MATEMATIKA
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Kelas : IX (sembilan)
Kelas : IX (sembilan)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
Pembelajaran
KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam
pembelajaran KI 3 dan KI 4
|
Penilaian
KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman
sejawat oleh peserta didik, dan jurnal
|
|||
2.1
Menunjukkan sikap logis,
kritis, analitik dan kreatif, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah sehari-hari,
yang merupakan pencerminan sikap positif dalam bermatematika
2.2
Memiliki rasa ingin tahu, percaya
diri dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya
dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
2.3
Memiliki sikap terbuka, santun,
objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
|
|||||
3.1
Memahami sifat-sifat bilangan
berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan
3.2
Memahami operasi aljabar yang
melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
4.8
Membuat dan menyelesaikan model
matematika dari berbagai permasalahan nyata
|
Bilangan Berpangkat dan Bentuk
Akar
· Bilangan
Berpangkat
· Bentuk
Akar
|
Mengamati
§ Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan pangkat dan akar
§ Mencermati tentang aturan dari bilangan
berpangkat dan bentuk akar
§ Mencermati
tentang sifat perpangkatan dengan satu, perpangkatan dengan nol dan
perpangkatan dengan bilangan negatif
§ Mencermati
tentang operasi aljabar yang melibatkan bilangan
berpangkat bulat dan bentuk akar
Menanya
§ Menanya tentang penerapan bilangan
berpangkat bulat dan bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari
§ Menanya tentang kelebihan dan manfaat
mengubah menjadi pangkat dan akar dari perkalian/pembagian berulang dan
generalisasi
§ Menanya tentang cara mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke
dalam bentuk pangkat dan akar dan sebaliknya
§ Menanya tentang aturan dari bilangan
berpangkat dan bentuk akar
§ Menanya tentang sifat perpangkatan dengan
satu, perpangkatan dengan nol dan perpangkatan dengan bilangan negatif
§ Menanya tentang operasi
aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
Mengumpulkan
Informasi
§ Menggali
informasi tentang bentuk perpangkatan dari bentuk perkalian berulang dan
menghitung hasil berbagai perpangkatan bilangan
§ Menggali
informasi tentang aturan dari bilangan berpangkat dan bentuk akar
§ Menggali
informasi tentang sifat perpangkatan dengan satu, perpangkatan dengan nol dan
perpangkatan dengan bilangan negatif
§ Menggali
informasi tentang penulisan hasil pengukuran yang sangat besar atau sangat
kecil dalam bentuk notasi ilmiah, untuk menuliskan masa electron, masa
bakteri, masa matahari, masa bumi dsb
§ Menggali
informasi tentang bentuk akar dari bentuk pembagian berulang dan sebagai
kebalikan dari perpangkatan serta menghitung hasil berbagai penarikan akar
bilangan, dilanjutkan dengan mendefinisikan pengertian akar dan notasi
penulisannya
§ Menggali
informasi tentang sifat-sifat operasi aljabar, manipulasi matematika dengan
bilangan berpangkat
§ Menggali
informasi tentang hasil penarikan akar, hasil perpangkatan, notasi ilmiah,
solusi suatu masalah, prosedur penyederhanaan bentuk pangkat dan akar atau
unsur lainnya berkaitan dengan perpangkatan dan bentuk akar
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan penerapan pangkat dan akar
§ Menganalisis batasan atau cakupan konsep
pangkat dan akar, termasuk menguji keberlakuan pangkat dan akar tertentu
§ Menganalisis model atau kalimat matematika
yang tepat, lengkap dan cukup berkaitan dengan masalah pangkat dan bentuk
akar, serta syarat keberlakuan modelnya
§ Menganalisis algoritma atau prosedur
operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari
masalah pangkat dan bentuk akar
§ Menganalisis solusi atau penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan masalah
pangkat dan bentuk akar
§ Menganalisis
tahapan dan prosedur penyelesaian masalah pangkat dan bentuk akar
Mengomunikasikan
§ Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai bilangan berpangka dan bentuk akar
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan,
atau presentasi peserta didik mengenai bilangan berpangkat dan bentuk akar
Pengetahuan
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bilangan
berpangkat dan bentuk akar
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar sejarah bilangan
berpangkat dan bentuk akar
§ Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bilangan berpangkat dan
bentuk akar
Keterampilan
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan pangkat dan bentuk akar kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
|
25 JP
|
Buku teks matematika Kelas IX
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan
bentuk akar, alat peraga, lingkungan
|
3.3
Menganalisis sifat-sifat fungsi
kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya
4.1
Menyelesaikan permasalahan
nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel, sistem persamaan
linear dua variabel, dan atau fungsi kuadrat
|
Fungsi dan persamaan kuadrat
|
Mengamati
§ Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan ekspresi aljabar, khususnya
fungsi dan persamaan kuadrat
§ Mencermati
tentang sifat-sifat fungsi kuadrat
Menanya
§ Menanya tentang penerapan fungsi dan
persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari
§ Menanya tentang kelebihan dan manfaat
penerapan fungsi kuadrat dalam masalah sehari-hari
§ Menanya tentang sifat-sifat
fungsi kuadrat
Mengumpulkan
Informasi
§ Menggali informasi tentang contoh
kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial
sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
§ Menggali informasi tentang ciri dan sifat
dari variabel, koefisien, konstata dan derajat dari suatu fungsi kuadrat, dan
menggambarkan sketsa serta mendeskripsikan bentuk grafik dan titik puncaknya
§ Menggali informasi tentang sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya
§ Menggali informasi tentang manipulasi
matematika tertentu untuk menyederhanakan atau mengubah fungsi kuadrat ke
bentuk kuadrat sempurna
§ Menggali informasi tentang cara menemukan
rumus sumbu simetri dan diskriminan dari fungsi kuadrat, dilanjutkan dengan
menggambar dan menjelaskan karakteristik berbagai sketsa grafik fungsi
kuadrat untuk berbagai nilai koefisien dan diskriminan
§ Menggali informasi tentang nilai fungsi
kuadrat, titik potong dengan sumbu koordinat, sumbu simetri, titik puncak,
koefisien dan diskriminan, sifat-sifat dan sketsa grafik, ataupun unsur
lainnya berkaitan dengan fungsi kuadrat
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan fungsi kuadrat
§ Menganalisis perbedaan fungsi dan
persamaan kuadrat melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena
alam dan aktifitas sosial sehari-hari
§ Menganalisis unsur-unsur kurva fungsi
kuadrat dari perilaku grafiknya apabila digeser ke atas, ke bawah, ke kiri
dan ke kanan
§ Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya
§ Menganalisis model atau kalimat matematika
yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah fungsi kuadrat, serta
syarat keberlakuan modelnya
§ Menganalisis algoritma atau prosedur
operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari
masalah berkaitan fungsi kuadrat
§ Menganalisis solusi atau penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan fungsi kuadrat
Mengomunikasikan
§ Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai fungsi dan persamaan kuadrat
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan,
atau presentasi peserta didik mengenai
fungsi dan persamaan kuadrat
Pengetahuan:
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan fungsi dan
persamaan kuadrat
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar sejarah fungsi dan
persamaan kuadrat, serta penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari
§ Tes
tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan fungsi dan persamaan kuadrat
Keterampilan:
§ Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan fungsi, persamaan kuadrat dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas IX
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan fungsi dan persamaan kuadrat, alat peraga, benda di lingkungan, benda
berbentuk parabola
|
3.4 Memahami perbandingan bertingkat dan persentase, serta
mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
4.2 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah
nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase dengan menggunakan
tabel, grafik, dan persamaan
4.3 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak
diketahui menggunakan berbagai modifikasi aljabar dan aritmetika
|
Perbandingan bertingkat
Persentase
|
Mengamati
§ Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan perbandingan bertingkat dan persentase
§ Mencermati tentang perbandingan
bertingkat dan persentase
Menanya
§ Menanya tentang penerapan perbandingan
bertingkat dan persentase dalam kehidupan sehari-hari
§ Menanya tentang kelebihan dan manfaat
mengenal masalah sehari-hari yang bersifat fungsional, tidak fungsional,
bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam bentuk perbandingan
dan sebaliknya
§ Menanya tentang perbandingan
bertingkat dan persentase
Mengumpulkan
Informasi
§ Menggali informasi tentang pecahan biasa,
pembilang, penyebut dan representasinya ke dalam berbagai bentuk gambar,
serta kaitan dan penulisannya dalam bentuk rasio, perbandingan atau proporsi
§ Menggali informasi tentang strategi
mengubah suatu perbandingan ke dalam bentuk nilai perbandingan bulat paling
sederhana
§ Menggali informasi tentang nilai
perbandingan bertingkat atau persentase dari kuantitas benda dengan kuantitas
benda lainnya dalam suatu kumpulan benda, atau suatu ukuran/besaran dengan
ukuran/besaran lainnya di bidang aritmetika social, pengukuran (geometri,
sains) dan masalah lainnya
§ Menggali
informasi tentang ciri atau karakteristik serta menentukan nilai perbandingan
yang bersifat seharga/linear atau berbalik nilai/tidak senlai dari dua
besaran yang memiliki hubungan fungsional dan disajikan dalam bentuk tabel,
grafik dan persamaan
§ Menggali informasi tentang nilai
perbandingan, kuantitas benda tertentu, ataupun kuantitas keseluruhan benda,
tabel, grafik dan persamaan, termasuk penerapannya di bidang aritmetika
social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya berkaitan dengan
perbandingan
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis sehari-hari yang berkaitan
dengan penerapan perbandingan
§ Menganalisis perbandingan senilai, tidak
senilai, berbanding lurus, terbalik atau lainnya melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari
§ Menganalisis unsur-unsur, besaran atau
karakteristik grafik terkait dengan masalah perbandingan
§ Menganalisis informasi yang relevan
berkaitan dengan masalah perbandingan/rasio/proporsi dengan merepresentasikan
secara matematis, melalui model, diagram, tabel, grafik atau persamaan
§ Menganalisis model atau kalimat matematika
yang tepat, lengkap dan cukup berkaitan dengan masalah
perbandingan/rasio/proporsi, serta syarat keberlakuan modelnya
§ Menganalisis algoritma atau prosedur
operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari
masalah perbandingan/rasio/proporsi
§ Menganalisis solusi dan penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusiberkaitan dengan masalah
perbandingan/rasio/proporsi
§ Menganalisis tahapan dan prosedur
penyelesaian masalah perbandingan/rasio/proporsi
§ Menganalisis ciri dan karakteristik
masalah hubungan dua besaran yang bersifat fungsional ke dalam bahasa
sendiri, diagram, pasangan nilai, tabel, atau grafik/gambar yang lebih
sederhana, jelas dan lengkap
§ Menganalisis perbandingan bertingkat atau
persentase dari kuantitas benda dengan kuantitas benda lainnya dalam suatu
kumpulan benda, atau suatu ukuran/besaran dengan ukuran/besaran lainnya di
bidang aritmetika social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya
Mengomunikasikan
§ Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai perbandingan bertingkat dan
persentase
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan,
atau presentasi peserta didik mengenai
perbandingan bertigkat dan persentase
Pengetahuan:
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan perbandingan
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar perbandingan dan
penggunaannya
§ Tes
tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan perbandingan bertingkat dan
persentase
Keterampilan:
§ Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan perbandingan dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas IX
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan perbandingan, alat peraga, peta, lingkungan
|
3.5 Menentukan orientasi dan lokasi benda dalam koordinat Cartesius
serta menentukan posisi relatif
terhadap acuan tertentu
|
Koordinat Cartesius
|
Mengamati
§ Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan penggunaan sistem koordinat
§ Mencermati tentang lokasi
benda dalam koordinat Cartesius
§ Mencermati posisi
relatif terhadap acuan tertentu
Menanya
§ Menanya tentang penerapan koordinat
kartesius dalam kehidupan sehari-hari
§ Menanya tentang posisi letak objek atau
tempat yang sifatnya relative, serta manfaat dalam kehidupan, dsb
§ Menanya tentang kelebihan dan manfaat
penentuan letak objek dalam denah, peta sederhana, bagaimana implementasinya
pada kehidupan sehari-hari dengan menerapkan sistem koordinat 1 dimensi, 2
dimensi, 3 dimensi, dsb.
§ Menanya tentang lokasi
benda dalam koordinat Cartesius
§ Menanya tentang posisi
relatif terhadap acuan tertentu
Mengumpulkan
Informasi
§ Menggali informasi tentang contoh
kedudukan suatu titik dan bangun datar serta menggambarkannya dalam sistem
koordinat Cartesius
§ Menggali informasi tentang letak atau
jarak suatu tempat pada denah/peta manual atau peta digital untuk menentukan
arah dan ukuran sebenarnya benda, posisi atau jarak suatu tempat dalam sistem
koordinat
§ Menggali
informasi tentang deskripsi denah/peta posisi dan arah dari suatu benda dan
letak suatu tempat pada sistem koordinat dengan skala yang sesuai
§ Menggali informasi tentang denah/peta
kontur sederhana secara manual atau digital untuk menentukan arah, ukuran,
posisi, jarak dan ketinggian suatu daerah dalam sistem koordinat
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan sistem koordinat
§ Menganalisis cara memposisikan letak
objek, benda atau tempat (sistem koordinat Carterius, polar/kutub secara
sederhana) melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan
aktifitas sosial sehari-hari
§ Menganalisis unsur-unsur atau komponen
yang diperlukan dalam sistem pemposisian objek atau tempat dari suatu peta,
denah, globe, atau atlas (misal mengapa perlu skala, arah, keterangan, judul,
simbol termasuk untuk kontur)
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai koordinat
kartesius
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan,
atau presentasi peserta didik mengenai
lokasi benda dalam koordinat kartesius
Pengetahuan:
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan koordinat
cartesius
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar sejarah koordinat
cartesius
Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan koordinat cartesius
Keterampilan
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan koordinat cartesius dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas IX
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan koordinat kartesius, alat peraga, benda di lingkungan
Alat peraga koordinat
|
3.6 Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui
pengamatan
4.5 Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait
penerapan kesebangunan dan kekongruenan
|
Kesebangunan dan Kekongruenan
|
Mengamati
§ Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan relasi bangun-bangun datar dan bangun ruang
§ Mencermati tentang kesebangunan
dan kekongruenan geometri
Menanya
§ Menanya tentang penerapan kesebangunan dan
kekongruenan dalam kehidupan sehari-hari
§ Menanya tentang tingkat estetik, ergonomis,
dan efektifitas dari berbagai benda di sekeliling yang bersifat sebangun atau
kongruen, misal: model rumah, kavling, dsb
§ Menanya tentang berbagai aspek relasi
bangun datar dan bangun ruang, misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah
sebangun dan kongruensi, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke
dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep sebangun atau kongruen dan
sebaliknya
§ Menanya tentang konsep
kesebangunan dan kekongruenan geometri
Mengumpulkan
Informasi
§ Menggali
informasi tentang persamaan dan perbedaan permukaan benda-benda dan gambar
atau kejadian yang memiliki bentuk sama
§ Menggali
informasi tentang sifat, ciri dan persamaan dan perbedaan benda dengan
permukaan yang sebangun dan kongruen berdasarkan hasil pengamatan
§ Menggali
informasi tentang cara membuat model, menggambar atau melukis bangun-bangun
datar sebangun dan kongruen dengan berbagai cara dan posisi
§ Menggali
informasi tentang cara menggambar bangun datar yang sebangun dan kongruen
dengan bangun lain
§ Menggali
informasi tentang sisi, sudut, dan ukurannya, atau unsur lainnya berkaitan
dengan kesebangunan
§ Menggali informasi yang relevan berkaitan
dengan masalah kesebangunan dan kongruen dengan merepresentasikan secara
matematis, melalui model atau melalui diagram
§ Menggali informasi tentang model atau
kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah
kesebangunan dan kongruen
§ Menggali informasi tentang algoritma atau
prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan
model dari masalah berkaitan kesebangunan dan kongruen
§ Menggali
informasi tentang solusi atau penyelesaian masalah serta memberikan alasan
kebenaran solusi berkaitan dengan kesebangunan dan kongruen
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep sebangun dan
yang bukan konsep sebangun
§ Menganalisis
perbedaan sebangun dan kongruen melalui sifat atau definisi matematika
§ Menggali
informasi tentang unsur-unsur atau komponen dari masalah kesebangunan dengan bantuan diagram/ilustrasi
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai
kesebangunan dan kekongruenan
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan,
atau presentasi peserta didik mengenai
kesebangunan dan kekongruenan
Pengetahuan:
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan kesebangunan
dan kekongruenan
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar kesebangunan dan
kekongruenan serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
§ Tes
tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan
Keterampilan:
§ Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan kesebangunan, kekongruenan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
|
25 JP
|
Buku teks matematika Kelas IX
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan kesebangunan dan
kekongruenan, alat peraga,
benda-benda di lingkungan yang
sebangun
|
3.7 Menentukan luas selimut
dan volume tabung, kerucut, dan bola
3.8 Menaksir dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun
ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya
|
Bangun Ruang
§ Tabung
§ Kerucut
§ Bola
§ Luas
Tabung
§ Luas
Kerucut
§ Luas
Bola
§ Volume
Tabung
§ Volume
Kerucut
§ Volume
Bola
|
Mengamati
§ Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan luas dan volume bangun ruang
sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) dan bangun ruang tidak beraturan
§ Mencermati
tentang luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola
Menanya
§ Menanya
tentang penerapan luas dan volume tabung, kerucut, dan bola dalam kehidupan
sehari-hari
§ Menanya
tentang cara menghitung, menemukan, dan menaksir luas dan volume berbagai
benda di sekeliling melalui percobaan
§ Menanya
tentang cara menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola
Mengumpulkan
Informasi
§ Menggali
informasi tentang jaring-jaring tabung, kerucut, dan bola (yang tertutup atau
tanpa tutup beberapa bagian)
§ Menggali
informasi tentang luas permukaan serta volume tabung, kerucut, dan bola atau
berdasarkan konep luas dan volume bangun prisma dan limas.
§ Menggali
informasi tentang luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan
tabung, kerucut, dan bola
§ Menggali
informasi tentang sketsa bangun ruang beraturan atau bangun geometri dasar
yang memiliki kesamaan atau kemiripan ukuran dengan bangun ruang tidak
beraturan (bersisi lengkung ataupun yang tidak lengkung)
§ Menggali
informasi tentang strategi menghitung luas dan volume bangun geometri dasar
sebagai cara untuk menaksir luas dan volume bangun ruang tidak beraturan sisi
lengkung/ tidak lengkung
§ Menggali
informasi tentang luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan
bangun ruang tidak beraturan bersisi lengkung ataupun yang tidak lengkung
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis
permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan luas dan volume tabung,
kerucut, dan bola
§ Menganalisis rumus luas dan volume bangun
datar dan bangun ruang sederhana serta untuk menaksir bangun-bangun tidak
beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan
aktifitas sosial sehari-hari
§ Menggali
informasi tentang unsur-unsur rumus luas dan volume serta perilaku hubungan
fungisionalnya
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai luas
permukaan dan volume tabung, kerucut, serta bola
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan,
atau presentasi peserta didik mengenai
bangun ruang sisi lengkung
Pengetahuan:
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bangun ruang
sisi lengkung(tabung, kerucut, dan bola) tugas mandiri tidak terstruktur: mencari
informasi seputar bangun ruang sisi lengkung dan penggunaannya dalam
kehidupan sehari-hari
§ Tes
tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bangun ruang (tabung,
kerucut, dan bola)
Keterampilan:
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan
bola) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
|
30 JP
|
Buku teks matematika Kelas IX
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan bangun ruang sisi
lengkung, alat peraga, benda-benda
lingkungan yang berbentuk tabung, kerucut, dan bola
|
3.11 Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai
jenis data
3.12 Memahami teknik penyajian
data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik masalah
nyata serta menentukan hubungan antar variabel untuk mengambil kesimpulan
4.6 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data
hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik serta
mengidentifikasi hubungan antar variabel serta mengambil kesimpulan
|
Statistika
Penyebaran data (rata-rata,
median, dan modus)
|
Mengamati
§ Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan data, penyebaran data, dan penyajian data
§ Mencermati tentang penyajian
data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik
§ Mencermati tentang cara
mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data
Menanya
§ Menanya
tentang penerapan penyebaran dan penyajian data dalam kehidupan sehari-hari
§ Menanya
tentang cara mengumpulkan, menata dan menyajikan data dari yang sederhana
(membuat daftar kebutuhan dan realisasi belanja, dsb) sampai kompleks
(melakukan survei kebutuhan pangan secara nasional menggunakan instrumen
kuesioner, mengentri dan mengolah dengan perangkat komputer dan menyajikan pada
berbagai bentuk tampilan, dsb)
§ Menanya
tentang kelebihan dan manfaat data untuk memberi tafsiran dan menetapkan
sesuatu. Misal: strategi pemenangan PEMILU berdasarkan data
§ Menanya
tentang cara mengolah, menginterpretasi, dan
menampilkan data hasil pengamatan
§ Menanya tentang cara menentukan nilai rata-rata, median, dan
modus dari berbagai jenis data
Mengumpulkan
Informasi
§ Menggali informasi tentang ukuran
pemusatan data menggunakan statistik tertentu: rata-rata, median, modus,
serta memberikan persamaan dan perbedaan arti statistic-statistik tersebut
melalui contoh dari berbagai jenis data atau kelompok data
§ Membahas
dan berdiskusi untuk merumuskan berbagai alternative keputusan, saran dan
mengambil atau menetapkan keputusan berdasar hasil analisis kecenderungan
datanya, serta mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi dari keputusan
yang dipilih dan opsi atau pilihan penyelesaiannya
§ Menggali
informasi tentang penataan data dalam bentuk tabel baris-kolom, kontingensi,
distribusi frekuensi, atau berbagai jenis grafik sesuai karakteristik data,
secara manual dan dengan bantuan computer
§ Menggali
informasi tentang cara mengorganisasi data dan memilih jenis statistic yang
relevan berkaitan dengan masalah yang berkaitan dengan penataan data
§ Menggali
informasi tentang sifat, kelebihan, dan alasan dalam memilih jenis penataan
data
§ Menggali
informasi tentang hubungan antar variable pada data yang bersifat korelasi,
regresi/hubungan fungsional, dan trend/deret waktu
§ Menggali
informasi tentang penyajian data bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi,
distribusi frekuensi), berbagai jenis grafik, hubungan antar variable atau
unsur lainnya secara manual dan dengan bantuan computer berkaitan dengan
penataan data
§ Menggali
informasi tentang konsep populasi, ruang sample, dan titik
sample/anggota/kejadian melalui contoh dan percobaan
§ Menggali
informasi tentang pelaporan hasil pengamatan, pengukuran atau pekerjaan
lainnya secara apa adanya sesuai kapasitas disertai penjelasan, bukti, atau
bentuk tindakan lainnya bahwa pekerjaan telah dilaksanakan dengan
sungguh-sungguh, sbb:
§ Menggali
informasi tentang aturan dan strategi pencacahan atau cara memasang
benda/objek dengan benda/objek lainnya dengan jumlah dan jenis tertentu
secara sederhana melalui contoh dan mencoba-coba, serta menentukan ruang
samplenya misal: kombinasi plat nomor mobil, dsb
§ Menggali
informasi tentang cara merancang dan menyusun alat pengumpul data untuk
mengukur atau mencacah data, yang dapat berupa panduan wawancara, alat ukur
atau pencacah, formulir isian/kuesioner, dsb
memilih cakupan dan jenis data yang akan dicacah, diamati atau untuk
diukur
§ Menggali
informasi tentang cara mencacah atau mengukur objek data, mengumpulkan, dan
merekam atau mencatat data, dilanjutkan dengan menata, mengolah data serta
menyajikan dalam bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi, distribusi
frekuensi), grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis, secara manual
atau dengan bantuan computer
§ Menggali
informasi tentang interpretasi secara sederhana sajian data menggunakan
statistic tertentu untuk menafsirkan
kecenderungan data, persebaran data, tingkat hubungan antar variable
(korelasi, trend, dan regresi sederhana) ataupun ukuran lainnya, dilanjutkan
dengan membandingkan dan menafsirkan statistik dari dua kelompok data sejenis
§ Menggali
informasi tentang pengambilan keputusan berdasar hasil analisis data yang
telah dilakukan, serta mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi dari
keputusan yang dipilih dan opsi atau pilihan penyelesaiannya
§ Menggali
informasi tentang organisasi data dan pemilihan informasi yang relevan
berkaitan dengan masalah peluang dengan merepresentasikan secara matematis,
melalui model atau melalui diagram
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penyebaran dan penyajian data
§ Menganalisis
perbedaan arti statistik dari dua kelompok data sejenis melalui contoh
kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial
sehari-hari
§ Menganalisis
unsur-unsur statistik dan hubungan antar variabel data sebagai dasar untuk
mengambil keputusan, beserta alasannya
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai
penyebaran data (rata-rata, median, dan modus) dan penafsiran data
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan,
atau presentasi peserta didik mengenai
penyebaran dan penyajian data
Pengetahuan:
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan statistika
khususnya tentang mean, median, modus
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari data kemudian mengolah, menginterpretasi,
dan menampilkan data.
§ Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan penyebaran data tentang
mean, median, modus, dan pengolahan data
Keterampilan:
§ Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan statistika dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
|
15 JP
|
Buku teks matematika Kelas IX
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan penyebaran data, koran, majalahh, komputer, alat peraga
lainnya, lingkungan
|
3.9 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana secara empirik dan teoritik
3.13 Memahami konsep ruang sampel dan menentukan anggota melalui
percobaan
4.7 Menerapkan prinsip-prinsip peluang untuk menyelesaikan masalah
nyata
|
Peluang Empirik
Peluang Teoritik
|
Mengamati
§ Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan peluang
§ Mencermati tentang peluang
suatu kejadian sederhana secara
empirik dan teoritik
§ Mencermati tentang ruang
sampel dan menentukan anggota melalui percobaan
Menanya
§ Menanya
tentang penerapan peluang empirik dan peluang teoritik dalam kehidupan
sehari-hari
§ Menanya tentang peluang
suatu kejadian sederhana secara
empirik dan teoritik
§ Menanya tentang konsep
ruang sampel dan menentukan anggota melalui percobaan
Mengumpulkan
Informasi
§ Menggali
informasi tentang sifat atau karakteristik kejadian acak atau random,
independen, saling lepas, atau bersyarat serta berbagai factor yang
menyebabkan kejadian bersifat tidak acak, tidak independen, atau tidak saling
lepas
§ Menggali
informasi tentang probabilitas atau peluang empiric, menjelaskan melalui
contoh untuk merumuskan konsep peluang secara teoritik, serta membentuk
diagram pohon, tabulasi/tabel, dan pendaftaran untuk merumuskan dan
menafsirkan sifat peluang
§ Menggali
informasi tentang peluang kejadian acak, peluang kejadian yang dipengaruhi
faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi yang serupa atau intuisi
§ Menggali
informasi tentang peluang kejadian independen dan bersyarat secara sederhana
§ Menggali
informasi tentang aturan dan strategi pencacahan atau cara memasang
benda/objek dengan benda/objek lainnya dengan jumlah dan jenis tertentu
secara sederhana melalui contoh dan mencoba-coba, serta menentukan ruang
samplenya misal: kombinasi plat nomor mobil, dsb
§ Menggali
informasi tentang cara membuat atau merumuskan model atau kalimat matematika
yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah peluang
§ Menggali
informasi tentang cara memilih
algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam
menyelesaikan model dari masalah berkaitan peluang
§ Menggali
informasi tentang cara menafsirkan
solusi atau penyelesaian masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi
berkaitan dengan peluang
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis
permasalahan sehari-hari sehari-hari yang berkaitan dengan peluang empirik dan
peluang teoritik
§ Menganalisis
secara sederhana kejadian yang bersifat acak, tidak acak, independen, tidak
independen, saling lepas, tidak saling lepas serta mengidentifikasi berbagai
faktor yang mempengaruhi melalui contoh
§ Menganalisis peluang suatu kejadian
sederhana secara empirik dan teoritik
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai peluang
empirik dan peluang teoritik
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan,
atau presentasi peserta didik mengenai
peluang empirik dan peluang teoritik
Pengetahuan
Penugasan
§ Tugas
terstruktur mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan peluang
terutama tentang peluang empirik dan teoritik
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar sejarah tentang peluang
empirik dan teoritik
§ Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan peluang empirik dan teoritik
Keterampilan:
§ Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan peluang dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas IX
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan peluang, dadu, koin, kartu, alat peraga lainnya ,
lingkungan
|
3.10 Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi
3.14 Memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan
suatu permasalahan
4.4 Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan
memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan
masalah baru
|
Pola Bilangan, Barisan dan
Deret
|
Mengamati
§ Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola, barisan dan deret
§ Mencermati
pola bilangan, barisan, deret serta memperumumnya;
§ Mencermati
pola dan generalisasi untuk membuat prediksi
Menanya
§ Menanya
tentang penerapan pola dalam kehidupan sehari-hari
§ Menanya
tentang penggunaan pola untuk memprediksi kejadian, aktifitas sehari-hari,
maupun aktifitas sosial lainnya
§ Menanya
tentang kelebihan dan manfaat penggunaan pola untuk memprediksi
§ Menanya
tentang pola bilangan, barisan, deret dan cara memperumumnya;
Mengumpulkan
Informasi
§ Menggali
informasi tentang permasalahan sehari-hari yang memiliki pola tertentu, serta
memberi alasan dari ciri, sifat atau karakteristik pola tersebut
§ Menggali
informasi tentang cara, strategi, metode untuk membuat generalisasi beberapa
sifat dalam matematika melalui pendekatan percobaan, pengamatan pola, atau
secara deduktif sederhana
§ Menggali
informasi tentang pola, barisan dan deret melalui contoh dari pola/barisan
bilangan, geometris, ataupun fenomena
lainnya, serta strategi untuk melakukan prediksi dalam menentukan polanya
§ Menggali
informasi tentang pola bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari
serta membuat generalisasi untuk merumuskan masalah baru/lainnya
§ Menggali
informasi tentang organisasi data dan memilih informasi yang relevan berkaitan
dengan masalah pola bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari dengan
merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram
§ Menggali
informasi tentang cara memilih algoritma atau prosedur operasi serta
manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah pola
bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari
§ Menggali
informasi tentang cara memperumum pola bilangan,
barisan, deret
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan pola, barisan, dan deret
§ Menganalisis
perbedaan pola, barisan dan deret melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi
atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari, maupun dalam matematika
§ Menganalisis
cara-cara menyatakan pola, barisan dan deret
§ Menanalisis
cara memprediksi menggunakan pola dan generalisasi
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pola
bilangan, barisan, dan deret
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
Mengamati ketelitian dan rasa
ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi
peserta didik mengenai pola bilangan, barisan,
dan deret
Pengetahuan:
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan pola
bilangan, barisan dan deret
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi penggunaan pola bilangan,
barisan dan deret dalam kehidupan sehari-hari
§ Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan pola bilangan, barisan, dan
deret
Keterampilan:
§ Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan pola bilangan,
barisan, deret, dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
|
15 JP
|
Buku teks matematika Kelas IX
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan pola barisan dan deret, korek api, lidi, alat peraga lainnya,
lingkungan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar