah luas dan volume pada bangun
ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
§
Menanya tentang
penerapan luas dan volume untuk bangun ruang yang tidak beraturan
Mengumpulkan Informasi
§
Menggali informasi
tentang bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) yang ada
dalam kehidupan nyata
§
Menggali informasi
tentang model kerangka serta jaring-jaring bangun ruang sisi datar (kubus,
balok, prisma, dan limas)
§
Menggali informasi tentang
unsur-unsur bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
§
Menggali informasi
tentang luas permukaan serta volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok,
prisma, dan limas)
§
Menggali informasi
tentang luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan bangun ruang
sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) dan bangun datar tidak beraturan
§
Menggali informasi
tentang sketsa bangun ruang beraturan atau bangun geometri dasar yang
memiliki kesamaan atau kemiripan ukuran dengan bangun ruang tidak beraturan
§
Menggali informasi
tentang menaksir luas dan volume bangun ruang tidak beraturan
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan luas dan volume bangun ruang sisi datar
(kubus, balok, prisma, dan limas)
§
Menganalisis konsep
dan rumus luas dan volume bangun datar dan bangun ruang sederhana serta
menaksir bangun-bangun tidak beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa,
situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari
§
Menganalisis
unsur-unsur rumus luas dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok,
prisma, dan limas) serta perilaku hubungan fungsionalnya
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai luas
permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas, serta menaksir luas
permukaan dan volume bangun ruang sisi datar tidak beraturan
§
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap
Observasi
§
Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai bangun
ruang sisi datar
Pengetahuan
Penugasan
§
Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
§
Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari informasi seputar bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan
limas) dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
§
Tes tertulis:
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
Keterampilan
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma,
dan limas) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Projek
§
Membuat bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan
limas) dari bahan kardus, atau kartos, atau bahan bekas lainnya
|
25 JP
|
§
Buku teks matematika
Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan bangun ruang sisi
datar, alat peraga, benda di
lingkungan
Kubus, balok
|
3.14 Memahami teknik penyajian data dua
variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik
garis dengan komputer serta menganalisis hubungan antar variabel
4.7 Mengumpulkan,
mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk
tabel, diagram, dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan
antar variabel
|
Penyajian
Data:
Diagram
batang
Diagram
lingkaran
Grafik
|
Mengamati
§
Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penyajian data
§
Mencermati penyajian
data dalam bentuk diagram tabel, batang, dan diagram lingkaran
Menanya
§
Menanya tentang
penyajian data yang ada dalam kehidupan sehari-hari
§
Menanya tentang cara
mengumpulkan, mengolah, menginterprestasi, dan menyajikan data dalam bentuk
diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran secara manual ataupun
dengan komputer
§
Menanya tentang
strategi dan pemanfaatan data dalam permasalahan sehari-hari dalam rangka
pengambilan keputusan
§
Menanya dalam bentuk
apakah penyajian data paling sesuai dengan konteks masalah. Apakah dalam
bentuk diagram batang, diagram baris, atau diagram lingkaran
Mengumpulkan Informasi
§
Menggali informasi
tentang penyajian data dengan menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan garis
lurus
§
Menggali informasi
tentang penafsiran data
§
Menggali informasi
tentang jenis data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif
§
Menggali informasi
tentang penataan data sebagai cara untuk menyajikan informasi agar mudah
dipahami karakteristik datanya dalam bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi,
distribusi frekuensi), grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis,
secara manual dan dengan bantuan komputer
§
Menggali informasi
tentang hubungan antar variabel pada data yang bersifat korelatif,
regresi/hubungan fungsional, dan trend/deret waktu
§
Menggali informasi
tentang penyajian data bentuk tabel
(baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi), grafik batang, diagram
lingkaran, grafik garis, hubungan antar variabel atau unsur lainnya
secara manual dan dengan bantuan komputer berkaitan dengan penataan data
§
Menggali informasi
untuk merancang dan menyusun alat pengumpul data yang dapat berupa panduan
wawancara, alat ukur atau pencacah, formulir isian/kuesioner, dsb
§
Menggali informasi
tentang interpretasi secara sederhana sajian data menggunakan statistik
tertentu (misal: ukuran tendensi sentral atau pemusatannya, tingkat dispersi
atau persebaran data, ataupun ukuran lainnya), estimasi/prediksi untuk masa
mendatang, serta tingkat hubungan
antar variabel pada datanya
§
Menggali informasi
tentang alternative pengambilan keputusan berdasar hasil analisis data yang
telah dilakukan, serta mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi dari
keputusan yang dipilih dan opsi atau pilihan penyelesaiannya
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis
tentang penyajian data dengan menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan garis
lurus
§
Menganalisis tentang
penafsiran data
§
Menganalisis tentang
jenis data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif
§
Menganalisis tentang
cara mengumpulkan, mengolah, menginterprestasi, dan menyajikan data dalam
bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran secara manual
ataupun dengan komputer
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai penyajian
data dalam bentuk diagram batang, garis, dan lingkaran
§
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap
Observasi
§
Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai penyajian
data
Pengetahuan
Penugasan
§
Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan penyajian dan pengolahan
data
§
Tugas mandiri tidak
terstruktur: melakukan pendataan kemudian menyajikan dan mengolahnya
§
Tes tertulis
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan penyajian dan pengolahan data
Keterampilan:
§
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan penyajian, pengolahan data dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Mengumpulkan data
tentang makanan dan minuman, lalu menyajikan dalam bentuk diagram garis,
batang, atau lingkaran disertai interprestasinya
|
10 JP
|
§
Buku teks matematika
Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan penyajian
data, komputer, penggarais, alat
peraga lainnya, lingkungan
|
3.13 Menemukan peluang empirik dan teoritik
dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data
4.8
Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata
serta membandingkannya dengan peluang teoritik
|
Peluang
empirik
Peluang
teoritik
|
Mengamati
§
Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan peluang teoritik dan peluang
empirik
§
Mencermati kejadian
dari suatu eksperimen dengan menggunakan koin dan dadu dalam rangka memahami
peluang teoritik dan peluang empirik
Menanya
§
Menanya tentang
kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan peluang empirik dan peluang
teoritik
§
Menanya tentang
hubungan antara peluang teoritik dengan peluang empirik
§
Menanya tentang
perbedaan antara peluang teoritik dengan peluang empirik
Mengumpulkan Informasi
§
Menggali informasi
tentang permasalahan nyata yang berkaitan dengan peluang teoritik dan peluang
empirik
§
Menggali informasi
tentang cara menentukan ruang sampel
§
Menggali informasi
tentang sifat, kriteria dan karakteristik kejadian acak atau random,
independen, atau bersyarat serta berbagai faktor yang menyebabkan kejadian
bersifat tidak acak atau tidak independen
§
Menggali informasi
tentang peluang empirik dan peluang teoritik melalui eksperimen (bisa dengan
menggunakan koin atau dadu)
§
Menggali informasi
tentang hubungan peluang empirik dan peluang teoritik
§
Menggaliinformasi
tentang peluang kejadian acak, peluang kejadian yang dipengaruhi
faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi yang serupa atau intuisi
tertentu, ataupun unsur lainnya berkaitan dengan peluang
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis tentang
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan peluang teoritik dan peluang
empirik
§
Menganalisis tentang
ruang sampel dari beberapa eksperimen
§
Menganalisis
banyaknya titik sampel pada suatu kejadian
§
Menganalisis tentang
sifat, kriteria dan karakteristik kejadian acak atau random, independen, atau
bersyarat serta berbagai faktor yang menyebabkan kejadian bersifat tidak acak
atau tidak independen
§
Menganalisis tentang
peluang empirik dan peluang teoritik melalui suatu eksperimen
§
Menganalisis hubungan
peluang empirik dengan peluang teoritik
§
Menganalisis tentang sifat, kriteria dan karakteristik
kejadian acak atau random, serta berbagai faktor yang menyebabkan kejadian
bersifat acak menjadi tidak acak.
§
Menganalisis tentang
peluang kejadian acak, peluang kejadian yang dipengaruhi faktor-faktor
kualitatif, pengalaman dengan situasi yang serupa atau intuisi tertentu,
ataupun unsur lainnya berkaitan dengan peluang
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai peluang
teoritik dan perbandingan peluang teoritik dengan peluang empirik
§
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§
Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai peluang
empirik dan peluang teoritik
Pengetahuan:
Penugasan
§
Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan peluang
§
Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencatat dan mencari informasi manfaat peluang
§
Tes tertulis
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan peluang empirik dan teoritik
Keterampilan:
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan peluang dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Mengamati kejadian di
lingkungan sekitar yang berhubungan dengan peluang, lalu membuat aturan yang
berhubungan dengan penamatan tersebut
|
10 JP
|
§
Buku teks matematika
Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan peluang, dadu, koin, kartu, alat peraga lainnya,
lingkungan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar