Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1. Menghayati
dan mengamalkan agama yang dianutnya
2.1
Menghayati perilaku
disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja
menyelesaikan masalah kontekstual
2.2
Memiliki dan
menunjukkan rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa senang dan tertarik dan
percaya diri dalam melakukan kegiatan belajar ataupun memecahkan masalah
nyata.
|
|||||
3.1 Menganalisis konsep, nilai determinan dan sifat operasi matriks
serta menerapkannya dalam menentukan invers matriks dan dalam memecahkan
masalah.
|
Matriks
Determinan
Operasi matriks
Invers matriks
|
Mengamati
·
Mencermati penerapan matriks dalam masalah nyata
· Mencermati
penerapan konsep, nilai determinan, dan sifat operasi matriks untuk memecahkan masalahnyata yang berkaitan
dengan persamaan linear
· Mencermati
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan matriks
Menanya
·
Menanya tentangpenerapan matriks dalam masalah
nyata
· Menanya
tentang penerapan konsep, nilai determinan, dan sifat operasi matriks
untuk memecahkan masalah nyata yang
berkaitan dengan persamaan linear
· Menanya
tentang penyelesaian masalah yang berkaitan dengan konsep, nilai determinan,
sifat, operasi matriks
Mengumpulkan Informasi
·
Menggali informasi tentang
penerapan matriks dalam masalah nyata
·
Menggali informasi tentang konsep
matriks
·
Menggali informasi tentangnilai
determinan matriks
·
Menggali informasi tentang sifat operasi
matriks
·
Menggali informasi tentanginvers
matriks
·
Menggali informasi tentang penerapan konsep,
nilai determinan, dan sifat operasi matriks untuk memecahkan masalah nyata yang berkaitan
dengan persamaan linear
·
Menggali informasi tentang penyelesaian masalah
yang berkaitan dengan determinan, operasi matriks, dan invers matriks
Menalar/Mengasosiasi
·
Menganalisiskonsep, nilai determinan, sifat
operasi, dan invers matriks
·
Menganalisis penerapan konsep, nilai determinan,
sifat operasi dan invers matriks dalam menyelesaikan masalah
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikancara menerapkan konsep, nilai
determinan dan sifat operasi matriks untuk menentukan invers matriks serta
memecahkan masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear
|
Sikap:
Observasi
·
Mengamati kecermatan, taat azas, dan kerja keras dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai matriks,
determinan, operasi matriks, dan invers matriks
Pengetahuan:
Penugasan
·
Membaca dan mengamati konsep, nilai determinan dan sifat operasi matriks
serta penerapannya dalam menentukan invers matriks dan dalam memecahkan
masalah.
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai konsep, nilai determinan dan sifat
operasi matriks serta penerapannya dalam menentukan invers matriks dan dalam
memecahkan masalah.
·
Menyelesaikan soal mengenai konsep, nilai determinan dan sifat operasi
matriks serta penerapannya dalam menentukan invers matriks dan dalam
memecahkan masalah.
Keterampilan:
Portofolio
·
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
diselesaikan mengenai matriks, kemudian membuat refleksi diri.
Projek
·
Membuat jurnal mengenai penerapan matriks
dalam masalah nyata
|
16 JP
|
·
BukuTeks Pelajaran Matematika kelas XII.
·
Buku referensi dan artikel.
·
Internet.
|
4.1 Menyajikan
dan menyelesaikan model matematika dalam bentuk persamaan matriks dari suatu
masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear.
|
|||||
3.2 Mendeskripsikan
konsep barisan dan
deret pada konteks dunia nyata, seperti bunga, pertumbuhan, dan
peluruhan
|
Bunga, Pertumbuhan, dan
Peluruhan
Barisan dan Deret Aritmetika
Barisan dan Deret Geometri
|
Mengamati
·
Mencermati penerapan barisan dan deret dalam
masalah nyata
·
Mencermatikonsep
barisan dan deret aritmetika dan geometri yang berkaitan dengan bunga,
pertumbuhan, dan peluruhan
·
Mencermati penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika, geometri dan yang lainnya
Menanya
·
Menanya tentang penerapan dan barisan dalam
masalah nyata
·
Menanya tentang konsep barisan
dan deret aritmetika yang berkaitan dengan bunga, pertumbuhan, dan
peluruhan
·
Menanya tentang penerapan konsep barisan
dan deret geometri yang berkaitan dengan bunga, pertumbuhan, dan
peluruhan
·
Menanya tentang penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan barisan
dan deret yang berkaitan dengan bunga, pertumbuhan, dan
peluruhan
Mengumpulkan Informasi
·
Menggali informasi tentang penerapan dan
barisan dalam masalah nyata
·
Menggali informasi tentangpenerapan
konsep barisan dan
deret aritmetika yang berkaitan
dengan bunga, pertumbuhan, dan peluruhan
·
Menggali informasi tentang penerapan konsep barisan
dan deret geometri yang berkaitan dengan bunga, pertumbuhan, dan
peluruhan
·
Menggali informasi tentang penyelesaian masalah
yang berkaitan dengan barisan dan deret yang
berkaitan dengan bunga, pertumbuhan, dan peluruhan
Menalar/Mengasosiasi
·
Menganalisis penerapan konsep dan barisan yang berkaitan dengan bunga, pertumbuhan, dan
peluruhan
·
Menganalisis penyelesaian barisan
dan deretyang berkaitan dengan bunga, pertumbuhan, dan
peluruhan
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan cara menyelesaikan masalah nyata yang terkait dengan konsep barisan
dan deret aritmetika dan
geometri
|
Sikap:
Observasi
·
Mengamati ketelitian, kerja keras, dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai bunga,
pertumbuhan, peluruhan, barisan dan deret aritmetika, serta barisan dan deret geometri
Pengetahuan:
Penugasan
·
Membaca dan mengamati mengenai penerapan konsep barisan
dan deret padakonteksdunia nyata, seperti bunga, pertumbuhan, dan
peluruhan.
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai penerapan konsep barisan
dan deret aritmatika dan
geometri pada konteks dunia nyata.
·
Menyelesaikan soal mengenai penerapan konsep barisan
dan deret aritmatika dan
geometri pada konteks dunia nyata(bunga,
pertumbuhan, dan peluruhan).
Keterampilan:
Portofolio
·
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
diselesaikan (bunga, pertumbuhan, dan peluruhan),
kemudian membuat refleksi diri.
Projek
·
Membuat simulasi mengenai penerapan bunga majemuk, angsuran dan anuitas
di dunia perbankan
|
12 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Matematika kelas XII.
·
Buku referensi dan artikel.
·
Internet.
|
4.2
Mengidentifikasi, menyajikan model matematika
dan menyelesaikan masalah keseharian yang berkaitan dengan barisan dan deret
aritmetika, geometri dan yang lainnya.
|
|||||
3.2 Mendekripsikan
prinsip induksi matematika dan menerapkannya dalam membuktikan rumus jumlah
deret persegi dan kubik.
|
i.
Induksi matematika
|
Mengamati
·
Mencermatiprinsip induksi matematika dan
penerapannya dalam membuktikan rumusjumlah deret persegi dan kubik
·
Mencermati penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan induksi matematika
Menanya
·
Menanya tentang prinsip induksi matematika dan
penerapannya dalam membuktikan rumus jumlah deret persegi dan kubik
·
Menanya tentang penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan prinsip induksi
Mengumpulkan Informasi
·
Menggali informasi tentanginduksi
matematika dan penerapannya dalam membuktikan rumus jumlah deret persegi dan
kubik
·
Menggali informasi tentang penyelesaian masalah
berkaitan dengan prinsip induksi
Menalar/Mengasosiasi
·
Menganalisis induksi matematika dan penerapannya
dalam membuktikan rumus jumlah deret persegi dan kubiksehingga dapat dibuat kesimpulan mengenaiprinsip induksi
matematika dan cara menerapkannya dalam membuktikan rumus jumlah deret persegi dan kubik.
Mengomunikasikan
· Mempresentasikanprinsip
induksi matematika dan cara menerapkannya dalam membuktikan rumus jumlah
deret persegi dan kubik dengan lisan, dan tulisan.
|
Sikap:
Observasi
·
Mengamati kecermatan dan keuletan tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak
penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai induksi matematika
Pengetahuan:
Penugasan
·
Membaca dan mengamati mengenai prinsip induksi
matematika dan penerapannya dalam membuktikan rumus jumlah deret persegi dan
kubik.
·
Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait
dengan penerapaninduksi matematika dalam membuktikan rumus jumlah deret persegi dan kubik.
Keterampilan:
· Tes tertulis bentuk uraian mengenai penerapan induksi matematika dalam
membuktikan rumus jumlah deret persegi dan kubik.
Keterampilan
Portofolio
· Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
|
12 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Matematika kelas XII.
·
Buku referensi dan artikel.
·
Internet.
|
4.3 Mengidentifikasi, menyajikan model
matematika dan menyelesaikan masalah induksi matematika dalam membuktikan
rumus jumlah deret persegi dan kubik. (b)
|
|||||
3.4 Menganalisis konsep dan sifat diagonal
ruang,diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga
serta menerapkannya dalam memecahkan masalah.
|
Diagonal ruang, Diagonal
bidang,
Bidang diagonal
|
Mengamati
·
Mencermati penerapan diagonal ruang, diagonal
bidang, bidang diagonal dalam masalah nyata
·
Mencermatikonsep dan sifat diagonal ruang,
diagonal bidang dan bidangdiagonal dalam bangun ruang dimensi tiga
·
Mencermati penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan diagonal ruang,diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun
ruang dimensi tiga
Menanya
·
Menanya tentang penerapan diagonal ruang,
diagonal bidang, bidang diagonal dalam masalah nyata
·
Menanya tentang konsep dan sifat diagonal ruang,
diagonal bidang dan bidang diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga
·
Menanya penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan diagonal ruang, diagonal bidang dan
bidang diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga
Mengumpulkan Informasi
·
Menggali informasi tentang penerapan diagonal
ruang, diagonal bidang, bidang diagonal dalam masalah nyata
·
Menggali informasi konsep dan
sifat diagonal ruangdalam bangun ruang dimensi tiga serta penerapannya dalam
pemecahan masalah
·
Menggali informasi konsep dan
sifat diagonal bidang dan bidangdalam bangun ruang dimensi tiga serta
penerapannya dalam pemecahan masalah
·
Menggali informasi konsep dan
sifat diagonal dalam bangun ruang dimensi tigaserta penerapannya dalam
pemecahan masalah.
·
Menggali informasi tentang penyelesaian masalah
yang berkaitan dengan diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal
Menalar/Mengasosiasi
·
Menganalisis konsep dan sifat diagonal ruang,
diagonal bidang dan bidang diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga
·
Menganalisis penerapan konsep dan sifat diagonal
ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga
dalam menyelesaikan masalah
·
Menganalisis penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikancara menerapkan konsep dan sifat
diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam masalah nyata
·
Mempresentasikan cara menyelesaian maslah yang
berkaitan dengan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal
|
Sikap
Observasi
·
Mengamati ketelitian, kreativitas, dan kerja keras dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai diagonal
ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal
Pengetahuan:
Penugasan
·
Membaca dan mengamati mengenai konsep dan sifat diagonal ruang, diagonal
bidang dan bidang diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga dan penerapannya
dalam pemecahan masalah.
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenaikonsep dan sifat diagonal ruang,
diagonal bidang dan bidang diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga dan
penerapannya dalam pemecahan masalah.
·
Menyelesaikansoal-soal mengenai konsep dan sifat diagonal ruang, diagonal
bidang dan bidang diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga dan penerapannya
dalam pemecahan masalah
Keterampilan:
Portofolio
·
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
diselesaikan mengenai diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal,
kemudian membuat refleksi diri
Produk
·
Membuat bangun ruang dimensi tiga dari barang bekas disertai ilustrasi
tentang dengan diagonal ruang,diagonal
bidang, dan bidang diagonal
|
24 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Matematika kelas XII.
·
Buku referensi dan artikel.
·
Internet.
|
4.4 Berbagai
prinsip konsep dan sifat diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal
dalam bangun ruang dimensi tiga serta menerapkannya dalam memecahkan masalah.
|
|||||
3.5
Memahami konsep jumlah Rieman dan integral tentu
suatu fungsi dengan menggunakan fungsi-fungsi sederhana non-negatif.
3.6
Menggunakan Teorema Fundamental Kalkulus untuk
menemukan hubungan antara integral dalam integral tentu dan dalam integral
tak tentu
|
Integral tentu
|
Mengamati
·
Mencermati penerapan integral tentu dalam
masalah nyata
·
Mencermatikonsep jumlah Rieman dan integral
tentu suatu fungsi dan penggunaan Teorema Fundamental Kalkulus
·
Mencermati penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan jumlah Rieman dan integral tentu suatu fungsi
Menanya
·
Menanyatentang penerapan integral tentu dalam
masalah nyata
·
Menanya tentang konsep jumlah Rieman dan
integral tentu suatu fungsi dan penggunaan Teorema Fundamental Kalkulus
·
Menanya penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan jumlah Rieman dan integral tentu suatu fungsi
Mengumpulkan Informasi
·
Menggali informasi tentang penerapan integral
tentu dalam masalah nyata
·
Menggali informasi tentangkonsep jumlah
Rieman dan integral tentu suatu fungsi dan penggunaan Teorema Fundamental
Kalkulus
·
Menggali informasi tentang penyelesaian masalah
yang berkaitan dengan integral tentu
Menalar/Mengasosiasi
·
Menganalisis konsep jumlah Rieman dan integral
tentu suatu fungsi dan penggunaan Teorema Fundamental Kalkulus
·
Menganalisis penerapan konsep jumlah Rieman dan
integral tentu suatu fungsi dan penggunaan Teorema Fundamental Kalkulus untuk
menyelesaikan masalah
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikancara menerapkan konsep jumlah
Rieman dan integral tentu suatu fungsi dan cara menggunakan Teorema
Fundamental Kalkulus
|
Sikap:
Observasi
·
Mengamati ketelitian, kreativitas, dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai Integral
tentu
Pengetahuan
Penugasan
·
Membaca dan mengamati mengenai konsep jumlah
Rieman dan integral tentu suatu fungsi dan penggunaan Teorema Fundamental
Kalkulus.
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenaikonsep
jumlah Rieman dan integral tentu suatu fungsi dan penggunaan Teorema
Fundamental Kalkulus.
Tes tertulis
· Menyelesaikan
soal mengenai konsep jumlah Rieman dan integral tentu suatu fungsi dan
penggunaan Teorema Fundamental Kalkulus.
Keterampilan
Portofolio
· Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan mengenai Integral tentu, kemudian membuat refleksi
diri.
Projek
· Membuat
makalah mengenai aplikasi integral tentu dalam masalah nyata
|
20JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Matematika kelas XII.
·
Buku referensi dan artikel.
·
Internet.
|
4.4
Mengolah data dan membuat model fungsi sederhana
non negatif dari nyata serta
menginterpretasikan masalah dalam gambar dan menyelesaikan masalah dengan
mengunakan konsep dan aturan integral tentu.
4.5 Mengajukan
masalah nyata dan mengidentifikasi sifat fundamental kalkulus dalam integral
tentu fungsi sederhana serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar