Selasa, 17 Desember 2019

RPP Materi Bilangan Bulat Kelas VII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 2 Cikupa
Mata Pelajaran                       : Matematika
Kelas/Semester                       : VII (tujuh) / I (Satu)
Materi Pokok                          : Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Pecahan
Alokasi Waktu                        : 7 Pertemuan (17 x 40 Menit)

A.    Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.  Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.


B.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.     
    1.1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
   2.3  Memiliki sikap terbuka, santun objektif, menghargai pendapat karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
      2.3.1       Membiasakan sikap berani bertanya, berpendapat, fokus terhadap materi, membantu teman yang kesulitan dan menghargai orang lain
3.
 3.1  Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi  
          3.1.1       Siswa dapat mengetahui bilangan bulat positif dan negative
         3.1.2       Siswa menyatakan sebuah besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan negative dan menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
         3.1.3       Siswa melakukan operasi bilangan bulat yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian , dan perpangkatan
         3.1.4       Siswa melakukan operasi campuran bilangan bulat
         3.1.5       Siswa menghitung kuadrat, pangkat tiga, akar kuadrat dan akar pangkat tiga suatu bilangan
          3.1.6       Siswa mengenal bilangan pecahan


C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.     Siswa menunjukkan rasa ingin tahu selama proses pembelajaran
2.     Bertanggungjawab terhadap tugas yang telah diberikan
3.     Mengetahui bilangan bulat negative dan bilangan bulat positif
4.     Mengaplikasikan bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan

Pertemuan Kedua
1.     Siswa menunjukkan sikap percaya diri selama proses pembelajaran
2.     Siswa antusias untuk bertanya
3.     Siswa dapat melakukan operasi bilangan bulat yang meliputi penjumlahan dan pengurangan

Pertemuan Ketiga
1.     Siswa menunjukkan rasa ingin tahu selama proses pembelajaran
2.     Siswa antusias untuk bertanya
3.     Siswa dapat melakukan operasi bilangan bulat yang meliputi perkalian dan pembagian

Pertemuan Keempat
1.     Siswa menunjukkan sikap santun dalam bertanya
2.     Siswa mengkomunikasikan materi yang sedang berlangsung bersama teman sebangkunya
3.     Siswa melakukan operasi bilangan bulat meliputi operasi perpangkatan dan operasi campuran

Pertemuan Kelima
1.     Siswa menunjukkan rasa ingin tahu selama proses pembelajaran
2.     Berani bertanya
3.     Mengenal bentuk kuadrat dan pangkat tiga suatu bilangan
4.     Menyelesaikan permaslahan yang berkaitan dengan akar kuadrat dan akar pangkat tiga suatu bilangan

Pertemuan Keenam
1.     Fokus terhadap materi yang telah diberikan
2.     Siswa dapat mengetahui cara mengubah jenis pecahan campuran ke pecahan biasa
3.     Siswa dapat menggambar pecahan pada garis bilangan

Pertemuan Ketujuh
1.     Siswa dapat membantu teman yang kesulitan dengan cara tutor sebaya
2.     Siswa dapat menghargai temannya
3.     Siswa dapat membandingkan antara dua pecahan serta mengurutkannya


D.    Materi Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.   Bilangan bulat positif dan negative
2.   Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan

Pertemuan Kedua
1.   Operasi Penjumlahan
2.   Operasi Pengurangan

Pertemuan Ketiga
1.   Operasi Perkalian
2.   Operasi Pembagian

Pertemuan Keempat
1.   Operasi Perpangkatan
2.   Operasi Hitung Campuran

Pertemuan Kelima
1.     Kuadrat suatu bilangan
2.     Pangkat Tiga
3.     Akar kuadrat suatu bilangan
4.     Akar pangkat tiga

Pertemuan Keenam
1.     Jenis-jenis bilangan pecahan
2.     Cara mengubah jenis pecahan
3.     Menggambar bilangan pecahan pada garis bilangan

Pertemuan ketujuh
1.     Membandingkan dua bilangan pecahan
2.    Menentukan suatu pecahan yang nialinya di antara dua pecahan


E.    Metode Pembelajaran
1.   Metode Saintifik/Ilmiah
2.   Pembelajaran Kontekstual


F.     Media, Alat dan Sumber Belajar
1.   Buku teks Matematika Kemendikbud
2.   LKS Siswa
3.   Buku Teks Mtematika SMP/MTs Kurikulum 2013 penulis Asyono
4.   Alat-alat tulis

G.   Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3x40 Menit)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
   1.     Melakukan pembukaan dengan mengucapkan salam
   2.     Memeriksa kehadiran peserta didik
 3.     Menyampaikan tujuan pembelajaran
  4.     Melakukan apresiasi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang akan dipelajari
10 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
Siswa mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya

Menanya
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek bilangan, misal: adalah bilangan terkecil? terbesar? Bagaimana cara kerja perangkat komputer menghitung hasil operasi bilangan? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol? Adakah hasil bagi dengan nol? Dan sebagainya

Eksperimen
Menyebut dan menuliskan berbagai bilangan dari berbagai kumpulan benda atau gambar benda
Membandingkan dan mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil
Menggambar garis bilangan dan menempatkan sekelompok bilangan pada garis bilangan yang tepat

Asosiasi
Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep bilangan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh

Komunikasi
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil pengamatan
100 Menit
Penutup
  1.     Guru memberikan soal-soal latihan untuk dikerjakan dirumah secara individual
  2.     Guru memberikan informasi pokok bahasan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
10 Menit

Pertemuan Pertama (2x40 Menit)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
   1.     Melakukan pembukaan dengan mengucapkan salam
   2.     Memeriksa kehadiran peserta didik
 3.     Menyampaikan tujuan pembelajaran
  4.     Melakukan apresiasi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang akan dipelajari
10 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
Siswa mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya

Menanya
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek bilangan, misal: adalah bilangan terkecil? terbesar? Bagaimana cara kerja perangkat komputer menghitung hasil operasi bilangan? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol? Adakah hasil bagi dengan nol? Dan sebagainya

Eksperimen
Menulis bentuk penjumlahan dari berbagai gabungan dua kumpulan benda
Mengingat dan mencongak penjumlahan bilangan sampai 20 dengan berbagai cara
Menentukan nilai tempat suatu angka pada sebuah bilangan
Menyimpulkan sifat penjumlahan dengan bilangan nol dan sifat hasil penjumlahan berbagai bilangan dengan berbagai urutan
Menjumlah dua bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara lainnya
Menulis bentuk pengurangan dari pengambilan sejumlah benda dari sekumpulan benda
Menuliskan bentuk pengurangan dari bentuk penjumlahan yang diberikan atau sebaliknya
Mengingat dan mencongak pengurangan bilangan sampai 20 dengan berbagai cara
Menyimpulkan sifat pengurangan dengan bilangan nol
Mengurang dua bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara lainnya

Asosiasi
Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep bilangan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh

Komunikasi
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil pengamatan
60 Menit
Penutup
  1.     Guru memberikan soal-soal latihan untuk dikerjakan dirumah secara individual
  2.     Guru memberikan informasi pokok bahasan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
10 Menit
Pertemuan Ketiga (3x40 Menit)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
   1.     Melakukan pembukaan dengan mengucapkan salam
   2.     Memeriksa kehadiran peserta didik
 3.     Menyampaikan tujuan pembelajaran
  4.     Melakukan apresiasi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang akan dipelajari
10 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
Siswa mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya

Menanya
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek bilangan, misal: adalah bilangan terkecil? terbesar? Bagaimana cara kerja perangkat komputer menghitung hasil operasi bilangan? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol? Adakah hasil bagi dengan nol? Dan sebagainya

Eksperimen
Menulis bentuk perkalian dari sejumlah benda yang terbagi ke dalam kelompok-kelompok benda dengan jumlah yang sama dan menghitung hasilnya
Menulis bentuk perkalian dari bentuk penjumlahan berulang dan menghitung hasilnya
Mengingat dan mencongak perkalian bilangan sampai 100 dengan berbagai cara
Menyimpulkan sifat perkalian dengan satu dan sifat hasil perkalian berbagai bilangan dengan berbagai urutan
Menghitung hasil perkalian dua bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara lainnya

Asosiasi
Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep bilangan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
Menulis bentuk pembagian dari sejumlah/sekelompok benda yang diberikan kepada sejumlah orang dengan jumlah yang sama dan menghitung berapa orang yang mendapat bagian yang sama
Menulis bentuk pembagian dari bentuk pengurangan berulang
Menulis bentuk pembagian dari bentuk perkalian yang diberikan dan sebaliknya
Mengingat dan mencongak pembagian bilangan sampai 100 dengan berbagai cara
Menyimpulkan sifat pembagian dengan satu, serta sisa hasil pembagian
Menghitung hasil pembagian dua bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara lainnya

Komunikasi
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil pengamatan
100 Menit
Penutup
  1.     Guru memberikan soal-soal latihan untuk dikerjakan dirumah secara individual
  2.     Guru memberikan informasi pokok bahasan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
10 Menit
Pertemuan Keempat(2x40 Menit)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
   1.     Melakukan pembukaan dengan mengucapkan salam
   2.     Memeriksa kehadiran peserta didik
 3.     Menyampaikan tujuan pembelajaran
  4.     Melakukan apresiasi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang akan dipelajari
10 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
Siswa mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya

Menanya
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek bilangan, misal: adalah bilangan terkecil? terbesar? Bagaimana cara kerja perangkat komputer menghitung hasil operasi bilangan? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol? Adakah hasil bagi dengan nol? Dan sebagainya

Eksperimen
Menghitung operasi bentuk pangkat
Menghitung hasil operasi campuran yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan cacah sesuai aturan

Asosiasi
Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep bilangan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh

Komunikasi
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil pengamatan
100 Menit
Penutup
   1       Guru memberikan soal-soal latihan untuk dikerjakan dirumah secara individual
   2       Guru memberikan informasi pokok bahasan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
10    Menit
Pertemuan Kelima (3x40 Menit)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
   1.     Melakukan pembukaan dengan mengucapkan salam
   2.     Memeriksa kehadiran peserta didik
 3.     Menyampaikan tujuan pembelajaran
   4.     Melakukan apresiasi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang akan dipelajari
10 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
Siswa mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya

Menanya
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya mengenai bentuk pangkat dan akar

Eksperimen
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat dan akar

Asosiasi
Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep bilangan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh

Komunikasi
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil pengamatan
100 Menit
Penutup
   1       Guru memberikan soal-soal latihan untuk dikerjakan dirumah secara individual
   2       Guru memberikan informasi pokok bahasan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
10 Menit
Pertemuan Keenam (2x40 Menit)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
   1.     Melakukan pembukaan dengan mengucapkan salam
   2.     Memeriksa kehadiran peserta didik
 3.     Menyampaikan tujuan pembelajaran
   4.     Melakukan apresiasi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang akan dipelajari
10 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
Siswa mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya

Menanya
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya mengenai jenis-jenis pecahan dan bentuk pecahan

Eksperimen
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pecahan dengan caea mengubah bentuk pecahan serta mengetahi jenis-jenis pecahan

Asosiasi
Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep bilangan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh

Komunikasi
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil pengamatan
60 Menit
Penutup
  1.     Guru memberikan soal-soal latihan untuk dikerjakan dirumah secara individual
   2.     Guru memberikan informasi pokok bahasan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
10 Menit
Pertemuan Ketujuh (3x40 Menit)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
   1.     Melakukan pembukaan dengan mengucapkan salam
   2.     Memeriksa kehadiran peserta didik
 3.     Menyampaikan tujuan pembelajaran
  4.     Melakukan apresiasi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang akan dipelajari
10 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
Siswa mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya

Menanya
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya mengenai jenis-jenis pecahan dan bentuk pecahan

Eksperimen
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pecahan dengan caea mengubah bentuk pecahan serta mengetahi jenis-jenis pecahan

Asosiasi
Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep bilangan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh

Komunikasi
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil pengamatan
100 Menit
Penutup
  1.     Guru memberikan soal-soal latihan untuk dikerjakan dirumah secara individual
   2.     Guru memberikan informasi pokok bahasan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
10 Menit

H.    Penialaian
Penilaian Sikap                 : Berupa lembar observasi Siswa
Penilaian Pengetahuan     : Tes Individu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar