RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
| |
Mata Pelajaran
|
:
|
Matematika (Umum)
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/ Genap
|
Tahun Pelajaran
|
:
| |
Materi Pokok
|
:
|
Trigonometri
|
Alokasi Waktu
|
:
|
10 Minggu x 4Jam pelajaran @ 45Menit
|
A. Kompetensi Inti
· KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
3.7. Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
|
4.7. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
3.7.1. Menyebutkan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku melalui penyelidikan
3.7.2. Menjelaskan hasil penyelidikan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
3.7.3. Mengaitkan konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dengan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa segitiga siku- siku sebangun.
3.7.4. Mengidentifikasikan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.7.5. Membedakan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.7.6. Menyesuaikan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.7.7. Mengkorelasikan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.7.8. Menghubungkan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.7.9. Membandingkan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.7.10. Mendeskripsikan ukuran sudut pada segitiga siku-siku
3.7.11. Mengekplorasi konversi sudut pada segitiga siku-siku
3.7.12. Melakukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
3.7.13. Mengubah ukuran sudut sesuai ketentuan (derajat ke radian dan sebaliknya)
3.7.14. Menemukan perbandingan sinus, cosinus, tangen, cosinus, secan dan cotangen
3.7.15. Menggunakan konsep kesebangunan
|
4.7.1. Menyatakan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah
4.7.2. Menjelaskan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah
4.7.3. Menentukan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah
4.7.4. Memilih perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah
4.7.5. Menyusun perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah
4.7.6. Menggunakan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah
4.7.7. Menyajikan penggunaan konsep kesebangunan untuk menemukan perbandingan sinus, cosinus, tangen, cosinus, secan dan cotangen
4.7.8. Menyajikan penggunaan konsep kesebangunan untuk mengubah ukuran sudut sesuai ketentuan (derajat ke radian dan sebaliknya)
|
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
3.8. Menggeneralisasi rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi
|
4.8. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
3.8.1. Menyebutkan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.8.2. Menjelaskan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.8.3. Mengklasifikasikan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.8.4. Mengaitkan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.8.5. Menganimasikan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.8.6. Memproyeksikan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.8.7. Menemukan perbandingan dan nilai perbandingan trigonometri dalam sudut istimewa
3.8.8. Menemukan hubungan nilai fungsi trigonometri dikuadran II,III dan IV dengan perbandingan trigonometri dikuadran I
|
4.8.1. Menyajikan penggunaan hubungan nilai fungsi trigonometri dikuadran II,III dan IV dengan perbandingan trigonometri dikuadran I untuk menentukan nilai suatu sudut
|
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
3.9. Menjelaskan aturan sinus dan cosinus
|
4.9. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan cosinus
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
3.9.1. Mendeskripsikan konsep himpunan penyelesaian persamaan sinus
3.9.2. Menemukan himpunan penyelesaian persamaan sinus
3.9.3. Mendeskripsikan konsep persamnaan kosinus
3.9.4. Menemukan himpunan penyelesaian persamaan kosinus
3.9.5. Mendeskripsikan konsep persamaan tangen
3.9.6. Menemukan himpunan penyelesaian persamaan tangen
3.9.7. Merumuskan model matematika dari permasalahan dalam kehidupan sehari-hari menjadi bentuk persamaan trigonometri a cos x + b sin x = c
3.9.8. Menganalisis identitas trigonometri
3.9.9. Menemukan himpunan penyelesaian persamaan berbentuk a cos x + b sin x = c dalam masalah matematis
3.9.10. Menyusun identitas trigonometri baru yang valid nilai kebenarannya
3.9.11. Menemukan identitas trigonometri yang lain dari hasil pencarian di perpustakaan daerah, serta dapat membuktikan kebenarannya
|
4.9.1. Menyelesaikan masalah matematis dengan menggunakan konsep himpunan penyelesaian persamaan sinus
4.9.2. Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan himpunan penyelesaian persamaan sinus
4.9.3. Menyelesaikan masalah matematis dengan menggunakan konsep persamnaan kosinus
4.9.4. Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan himpunan penyelesaian persamaan kosinus
4.9.5. Menyelesaikan masalah matematis dengan menggunakan konsep persamnaan tangen
4.9.6. Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan himpunan penyelesaian persamaan tangen
4.9.7. Membuktikan kebenaran suatu identitas trigonometri dengan menganalisis identitas trigonometri tersebut
4.9.8. Menyajikan identitas trigonometri
|
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
3.10. Menjelaskan fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan
|
4.10. Menganalisa perubahan grafik fungsi trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada fungsi y = a sin b(x + c) + d.
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
3.10.1. Menyebutkan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut- sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik fungsi y = cos x dan grafik fungsi y = tan x
3.10.2. Menjelaskan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut- sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik fungsi y = cos x dan grafik fungsi y = tan x
3.10.3. Mengklasifikasikan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut- sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik fungsi y = cos x dan grafik fungsi y = tan x
3.10.4. Mengaitkan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut- sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik fungsi y = cos x dan grafik fungsi y = tan x
3.10.5. Menganimasikan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut- sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik fungsi y = cos x dan grafik fungsi y = tan x
3.10.6. Memproyeksikan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut- sudut istimewa.perbandingan trigonometri sudut-dan sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik fungsi y = cos x dan grafik fungsi y = tan x
|
4.10.1. Menyatakan grafik fungsi trigonometri
4.10.2. Menggambarkan grafik fungsi trigonometri
4.10.3. Menganimasikan grafik fungsi trigonometri
4.10.4. Merancang grafik fungsi trigonometri
4.10.5. Menyusun grafik fungsi trigonometri
4.10.6. Memproyeksikan grafik fungsi trigonometri
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai, peserta didik dapat :
1. Menghayati dan mengamalkan materi Trigonometrisebagai bentuk penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2. Menguasai materi Trigonometridengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian materi Trigonometriyang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi Trigonometriyang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
D. Materi Pembelajaran
Materi Pokok
Trigonometri
- Pengukuran Sudut
- Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
- Sudut-sudut Berelasi
- Identitas Trigonometri
- Aturan Sinus dan Cosinus
- Fungsi Trigonometri
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)/projek
F. Media Pembelajaran
Media/Alat:
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø Spidol / kapur berwarna
G. Sumber Belajar
Ø Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Matematika WajibKelas X Kemendikbud, tahun 2013
Ø Pengalaman peserta didik dan guru
Ø Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Ø e-dukasi.net
H. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
| ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
Apersepsi
Motivasi
Pemberian Acuan
|
15
menit
| ||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
150
menit
| ||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran pengenalan ukuran sudut, konversi sudut, dan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
| |||||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
A. Penilaian
1. Sikap
a. Observasi
2. Pengetahuan
a. Tes Tertulis Pilihan Ganda dan atau Uraian
b. Penugasan
Tugas Rumah
1) Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
2) Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
3) Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian
3. Keterampilan
a. Unjuk Kerja
b. Portofolio
Jakarta,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
.......................................... ............................................
NIP. NIP.
Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar