RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
SMP Negeri 2 Cikupa
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
VII (tujuh) / I (Satu)
Materi
Pokok :
Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Pecahan
Alokasi
Waktu :
7 Pertemuan (17 x 40 Menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan
(factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4. Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/ teori.
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1 Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
2.
|
2.3 Memiliki sikap
terbuka, santun objektif, menghargai pendapat karya teman dalam interaksi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari
|
2.3.1 Membiasakan
sikap berani bertanya, berpendapat, fokus terhadap materi, membantu teman
yang kesulitan dan menghargai orang lain
|
3.
|
3.1 Membandingkan dan
mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan
bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
|
3.1.1 Siswa
dapat mengetahui bilangan bulat positif dan negative
3.1.2 Siswa
menyatakan sebuah besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan negative dan
menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
3.1.3 Siswa
melakukan operasi bilangan bulat yang meliputi penjumlahan, pengurangan,
perkalian , dan perpangkatan
3.1.4 Siswa
melakukan operasi campuran bilangan bulat
3.1.5 Siswa
menghitung kuadrat, pangkat tiga, akar kuadrat dan akar pangkat tiga suatu
bilangan
3.1.6 Siswa
mengenal bilangan pecahan
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Siswa
menunjukkan rasa ingin tahu selama proses pembelajaran
2. Bertanggungjawab
terhadap tugas yang telah diberikan
3. Mengetahui
bilangan bulat negative dan bilangan bulat positif
4. Mengaplikasikan
bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan
Pertemuan Kedua
1. Siswa
menunjukkan sikap percaya diri selama proses pembelajaran
2. Siswa
antusias untuk bertanya
3. Siswa
dapat melakukan operasi bilangan bulat yang meliputi penjumlahan dan
pengurangan
Pertemuan Ketiga
1. Siswa
menunjukkan rasa ingin tahu selama proses pembelajaran
2. Siswa
antusias untuk bertanya
3. Siswa
dapat melakukan operasi bilangan bulat yang meliputi perkalian dan pembagian
Pertemuan Keempat
1. Siswa
menunjukkan sikap santun dalam bertanya
2. Siswa
mengkomunikasikan materi yang sedang berlangsung bersama teman sebangkunya
3. Siswa
melakukan operasi bilangan bulat meliputi operasi perpangkatan dan operasi
campuran
Pertemuan Kelima
1. Siswa
menunjukkan rasa ingin tahu selama proses pembelajaran
2. Berani
bertanya
3. Mengenal
bentuk kuadrat dan pangkat tiga suatu bilangan
4. Menyelesaikan
permaslahan yang berkaitan dengan akar kuadrat dan akar pangkat tiga suatu
bilangan
Pertemuan Keenam
1. Fokus
terhadap materi yang telah diberikan
2. Siswa
dapat mengetahui cara mengubah jenis pecahan campuran ke pecahan biasa
3. Siswa
dapat menggambar pecahan pada garis bilangan
Pertemuan Ketujuh
1. Siswa
dapat membantu teman yang kesulitan dengan cara tutor sebaya
2. Siswa
dapat menghargai temannya
3. Siswa
dapat membandingkan antara dua pecahan serta mengurutkannya
D. Materi
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Bilangan
bulat positif dan negative
2. Menentukan
letak bilangan bulat pada garis bilangan
Pertemuan Kedua
1. Operasi
Penjumlahan
2. Operasi
Pengurangan
Pertemuan Ketiga
1. Operasi
Perkalian
2. Operasi
Pembagian
Pertemuan Keempat
1. Operasi
Perpangkatan
2. Operasi
Hitung Campuran
Pertemuan Kelima
1. Kuadrat
suatu bilangan
2. Pangkat
Tiga
3. Akar
kuadrat suatu bilangan
4. Akar
pangkat tiga
Pertemuan Keenam
1. Jenis-jenis
bilangan pecahan
2. Cara
mengubah jenis pecahan
3. Menggambar
bilangan pecahan pada garis bilangan
Pertemuan ketujuh
1. Membandingkan
dua bilangan pecahan
2. Menentukan
suatu pecahan yang nialinya di antara dua pecahan
E. Metode
Pembelajaran
1. Metode
Saintifik/Ilmiah
2. Pembelajaran
Kontekstual
F. Media,
Alat dan Sumber Belajar
1. Buku
teks Matematika Kemendikbud
2. LKS
Siswa
3. Buku
Teks Mtematika SMP/MTs Kurikulum 2013 penulis Asyono
4. Alat-alat
tulis
G. Langkah
– Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (3x40 Menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Melakukan
pembukaan dengan mengucapkan salam
2. Memeriksa
kehadiran peserta didik
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
4. Melakukan
apresiasi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang
akan dipelajari
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Siswa mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu
berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya
Menanya
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek bilangan, misal:
adalah bilangan terkecil? terbesar? Bagaimana cara kerja perangkat komputer
menghitung hasil operasi bilangan? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol?
Adakah hasil bagi dengan nol? Dan sebagainya
Eksperimen
Menyebut dan menuliskan berbagai bilangan dari berbagai kumpulan benda
atau gambar benda
Membandingkan dan mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil
Menggambar garis bilangan dan menempatkan sekelompok bilangan pada garis
bilangan yang tepat
Asosiasi
Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep bilangan dalam
kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
Komunikasi
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang
telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang
telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil pengamatan
|
100 Menit
|
Penutup
|
1. Guru
memberikan soal-soal latihan untuk dikerjakan dirumah secara individual
2. Guru
memberikan informasi pokok bahasan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
|
10 Menit
|
Pertemuan
Pertama (2x40 Menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Melakukan
pembukaan dengan mengucapkan salam
2. Memeriksa
kehadiran peserta didik
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
4. Melakukan
apresiasi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang
akan dipelajari
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Siswa mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu
berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya
Menanya
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek bilangan, misal:
adalah bilangan terkecil? terbesar? Bagaimana cara kerja perangkat komputer
menghitung hasil operasi bilangan? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol?
Adakah hasil bagi dengan nol? Dan sebagainya
Eksperimen
Menulis bentuk penjumlahan dari berbagai gabungan dua kumpulan benda
Mengingat dan mencongak penjumlahan bilangan sampai 20 dengan berbagai
cara
Menentukan nilai tempat suatu angka pada sebuah bilangan
Menyimpulkan sifat penjumlahan dengan bilangan nol dan sifat hasil penjumlahan
berbagai bilangan dengan berbagai urutan
Menjumlah dua bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara
lainnya
Menulis bentuk pengurangan dari pengambilan sejumlah benda dari
sekumpulan benda
Menuliskan bentuk pengurangan dari bentuk penjumlahan yang diberikan atau
sebaliknya
Mengingat dan mencongak pengurangan bilangan sampai 20 dengan berbagai
cara
Menyimpulkan sifat pengurangan dengan bilangan nol
Mengurang dua bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara
lainnya
Asosiasi
Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep bilangan dalam
kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
Komunikasi
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang
telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang
telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil pengamatan
|
60 Menit
|
Penutup
|
1. Guru
memberikan soal-soal latihan untuk dikerjakan dirumah secara individual
2. Guru
memberikan informasi pokok bahasan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
|
10 Menit
|
Pertemuan
Ketiga (3x40 Menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Melakukan
pembukaan dengan mengucapkan salam
2. Memeriksa
kehadiran peserta didik
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
4. Melakukan
apresiasi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang
akan dipelajari
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Siswa mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu
berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya
Menanya
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek bilangan, misal:
adalah bilangan terkecil? terbesar? Bagaimana cara kerja perangkat komputer
menghitung hasil operasi bilangan? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol?
Adakah hasil bagi dengan nol? Dan sebagainya
Eksperimen
Menulis bentuk perkalian dari sejumlah benda yang terbagi ke dalam
kelompok-kelompok benda dengan jumlah yang sama dan menghitung hasilnya
Menulis bentuk perkalian dari bentuk penjumlahan berulang dan menghitung
hasilnya
Mengingat dan mencongak perkalian bilangan sampai 100 dengan berbagai
cara
Menyimpulkan sifat perkalian dengan satu dan sifat hasil perkalian
berbagai bilangan dengan berbagai urutan
Menghitung hasil perkalian dua bilangan dengan cara susun panjang, susun
pendek atau cara lainnya
Asosiasi
Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep bilangan dalam
kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
Menulis bentuk pembagian dari sejumlah/sekelompok benda yang diberikan
kepada sejumlah orang dengan jumlah yang sama dan menghitung berapa orang
yang mendapat bagian yang sama
Menulis bentuk pembagian dari bentuk pengurangan berulang
Menulis bentuk pembagian dari bentuk perkalian yang diberikan dan
sebaliknya
Mengingat dan mencongak pembagian bilangan sampai 100 dengan berbagai
cara
Menyimpulkan sifat pembagian dengan satu, serta sisa hasil pembagian
Menghitung hasil pembagian dua bilangan dengan cara susun panjang, susun
pendek atau cara lainnya
Komunikasi
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang
telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang
telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil pengamatan
|
100 Menit
|
Penutup
|
1. Guru
memberikan soal-soal latihan untuk dikerjakan dirumah secara individual
2. Guru
memberikan informasi pokok bahasan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
|
10 Menit
|
Pertemuan
Keempat(2x40 Menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Melakukan
pembukaan dengan mengucapkan salam
2. Memeriksa
kehadiran peserta didik
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
4. Melakukan
apresiasi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang
akan dipelajari
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Siswa mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu
berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya
Menanya
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek bilangan, misal:
adalah bilangan terkecil? terbesar? Bagaimana cara kerja perangkat komputer
menghitung hasil operasi bilangan? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol?
Adakah hasil bagi dengan nol? Dan sebagainya
Eksperimen
Menghitung operasi bentuk pangkat
Menghitung hasil operasi campuran yang melibatkan penjumlahan,
pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan cacah sesuai aturan
Asosiasi
Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep bilangan dalam
kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
Komunikasi
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang
telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang
telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil pengamatan
|
100 Menit
|
Penutup
|
1 Guru
memberikan soal-soal latihan untuk dikerjakan dirumah secara individual
2 Guru
memberikan informasi pokok bahasan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
|
10 Menit
|
Pertemuan
Kelima (3x40 Menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Melakukan
pembukaan dengan mengucapkan salam
2. Memeriksa
kehadiran peserta didik
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
4. Melakukan
apresiasi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang
akan dipelajari
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Siswa mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu
berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya
Menanya
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya mengenai bentuk pangkat dan akar
Eksperimen
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat dan akar
Asosiasi
Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep bilangan dalam
kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
Komunikasi
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang
telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang
telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil pengamatan
|
100 Menit
|
Penutup
|
1 Guru
memberikan soal-soal latihan untuk dikerjakan dirumah secara individual
2 Guru
memberikan informasi pokok bahasan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
|
10 Menit
|
Pertemuan
Keenam (2x40 Menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Melakukan
pembukaan dengan mengucapkan salam
2. Memeriksa
kehadiran peserta didik
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
4. Melakukan
apresiasi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang
akan dipelajari
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Siswa mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu
berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya
Menanya
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya mengenai
jenis-jenis pecahan dan bentuk pecahan
Eksperimen
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pecahan dengan caea
mengubah bentuk pecahan serta mengetahi jenis-jenis pecahan
Asosiasi
Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep bilangan dalam
kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
Komunikasi
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang
telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang
telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil pengamatan
|
60 Menit
|
Penutup
|
1. Guru
memberikan soal-soal latihan untuk dikerjakan dirumah secara individual
2. Guru
memberikan informasi pokok bahasan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
|
10 Menit
|
Pertemuan
Ketujuh (3x40 Menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Melakukan
pembukaan dengan mengucapkan salam
2. Memeriksa
kehadiran peserta didik
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
4. Melakukan
apresiasi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang
akan dipelajari
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Siswa mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu
berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya
Menanya
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya mengenai
jenis-jenis pecahan dan bentuk pecahan
Eksperimen
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pecahan dengan caea
mengubah bentuk pecahan serta mengetahi jenis-jenis pecahan
Asosiasi
Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep bilangan dalam
kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
Komunikasi
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang
telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang
telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil pengamatan
|
100 Menit
|
Penutup
|
1. Guru
memberikan soal-soal latihan untuk dikerjakan dirumah secara individual
2. Guru
memberikan informasi pokok bahasan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
|
10 Menit
|
H. Penialaian
Penilaian
Sikap :
Berupa lembar observasi Siswa
Penilaian
Pengetahuan : Tes Individu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar