Selasa, 17 Desember 2019

RPP Materi Transformasi Kelas XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMA Negeri 2 Lahat
Kelas/Semester                       : XI/1
Mata Pelajaran                        : Matematika
Materi Pokok                          : Transformasi
Alokasi Waktu                        : 4 x 45

A.  Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.5 Menganalisis dan membandingkan transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan matriks
3.5.1 Menjelaskan Definisi Transformasi
3.5.2 Menyebutkan Definisi Komposisi Transformasi
3.5.3 Membedakan antara Transformasi dan Komposisi Transformasi
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi dan rotasi)


4.5.1 Menentukan bayangan dari suatu titik oleh suatu titik translasi
4.5.2 Menentukan persamaan garis lurus yang dihasilkan oleh suatu translasi
4.5.3.Menentukan koordinat bayangan hasil refleksi terhadap sumbu kordinat kartesius
4.5.4 Menentukan suatu bayangan yang dicerminkan terhadap suatu garis 
4.5.5 Menentukan suatu bayangan yang dihasilkan oleh didilatasi dengan skala tertentu
4.5.6 Menentukan hasil rotasi suatu titik yang dirotasi sebesar dengan titik pusat tertentu
4.5.7 Menyelesaikan Persamaan bayangan yang di Transformasi dan dilanjutkan oleh suatu Transformasi lagi


B.  Tujuan Pembelajaran
Nomor Indikator
Tujuan Pembelajaran
3.5.1
Siswa  dapat menjelaskan Definisi Transformasi
3.5.2
Siswa dapat Membedakan antara Transformasi dan Komposisi Transformasi
3.5.3
Siswa dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan transformasi Geometri
3.5.4
Siswa dapat Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan transformasi Geometri
4.5.1
Siswa dapat Menentukan bayangan dari suatu titik oleh suatu titik translasi
4.5.2
Siswa dapat Menentukan persamaan garis lurus yang dihasilkan oleh suatu translasi
4.5.3
Siswa dapat Menentukan koordinat bayangan hasil refleksi terhadap sumbu kordinat kartesius
4.5.4
Siswa dapat Menentukan suatu bayangan yang dicerminkan terhadap suatu garis 
4.5.5
Sswa dapat Menentukan suatu bayangan yang dihasilkan oleh didilatasi dengan skala tertentu
4.5.6
Siswa dapat Menentukan hasil rotasi suatu titik yang dirotasi sebesar dengan titik pusat tertentu
4.5.7
Siswa dapat Menyelesaikan Persamaan bayangan yang di Transformasi dan dilanjutkan oleh suatu Transformasi lagi


C.  Materi Pembelajaran
1.    Definisi Transformasi
2.    Jenis-Jenis Transformasi
3.    Menentukan bayangan dari Suatu Transformasi
4.    Definisi Komposisi Transformasi


D. Metode Pembelajaran
     1. Pendekatan                     : Saintifik
     2. Model Pembelajaran      : Cooperatif Learning
     3. Metode                           : Diskusi, Tanya Jawab dan Penugasan


E. Alat/Media/Bahan
1. Alat/media       : Laptop dan LCD Proyektor
2. Bahan ajar       : Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Buku Matematika pegangan  
guru, Buku Matematika pegangan siswa dan Internet


F. Kegiatan Pembelajaran      
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Fase
Kegiatan
Pendahuluan
(10 Menit)





1. Siswa Mengingat kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
3. Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran  serta metode yang akan dilaksanakan
4. Melaksanakan pre tes tentang definisi transformasi, translasi dan refleksi
Inti
(65 menit)
Mengamati
1.   Siswa mengamati dan mencermati gambar  dan masalah yang disiapkan tentang translasi dan refleksi
2.  Siswa  memperhatikan karakteristik gambar dan masalah yang disajikan.

Menanya
1.  Siswa melakukan diskusi  (antar siswa  dalam satu kelompok atau diluar kelompok, dan/atau guru)  tentang karakteristik gambar dan masalah yang diamati.
2.  Siswa  diarahkan untuk membuat pertanyaan dan mempertanyakan tentang hal-hal yang belum diketahui dari apa yang diamati untuk ditindaklanjuti pada kegiatan mencari informasi

Menalar



1.  Siswa mencari contoh lain permasalahan nyata yang berkaitan dengan translasi dan refleksi
2.  Melalui pengamatan literatur, siswa  melakukan eksplorasi sifat-sifat translasi dan refleksi
3.  Setiap kelompok mendeskripsikan pengertian tentang transformasui,translasi dan refleksi
Mencoba
1.  Dari berbagai gambar dan masalah yang dapat dinyatakan dalam bidang kartesius, siswa menyimpulkan tentang translasi dan  refleksi
2.  Siswa  menyimpulkan hubungan antara translasi dengan objek yang ditranslasikan dan refleksi dengan objek yang direfleksikan dalam bentuk presentasi.
3.  Siswa menyimpulkan sifat-sifat trnaslasi dan refleksi
4.  Siswa  melakukan aktifitas  dan merumuskan kesimpulan dengan bimbingan dari Guru
Mengomunikasikan
1.  Siswa menyampaikan kesimpulan tentang pengertian translasi dan refleksi dalam bentuk presentasi
2.  Siswa  menyimpulkan hubungan antara translasi dengan objek yang ditranslasikan dan refleksi dengan objek yang direfleksikan dalam bentuk presentasi.
3.  Siswa menyimpulkan sifat-sifat translasi dan  refleksi dengan presentasi
4.  Siswa mendapatkan penguatan kesimpulan dari apa yang telah siswa simpulakan sebelumnya
5.  Siswa dinilai oleh Guru melalui  kemampuan siswa dalam berkomunikasi lisan
Penutup
(15 menit)

1. Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2.  Siswa  merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.  Siswa saling memberikan umpan balik hasil translasi dan refleksi yang dilakukan
4.  Siswa mendapatkan tugas mandiri dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan translasi dan refleksi
5.  Melaksanakan postes
6.  Siswa mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
    
Pertemuan Kedua      
Kegiatan
Fase
Kegiatan
Pendahuluan
(10 Menit)





1. Siswa Mengingat kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
3. Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran  serta metode yang akan dilaksanakan
4. Melaksanakan pre tes tentang dilatasi,rotasi dan komposisi transformasi
Inti
(70 menit)
Mengamati
1. Siswa Mengamati dan mencermati gambar dan masalah yang diberikan tentang dilatasi,rotasi dan komposisi transformasi
2. Siswa memperhatikan karakteristik dari gambar yang diberikan tentang dilatasi,rotasi dan komposisi transformasi
3. Siswa mengamati permasalahan mengenai dilatasi,rotasi dan komposisi transformasi apa saja yang diketahui dari masalah tersebut

Menanya

1. Siswa mendiskusikan tentang masalah yang mereka dapatkan untuk di bahas secara bersama-sama
2. Siswa menanyakan hal yang belum dipahami guna untuk mencari informasi selanjutnya
Menalar
1.  Siswa mencari contoh lain yang berkaitan dengan dilatasi, rotasi dan komposisi transformasi
2.  Melalui pengamatan literatur, siswa  melakukan eksplorasi sifat-sifat dilatasi dan rotasi
3.  Setiap kelompok mendeskripsikan pengertian komposisi transformasi, dilatasi dan rotasi
Mencoba
Setiap siswa mencoba untuk menyelesaikan masalah yang mereka dapatkan untuk kemudian dibahas secara bersama
2. Siswa mencoba untuk menyimpulkan hasil dari diskusinya secara generalisasi
Mengomunikasikan
1. Siswa menyampaikan /menjelaskan hasil diskusi yang ia dapatkan kepada teman-temannya yang lain sehingga teman-temannya yang lain juga memahami materi tersebut
2. Siswa yang lain akan diminta untuk mengkomunikasikan kembali apa yang disampaikan oleh temannya
3.  Siswa mendapatkan penguatan kesimpulan dari apa yang telah siswa simpulakan sebelumnya
4. Siswa dinilai oleh Guru melalui  kemampuan siswa dalam berkomunikasi lisan
Penutup
(10 menit)

1. Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.  Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.  Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
4. Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
5.  Siswa mendapatkan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan dilatasi,rotasi dan kompisisi transformasi
6. Siswa mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya


G. Penilaian
1.      Jenis /teknik  penilaian: tes lisan dan tulisan
Penilaian proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Ketelitian
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan (terlampir)
-
2.
Kejujuran
3.
Kemandirian
4.
Rasa ingin tahu
5.
Tanggung jawab
Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Siswa dapat Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan transformasi dan komposisi transformasi
Tes Tertulis
Penugasan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Translasi,Refleksi,Rotasi dan Dilatasi

2.      Instrumen penilaian sikap,pengetahuan dan keterampilan (terlampir pada lampiran 2)
3.      Pedoman penskoran (terlampir pada lampiran 3)

    Mengetahui                                                             Lahat,     Februari 2017
  Kepala Sekolah                                                          Guru Mata Pelajaran



............................                                                             Yurika Mariani
NIP.                                                                                        NIM. 06081181520024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar