SILABUS SMA/MA
Mata Pelajaran : Matematika Wajib
Kelas : XI
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi
secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Matriks
|
Mengamati
Membaca dan mengamati operasi matriks,
dan sifat-sifatnya, serta pemanfaatan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahan masalah nyata.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai operasi
matriks, dan sifat-sifatnya, serta pemanfaatan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahan masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada operasi matriks, dan sifat-sifatnya, serta pemanfaatan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahan masalah nyata.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori unsur-unsur
yang terdapat pada operasi matriks,
dan sifat-sifatnya, serta pemanfaatan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahan masalah nyata sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara menyelesaikan
operasi matriks dengan menggunakan sifat-sifatnya, serta pemanfaatan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahan masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan cara menyelesaikan operasi
matriks dengan menggunakan sifat-sifatnya, serta pemanfaatan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahan masalah nyata
dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
· Membaca dan
mengamati operasi matriks, dan sifat-sifatnya, serta pemanfaatan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahan masalah nyata.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai operasi matriks dengan menggunakan sifat-sifatnya, serta pemanfaatan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahan masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
operasi matriks dengan menggunakan sifat-sifatnya, serta pemanfaatan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahan masalah nyata.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XI.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
||
3.1
Memahami dan
menganalisis konsep
dasar operasi matriks
dan sifat-sifat
operasi matriks serta
menerapkannya dalam
pemecahan masalah.operasi matriks serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
|||||||
4.1
Memadu berbagai konsep
dan aturan operasi matriks dan menyajikan model matematika dari suatu
masalah nyata dengan
memanfaatkan nilai determinan
atau invers matriks
dalam pemecahannya.
|
|||||||
2.1
Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2
Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian fungsi dan
penerapan operasi aljabar pada fungsi, sifat suatu fungsi dan teknik
manipulasi aljabar dalam menentukan invers fungsi dan fungsi invers, sifat
suatu fungsi hasil operasi dua atau lebih fungsi, penerapan komposisi fungsi
dalam konteks sehari-hari, penerapan aturan operasi dua fungsi atau lebih
dalam masalah nyata, pemecahan masalah nyata yang terkait dengan fungsi
invers dan invers fungsi, penyelesaian masalah nyata yang terkait dengan
komposisi fungsi.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian
fungsi dan penerapan operasi aljabar pada fungsi, sifat suatu fungsi dan
teknik manipulasi aljabar dalam menentukan invers fungsi dan fungsi invers,
sifat suatu fungsi hasil operasi dua atau lebih fungsi, penerapan komposisi
fungsi dalam konteks sehari-hari, penerapan aturan operasi dua fungsi atau
lebih dalam masalah nyata, pemecahan masalah nyata yang terkait dengan fungsi
invers dan invers fungsi, penyelesaian masalah nyata yang terkait dengan
komposisi fungsi.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian fungsi dan penerapan operasi aljabar pada
fungsi, sifat suatu fungsi dan teknik manipulasi aljabar dalam menentukan
invers fungsi dan fungsi invers, sifat suatu fungsi hasil operasi dua atau
lebih fungsi, penerapan komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari, penerapan
aturan operasi dua fungsi atau lebih dalam masalah nyata, pemecahan masalah
nyata yang terkait dengan fungsi invers dan invers fungsi, penyelesaian
masalah nyata yang terkait dengan komposisi fungsi.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori unsur-unsur
yang terdapat pada pengertian fungsi
dan penerapan operasi aljabar pada fungsi, sifat suatu fungsi dan teknik
manipulasi aljabar dalam menentukan invers fungsi dan fungsi invers, sifat
suatu fungsi hasil operasi dua atau lebih fungsi, penerapan komposisi fungsi
dalam konteks sehari-hari, penerapan aturan operasi dua fungsi atau lebih
dalam masalah nyata, pemecahan masalah nyata yang terkait dengan fungsi
invers dan invers fungsi, penyelesaian masalah nyata yang terkait dengan
komposisi fungsi, kemudian
menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian fungsi dan
penerapan operasi aljabar pada fungsi, sifat suatu fungsi dan teknik
manipulasi aljabar dalam menentukan invers fungsi dan fungsi invers, sifat
suatu fungsi hasil operasi dua atau lebih fungsi, penerapan komposisi fungsi
dalam konteks sehari-hari, penerapan aturan operasi dua fungsi atau lebih
dalam masalah nyata, pemecahan masalah nyata yang terkait dengan fungsi
invers dan invers fungsi, penyelesaian masalah nyata yang terkait dengan
komposisi fungsi.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian fungsi dan
penerapan operasi aljabar pada fungsi, sifat suatu fungsi dan teknik
manipulasi aljabar dalam menentukan invers fungsi dan fungsi invers, sifat
suatu fungsi hasil operasi dua atau lebih fungsi, penerapan komposisi fungsi
dalam konteks sehari-hari, penerapan aturan operasi dua fungsi atau lebih
dalam masalah nyata, pemecahan masalah nyata yang terkait dengan fungsi
invers dan invers fungsi, penyelesaian masalah nyata yang terkait dengan
komposisi fungsi dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca mengenai pengertian fungsi dan
penerapan operasi aljabar pada
fungsi, sifat suatu fungsi dan teknik manipulasi aljabar dalam menentukan invers fungsi dan fungsi invers, sifat suatu fungsi hasil operasi dua atau lebih fungsi,
penerapan komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari, penerapan aturan
operasi dua fungsi atau lebih dalam masalah nyata, pemecahan masalah nyata
yang terkait dengan fungsi invers dan invers fungsi, penyelesaian masalah
nyata yang terkait dengan komposisi fungsi.
· Mengerjakan latihan
soal-soal yang terkait dengan pengertian fungsi dan penerapan operasi aljabar
pada fungsi, sifat suatu fungsi dan teknik manipulasi aljabar dalam
menentukan invers fungsi dan fungsi invers, sifat suatu fungsi hasil operasi
dua atau lebih fungsi, penerapan komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari,
penerapan aturan operasi dua fungsi atau lebih dalam masalah nyata, pemecahan
masalah nyata yang terkait dengan fungsi invers dan invers fungsi,
penyelesaian masalah nyata yang terkait dengan komposisi fungsi.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian yang terkait
dengan pengertian fungsi dan penerapan operasi aljabar pada fungsi, sifat
suatu fungsi dan teknik manipulasi aljabar dalam menentukan invers fungsi dan
fungsi invers, sifat suatu fungsi hasil operasi dua atau lebih fungsi,
penerapan komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari, penerapan aturan
operasi dua fungsi atau lebih dalam masalah nyata, pemecahan masalah nyata
yang terkait dengan fungsi invers dan invers fungsi, penyelesaian masalah
nyata yang terkait dengan komposisi fungsi.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XI.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
||
3.2
Memahami konsep
fungsi dan menerapkan operasi aljabar (penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan
pembagian) pada
fungsi
3.3
Menganalisis konsep dan sifat
suatu fungsi dan melakukan manipulasi aljabar dalam menentukan
invers fungsi
dan fungsi invers.
3.4
Memahami dan
menganalisis sifat
suatu fungsi sebagai
hasil operasi dua atau
lebih fungsi yang
lain.
3.5
Memahami konsep
komposisi fungsi dengan
menggunakan konteks sehari-hari dan menerapkannya.
|
|||||||
4.2
Mengolah
data masalah nyata dengan
menerapkan aturan
operasi dua fungsi atau lebih
dan menafsirkan nilai variabel yang digunakan
untuk memecahkan masalah.
4.3
Memilih
strategi yang
efektif
dan menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata terkait fungsi invers dan
invers fungsi.
4.4
Menrancang dan
mengajukan masalah
dunia nyata yang berkaitan
dengan komposisi fungsi
dan menerapkan
berbagai aturan dalam menyelesaikannya.
|
|||||||
2.1
Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2
Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Barisan dan Deret Tak Hingga
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian barisan dan
deret tak hingga sebagai fungsi dengan daerah asal himpunan bilangan asli,
dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian barisan
dan deret tak hingga, dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada pengertian barisan dan deret tak hingga, dan penerapannya
dalam penyelesaian masalah sederhana.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian barisan
dan deret tak hingga, dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang
sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian barisan dan deret tak hingga, dan cara
penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian barisan dan
deret tak hingga, dan cara penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana
dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
· Membaca mengenai
pengertian barisan dan deret tak hingga sebagai fungsi dengan daerah asal
himpunan bilangan asli, dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.
· Mengerjakan latihan
soal-soal yang terkait dengan pengertian barisan dan deret tak hingga, cara
penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
pengertian barisan dan deret tak hingga, dan penerapannya dalam penyelesaian
masalah sederhana.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XI.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
||
3.6
Memahami konsep
barisan tak hingga sebagai
fungsi dengan daerah asal
himpunan bilangan
asli.
|
|||||||
4.6
Menerapkan
konsep barisan
dan deret tak hingga dalam penyelesaian
masalah sederhana.
|
|||||||
2.1
Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2
Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Program
Linier
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian sistem persamaan
dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan penerapannya dalam pemecahan masalah
program linear, penerapan prosedur untuk
menyelesaikan
masalah program
linear yang terkait masalah
nyata, menentukan nilai optimum dengan menggunakan fungsi
selidik.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian sistem persamaan
dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan penerapannya dalam pemecahan masalah
program linear, penerapan prosedur untuk
menyelesaikan
masalah program
linear yang terkait masalah
nyata, menentukan nilai optimum dengan menggunakan fungsi
selidik.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada pengertian sistem persamaan dan pertidaksamaan
linier dua variabel dan penerapannya dalam pemecahan masalah
program linear, penerapan prosedur untuk
menyelesaikan
masalah program
linear yang terkait masalah
nyata, menentukan nilai optimum dengan menggunakan fungsi
selidik.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian
sistem persamaan
dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan penerapannya dalam pemecahan masalah
program linear, penerapan prosedur untuk
menyelesaikan
masalah program
linear yang terkait masalah
nyata, menentukan nilai optimum dengan menggunakan fungsi
selidik, kemudian menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian sistem persamaan
dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan penerapannya dalam pemecahan masalah
program linear, cara menerapkan
prosedur untuk
menyelesaikan
masalah program
linear yang terkait masalah
nyata, cara menentukan nilai optimum dengan menggunakan
fungsi selidik.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian sistem persamaan
dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan penerapannya dalam pemecahan masalah
program linear, cara menerapkan
prosedur untuk
menyelesaikan
masalah program
linear yang terkait masalah
nyata, cara menentukan nilai optimum dengan menggunakan
fungsi selidik dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca mengenai pengertian sistem persamaan
dan
pertidaksamaan linier dua variabel dan penerapannya dalam
pemecahan masalah
program linear, penerapan prosedur untuk
menyelesaikan
masalah program
linear yang terkait masalah
nyata, menentukan nilai optimum dengan menggunakan fungsi
selidik.
· Mengerjakan latihan
soal-soal yang terkait dengan
pengertian sistem persamaan
dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan penerapannya dalam pemecahan masalah
program linear, penerapan prosedur untuk
menyelesaikan
masalah program
linear yang terkait masalah
nyata, menentukan nilai optimum dengan menggunakan fungsi
selidik.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
pengertian sistem persamaan
dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan penerapannya dalam pemecahan masalah
program linear, penerapan prosedur untuk
menyelesaikan
masalah program
linear yang terkait masalah
nyata, menentukan nilai optimum dengan menggunakan fungsi
selidik.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XI.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
||
3.7
Memahami konsep
sistem persamaan dan pertidaksamaan
linier dua variabel dan menerapkannya dalam pemecahan masalah
program linear.
3.8
Menerapkan
prosedur yang sesuai
untuk menyelesaikan
masalah program
linear terkait
masalah nyata dan menganalisis kebenaran langkah-langkahnya.
3.9
Menganalisis bagaimana menilai
validitas argumentasi logis yang digunakan
dalam matematika yang sudah dipelajari
terkait pemecahan masalah
program linier.
|
|||||||
4.5
Merancang dan
mengajukan masalah
nyata
berupa masalah program linear, dan
menerapkan berbagai konsep dan
aturan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dan menentukan
nilai optimum dengan menggunakan
fungsi selidik yang ditetapkan.
|
|||||||
2.1
Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2
Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Hubungan Antar Garis
|
Mengamati
Membaca dan mengamati sifat dua garis sejajar dan
saling tegak
lurus, dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah, dan mengamati kurva-kurva yang melalui
beberapa titik
yang
membentuk garis lurus, garis-garis
sejajar, atau garis-garis
tegaklurus.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai sifat dua garis sejajar dan
saling tegak
lurus, dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah, dan bentuk garis
dari beberapa titik
yang
dilalui kurva-kurva.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur
yang
terdapat pada sifat dua garis sejajar dan
saling tegak
lurus, dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah, dan bentuk garis
dari beberapa titik
yang
dilalui kurva-kurva.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada sifat
dua garis sejajar dan
saling tegak lurus, dan penerapannya dalam
menyelesaikan masalah, dan bentuk garis
dari beberapa titik
yang
dilalui kurva-kurva, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai sifat dua garis sejajar dan
saling tegak
lurus, dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah, dan bentuk garis
dari beberapa titik
yang
dilalui kurva-kurva.
Mengomunikasikan
Menyampaikan sifat dua garis sejajar dan
saling tegak
lurus, dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah, dan bentuk garis
dari beberapa titik
yang
dilalui kurva-kurva. dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
· Membaca dan
mengamati sifat dua garis sejajar dan
saling tegak
lurus, dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah, dan mengamati kurva-kurva yang melalui
beberapa titik
yang
membentuk garis lurus, garis-garis
sejajar, atau garis-garis
tegaklurus.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai sifat dua garis sejajar dan
saling tegak
lurus, dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah, dan bentuk garis
dari beberapa titik
yang
dilalui kurva-kurva.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
sifat dua garis sejajar dan
saling tegak
lurus, dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah, dan bentuk garis
dari beberapa titik
yang
dilalui kurva-kurva.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XI.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
||
3.10 Menganalisis sifat dua
garis sejajar dan
saling tegak
lurus dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah.
|
|||||||
4.7
Menganalisis kurva-kurva yang melalui
beberapa titik
untuk menyimpulkan berupa garis lurus, garis-garis sejajar, atau garis-garis
tegaklurus.
|
|||||||
2.1
Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2
Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Persamaan Lingkaran
|
Mengamati
Membaca mengenai
pengertian persamaan lingkaran, penyelesaian masalah yang terkait dengan
persamaan dan garis lingkaran, mengamati kurva lingkaran, dan sifat garis
singgung lingkaran yang menggunakan metode koordinat.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian
persamaan lingkaran, penyelesaian masalah yang terkait dengan persamaan dan
garis lingkaran, kurva lingkaran, dan sifat garis singgung lingkaran yang
menggunakan metode koordinat.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada pengertian persamaan lingkaran, penyelesaian masalah yang
terkait dengan persamaan dan garis lingkaran, kurva lingkaran, dan sifat
garis singgung lingkaran yang menggunakan metode koordinat.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian persamaan
lingkaran, penyelesaian masalah yang terkait dengan persamaan dan garis
lingkaran, kurva lingkaran, dan sifat garis singgung lingkaran yang
menggunakan metode koordinat,
kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai
pengertian persamaan lingkaran, penyelesaian masalah yang terkait dengan
persamaan dan garis lingkaran, kurva lingkaran, dan sifat garis singgung
lingkaran yang menggunakan metode koordinat.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian persamaan
lingkaran, penyelesaian masalah yang terkait dengan persamaan dan garis
lingkaran, kurva lingkaran, dan sifat garis singgung lingkaran yang
menggunakan metode koordinat dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca mengenai
pengertian persamaan lingkaran, penyelesaian masalah yang terkait dengan
persamaan dan garis lingkaran, mengamati kurva lingkaran, dan sifat garis
singgung lingkaran yang menggunakan metode koordinat.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai persamaan lingkaran, penyelesaian masalah yang terkait
dengan persamaan dan garis lingkaran, kurva lingkaran, dan sifat garis
singgung lingkaran yang menggunakan metode koordinat.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
persamaan lingkaran, penyelesaian masalah yang terkait dengan persamaan dan
garis lingkaran, kurva lingkaran, dan sifat garis singgung lingkaran yang
menggunakan metode koordinat.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XI.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
||
3.11 Memahami konsep
persamaan lingkaran
dan
menganalisis sifat
garis singgung lingkaran
dengan menggunakan
metode koordinat.
3.12 Memahami konsep
dan kurva lingkaran
dengan titik pusat
tertentu dan menurunkan persamaan umum
lingkaran dengan
metode koordinat.
|
|||||||
4.8
Mengolah informasi dari suatu masalah nyata
, mengidentifikasi sebuah titik
sebagai pusat lingkaran yang melalui suatu
titik
tertentu, membuat model matematika berupa
persamaan
lingkaran
dan menyelesaikan
masalah tersebut.
4.9
Merancang dan
mengajukan masalah
nyata
terkait garis singgung lingkaran serta
menyelesaikannya dengan melakukan manipulasi aljabar dan
menerapkan
berbagai konsep lingkaran.
|
|||||||
2.1
Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2
Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Transformasi Geometri
|
Mengamati
Membaca dan mengamati sifat-sifat
transformasi geometri (translasi,
refleksi garis, dilatasi dan
rotasi) yang menggunakan pendekatan
koordinat dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah.
Menanya
Membuat pertanyaan sifat-sifat
transformasi geometri yang menggunakan pendekatan koordinat dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada sifat-sifat
transformasi geometri yang menggunakan pendekatan koordinat dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada sifat-sifat
transformasi geometri yang menggunakan pendekatan koordinat dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah,
kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai sifat-sifat
transformasi geometri yang menggunakan pendekatan koordinat dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah.
Mengomunikasikan
Menyampaikan sifat-sifat transformasi geometri
yang
menggunakan pendekatan
koordinat dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca dan
mengamati sifat-sifat
transformasi geometri (translasi,
refleksi garis, dilatasi dan
rotasi) yang menggunakan pendekatan
koordinat dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai sifat-sifat
transformasi geometri yang menggunakan pendekatan koordinat dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai sifat-sifat
transformasi geometri yang menggunakan pendekatan koordinat dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XI.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
||
3.13 Menganalisis sifat-sifat
transformasi geometri (translasi,
refleksi garis, dilatasi dan
rotasi) dengan pendekatan
koordinat dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah.
|
|||||||
4.10 Menyajikan objek kontekstual, menganalisis
informasi terkait sifat-sifat
objek dan menerapkan
aturan transformasi geometri (refleksi, translasi, dilatasi, dan rotasi)
dalam memecahkan masalah.
|
|||||||
2.1
Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2
Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Rumus-rumus Segitiga
|
Mengamati
Membaca aturan sinus dan
kosinus serta penerapannya dalam menentukan luas daerah segitiga.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai aturan sinus dan
kosinus serta penerapannya dalam menentukan luas daerah segitiga.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada aturan sinus dan kosinus serta penerapannya dalam menentukan luas daerah segitiga.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada aturan sinus dan
kosinus serta penerapannya dalam menentukan luas daerah segitiga,
kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat
dibuat kesimpulan mengenai aturan
sinus dan kosinus serta penerapannya
dalam menentukan luas daerah segitiga.
Mengomunikasikan
Menyampaikan aturan sinus dan
kosinus serta penerapannya dalam menentukan luas daerah segitiga dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca aturan sinus dan
kosinus serta penerapannya dalam menentukan luas daerah segitiga.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai aturan sinus dan kosinus serta penerapannya dalam menentukan luas daerah segitiga.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai aturan sinus dan
kosinus serta penerapannya dalam menentukan luas daerah segitiga.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XI.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
||
3.14 Memahami dan
menganalisis aturan sinus dan kosinus serta menerapkannya dalam
menentukan luas daerah segitiga.
|
|||||||
4.11 Merancang dan mengajukan masalah
nyata terkait luas segitiga
dan menerapkan aturan
sinus dan kosinus untuk menyelesaikannya.
|
|||||||
2.1
Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2
Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Statistika
|
Mengamati
Membaca dan mengamati cara menyajikan
dan mengolah data
statistik deskriptif
ke dalam tabel distribusi
dan histogram, pengertian ukuran pemusatan, letak
dan penyebaran.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai cara menyajikan
dan mengolah data
statistik deskriptif
ke dalam tabel distribusi
dan histogram, pengertian ukuran pemusatan, letak
dan penyebaran.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada cara menyajikan
dan mengolah data
statistik deskriptif
ke dalam tabel distribusi
dan histogram, pengertian ukuran pemusatan, letak
dan penyebaran.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada cara
menyajikan
dan mengolah data
statistik deskriptif
ke dalam tabel distribusi
dan histogram, pengertian ukuran pemusatan, letak
dan penyebaran,
kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara menyajikan
dan mengolah data
statistik deskriptif
ke dalam tabel distribusi
dan histogram, pengertian ukuran pemusatan, letak
dan penyebaran.
Mengomunikasikan
Menyampaikan cara menyajikan
dan mengolah data
statistik deskriptif
ke dalam tabel distribusi
dan histogram, pengertian ukuran pemusatan, letak
dan penyebaran dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca dan
mengamati cara menyajikan
dan mengolah data
statistik deskriptif
ke dalam tabel distribusi
dan histogram, pengertian ukuran pemusatan, letak
dan penyebaran.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai penyajian dan
pengolahan
data statistik deskriptif ke dalam tabel distribusi
dan histogram, pengertian ukuran pemusatan, letak
dan penyebaran.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyajian dan
pengolahan
data statistik deskriptif ke dalam tabel distribusi
dan histogram, pengertian ukuran pemusatan, letak
dan penyebaran.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XI.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
||
3.15 Memahami dan
menggunakan
berbagai ukuran pemusatan, letak
dan penyebaran
data
sesuai dengan
karakteristik
data melalui aturan
dan rumus serta menafsirkan dan
mengomunikasikannya.
|
|||||||
4.12 Menyajikan dan
mengolah data
statistik deskriptif
ke dalam tabel distribusi
dan histogram untuk memperjelas
dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kehidupan nyata.
|
|||||||
2.1
Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerja-sama, konsisten,
sikap disiplin, rasa percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2
Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku
jujur, tangguh mengadapi
masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas
belajar matematika.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Aturan Pencacahan
|
Mengamati
Membaca dan mengamati aturan pencacahan
(perkalian, permutasi, dan kombinasi) dan penerapannya dalam pemecahan
masalah nyata, ruang sampel. peluang, dan harapan munculnya suatu kejadian
pada penerapan masalah nyata.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai aturan
pencacahan dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata, ruang sampel.
peluang, dan harapan munculnya suatu kejadian pada penerapan masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada aturan pencacahan dan penerapannya dalam pemecahan masalah
nyata, ruang sampel. peluang, dan harapan munculnya suatu kejadian pada
penerapan masalah nyata.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada aturan
pencacahan dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata, ruang sampel.
peluang, dan harapan munculnya suatu kejadian pada penerapan masalah nyata, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang
sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai aturan pencacahan dan penerapannya dalam pemecahan
masalah nyata, ruang sampel. peluang, dan harapan munculnya suatu kejadian
pada penerapan masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan aturan pencacahan dan
penerapannya dalam pemecahan masalah nyata, ruang sampel. peluang, dan
harapan munculnya suatu kejadian pada penerapan masalah nyata dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca dan
mengamati aturan pencacahan (perkalian, permutasi, dan kombinasi) dan
penerapannya dalam pemecahan masalah nyata, ruang sampel. peluang, dan
harapan munculnya suatu kejadian pada penerapan masalah nyata.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai aturan pencacahan dan penerapannya dalam pemecahan masalah
nyata, ruang sampel. peluang, dan harapan munculnya suatu kejadian pada
penerapan masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
aturan pencacahan dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata, ruang
sampel. peluang, dan harapan munculnya suatu kejadian pada penerapan masalah
nyata.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XI.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
||
3.16 Memahami dan
menerapkan berbagai aturan pencacahan
melalui
beberapa contoh nyata serta menyajikan alur
perumusan aturan pencacahan
(perkalian, permutasi
dan kombinasi) melalui diagram atau cara lainnya.
3.17 Menerapkan
berbagai konsep dan
prinsip permutasi dan kombinasi dalam pemecahan masalah
nyata.
3.18 Memahami
konsep ruang sampel dan menentukan peluang suatu
kejadian dalam suatu percobaan.
3.19 Memahami
dan menerapkan aturan/rumus peluang dalam
memprediksi terjadinya suatu
kejadian dunia nyata serta
menjelaskan alasan- alasannya.
3.20 Memahami konsep
peluang dan harapan
suatu kejadian dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
|||||||
4.13 Memilih dan menggunakan aturan pencacahan
yang sesuai
dalam pemecahan masalah
nyata serta memberikan
alasannya.
4.14 Mengidentifikasi masalah nyata dan menerapkan aturan
perkalian, permutasi, dan
kombinasi dalam pemecahan masalah
tersebut.
4.15 Mengidentifikasi, menyajikan
model matematika dan menentukan
peluang dan harapan
suatu
kejadian dari masalah
kontektual.
|
|||||||
2.1
Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2
Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Turunan
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian, aturan dan
sifat turunan fungsi aljabar, fungsi naik dan fungsi turun, dan penerapannya
untuk menentukan gradien garis singgung kurva, garis tangen, garis normal,
dan titik stasioner, dan pemecahan masalah yang terkait dengan nilai stasioner.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian,
aturan dan sifat turunan fungsi aljabar, fungsi naik dan fungsi turun, dan
penerapannya untuk menentukan gradien garis singgung kurva, garis tangen,
garis normal, dan titik stasioner, dan pemecahan masalah yang terkait dengan
nilai stasioner.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada pengertian, aturan dan sifat turunan fungsi aljabar,
fungsi naik dan fungsi turun, dan penerapannya untuk menentukan gradien garis
singgung kurva, garis tangen, garis normal, dan titik stasioner, dan
pemecahan masalah yang terkait dengan nilai
stasioner.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian,
aturan dan sifat turunan fungsi aljabar, fungsi naik dan fungsi turun, dan
penerapannya untuk menentukan gradien garis singgung kurva, garis tangen,
garis normal, dan titik stasioner, dan pemecahan masalah yang terkait dengan
nilai stasioner, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian, aturan dan sifat turunan fungsi aljabar, fungsi
naik dan fungsi turun, dan penerapannya untuk menentukan gradien garis
singgung kurva, garis tangen, garis normal, dan titik stasioner, dan
pemecahan masalah yang terkait dengan nilai
stasioner.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, aturan dan
sifat turunan fungsi aljabar, fungsi naik dan fungsi turun, dan penerapannya
untuk menentukan gradien garis singgung kurva, garis tangen, garis normal,
dan titik stasioner, dan pemecahan masalah yang terkait dengan nilai stasioner dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca mengenai
pengertian, aturan dan sifat turunan fungsi aljabar, fungsi naik dan fungsi
turun, dan penerapannya untuk menentukan gradien garis singgung kurva, garis
tangen, garis normal, dan titik stasioner, dan pemecahan masalah yang terkait
dengan nilai stasioner.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai pengertian, aturan dan sifat turunan fungsi aljabar,
fungsi naik dan fungsi turun, dan penerapannya untuk menentukan gradien garis
singgung kurva, garis tangen, garis normal, dan titik stasioner, dan pemecahan
masalah yang terkait dengan nilai
stasioner.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
pengertian, aturan dan sifat turunan fungsi aljabar, fungsi naik dan fungsi
turun, dan penerapannya untuk menentukan gradien garis singgung kurva, garis
tangen, garis normal, dan titik stasioner, dan pemecahan masalah yang terkait
dengan nilai stasioner.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XI.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
||
3.21 Memahami konsep
turunan dengan
menggunakan konteks matematik
atau konteks lain dan menerapkannya.
3.22 Menurunkan aturan dan
sifat
turunan fungsi aljabar dari aturan dan
sifat limit fungsi.
3.23 Memilih dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah dunia nyata dan matematika yang melibatkan
turunan dan memeriksa kebenaran
langkah-langkahnya.
3.24 Memahami konsep
turunan dan menggunakannya untuk
menganalisis grafik
fungsi dan menguji sifat-sifat yang dimiliki untuk mengetahui
fungsi
naik dan fungsi turun.
3.25 Menerapkan
konsep dan sifat
turunan fungsi untuk menentukan
gradien garis
singgung kurva,
garis
tangen, dan garis
normal.
3.26 Memahami konsep
dan sifat turunan fungsi terkait dan menerapkannya untuk menentukan titik stasioner
(titik maximum, titik minimum dan
titik belok).
3.27 Menganalisis bentuk model matematika berupa
persamaan fungsi, serta menerapkan
konsep dan sifat turunan fungsi dalam
memecahkan
masalah maximum dan minimum.
|
|||||||
4.16 Memilih strategi yang efektif dan
menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata tentang turunan fungsi aljabar.
4.18 Memilih strategi yang efektif dan
menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata tentang fungsi naik
dan fungsi
turun.
4.19 Merancang dan mengajukan masalah
nyata serta menggunakan konsep dan
sifat turunan fungsi
terkait dalam
titik stasioner (titik maximum, titik minimum
dan titik belok).
4.20 Menyajikan data
dari
situasi nyata, memilih
variabel dan mengomunikasikannya dalam bentuk
model matematika berupa
persamaan
fungsi, serta menerapkan konsep dan
sifat turunan fungsi dalam memecahkan masalah
maximum dan minimum.
|
|||||||
2.1
Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2
Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
|
Integral
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian integral
tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan
sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian
integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi, aturan
dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai
kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan
penerapannya dalam pemecahan masalah nyata.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian
integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi, aturan
dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang
sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai
kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan
penerapannya dalam pemecahan masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian integral tak
tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat
integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata dengan
lisan, dan tulisan.
|
Tugas
· Membaca mengenai
pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan
fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan
masalah nyata.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai pengertian integral tak tentu suatu fungsi, aturan dan
sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
pengertian integral tak tentu suatu fungsi, aturan dan sifat integral tak
tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XI.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
||
3.28 Memahami konsep
integral tak tentu suatu fungsi sebagai
kebalikan dari
turunan fungsi.
3.29 Menurunkan aturan dan
sifat
integral tak tentu dari aturan dan sifat
turunan
fungsi.
|
|||||||
4.17 Memilih strategi yang
efektif
dan menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata tentang integral
tak tentu dari
fungsi aljabar.
|
|||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar