Silabus
Sekolah : SMP ......................
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : VII
/ Satu
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Tes
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1
Menjelaskan danmenentukan urutanpada
bilangan bulat(positif dan negatif)dan pecahan (biasa,campuran, desimal,
persen)
3.2
menjelaskan danmelakukan operasihitung
bilangan bulatdan pecahan dengan
memanfaatkanberbagai sifatoperasi
3.3
Menjelaskan danmenentukanrepresentasi
bilangandalam bentukbilangan berpangkatbulat positif dannegatif
4.1
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan
denganurutan beberapabilangan bulat danpecahan (biasa,campuran, desimal,
persen)
4.2
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan
denganoperasi hitungbilangan bulat danpecahan
4.3
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan
denganbilangan dalambentuk bilanganberpangkat bulatpositif dan negatif
|
Bilangan Bulat dan Pecahan
§ Membandingkan
bilangan bulat dan pecahan
§ Mengurutkan
bilangan bulat dan pecahan
§ Operasi
dan sifat-sifat operasi hitung ilangan
bulat dan pecahan
§ Mengubah
bentuk bilangan pecahan
§ Bilangan
Asli
§ Bilangan
Bulat
§ Bilangan
Prima
§ Bilangan
Persegi
§ Kelipatan
bilangan
§ Faktor
persekutuan terbesar
§ Kelipatan
persekutuan terkecil
§ Menyatakan
bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif
§ Kelipatan
persekutuan terkecil (KPK)
§ Faktor
persekutuan terbesar (FPB)
§ Menyatakan
bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif
§ Kelipatan
persekutuan terkecil (KPK)
§ Faktor
persekutuan terbesar (FPB)
|
§ Mencermati
permasalahan sehari hari yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat,
Misal: zona pembagian waktu berdasarkan GMT (Greenwich Meredian Time), hasil
pengukuran suhu dengan termometer, kedalaman di bawah permukaan laut,
ketinggian gedung, pohon atau daratan
§ Mencermati
urutan bilangan, sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat, kelipatan
persekutuan dan faktor persekutuan serta penerapannya
§ Mencermati
permasalahan seharihari yang berkaitan dengan penggunaan pecahan. Misal:
pembagian potongan kue, potongan buah, potongan gambar, potongan selembar
kain/kertas, pembagian air dalam gelas, dan sebagainya
§ Mengumpulkan
informasi tentang KPK dan FPB serta dua teknik menemukannya (pohon faktor dan
pembagian bersusun)
§ Mengumpulkan
informasi tentang bagaimana menyatakan bilangan dalam bentuk pangkat bulat
§ Mengumpulkan
informasi tentang sifat-sifat penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat,
perkalian dan pembagian pada bilangan bulat dan pecahan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran tentang perbandingan bilangan
bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian
bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan
pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan, dan bilangan rasional
§ Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan bilangan bulat, penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan
dan factor bilangan bulat, perbandingan bilangan pecahan, pengali dan pembagi
bilangan pecahan, dan bilangan rasional
|
3.1.1 Membandingkan
bilangan bulat dan pecahan
3.1.2 Menjelaskan
urutan pada bilangan bulat dan pecahan
3.2.1 Menjelaskan operasi
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
3.2.2 Menjelaskan operasi
perkalian dan pembagian bilangan bulat
3.2.3 Menjelaskan
cara membandingkan bilangan pecahan
3.2.4 Menjelaskan Penjumlahan
dan Pengurangan Bilangan Pecahan
3.2.5 Menjelaskan
Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan
3.1.1 Menjelaskan Bilangan Berpangkat Bulat Positif
3.1.2 Menjelaskan Kelipatan
Persekutuan Terkecildan Faktor Persekutuan Terbesar
4.1.1 Menentukan bilangan
bulat dan pecahan dengan benar
4.1.2 Menentukan
urutan bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
4.2.1 Menentukan
hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
4.2.2
Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian
bilangan bulat
4.2.3
Menentukan hasil membandingkan bilangan pecahan
4.2.4
Menentukan operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan
4.2.5
Menentukan operasi Perkalian dan Pembagian
Bilangan Pecahan
4.3.1 Menentukan
hasil operasi Bilangan Berpangkat Bulat Positif
4.3.2
Menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil dan
Faktor Persekutuan Terbesar
|
Tes Tertulis
Projek
|
Essai
Laporan
|
20 Jp
|
Buku Siswa,
Buku Guru
LKS
dan internet
|
|
3.4
Menjelaskanhimpunan, himpunanbagian, himpunansemesta,
himpunankosong, komplemenhimpunan danmelakukan operasibiner pada
himpunanmenggunakanmasalah kontekstual
4.4
Menyelesaikanmasalah kontekstualyang
berkaitandengan himpunan,himpunan bagian,himpunan semesta,himpunan
kosong,komplemen
himpunan danoperasi biner padahimpunan
|
Himpunan
§ Menyatakan
himpunan
§ Himpunan
bagian, kosong, semesta
§ Hubungan
antar himpunan
§ Operasi
pada himpunan
§ Komplemen
himpunan
|
§ Mengamati
penggunaan himpunan dalam kehidupan sehari-hari. Misal: kumpulan hewan,
tumbuhan, buah-buahan, kendaraan bermotor, alat tulis, suku-suku yang ada di
Indonesia
§ Mencermati
permasalahan yang berkaitan dengan himpunan bagian, himpunan semesta,
himpunan kosong, anggota himpunan, himpunan kuasa, kesamaan dua himpunan,
irisan antar himpunan, gabungan antar himpunan, komplemen himpunan, selisih, dan sifat-sifat operasi
himpunan
§ Mengumpulkan
informasi mengenai sifat identitas, sifat komutatif, sifat asosiatif, dan
sifat distributif pada himpunan
§ Menyajikan
hasil pembelajaran tentang himpunan dan sifat- sifat operasi himpunan
§ Memecahkan
masalah yang terkait dengan himpunan dan sifat-sifatnya
|
3.4.1 Menyatakan
masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
3.4.2 Menyebutkan
anggota dan bukan anggota himpunan;
3.4.3 Menyatakan
himpunan kosong
3.4.4 Menyatakan himpunan semesta dari suatu
himpunan
3.4.5 Menggambar
diagram Venn dari suatu himpunan
3.4.6 Membaca
diagram Venn dari suatu himpunan
3.4.7 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan diagram Venn
3.4.8 Menyatakan
kardinalitas dari suatu himpunan
3.4.9 Menyebutkan
himpunan bagian dari suatu himpunan
3.4.10
Menyatakan himpunan kuasa dari suatu himpunan
3.4.11 Menyatakan
kesamaan dari suatu himpunan
3.4.12
Menyatakan irisan dari dua himpunan
3.4.13
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan irisan dua himpunan
3.4.14
Menyatakan gabungan dari dua himpunan
3.4.15
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan gabungan dari dua himpunan
3.4.16
Menyatakan komplemen dari suatu himpunan
3.4.17
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan komplemen dari suatu himpunan
3.4.18
Menyatakan selisih dari dua himpunan
3.4.19
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan selisih dari dua himpunan
3.4.20
Menyatakan sifat-sifat dari operasi himpunan
3.4.21
Penggunaan himpunan dalam masalah kontekstual
3.4.22
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan operasi himpunan
4.4.1 Menyajikan
himpunan dengan menyebutkan anggotanya
4.4.2 Menyajikan
himpunan dengan menuliskan sifat yang dimilikinya
4.4.3 Menyajikan
himpunan dengan notasi pembentuk himpunan
|
Tes Tertulis
Projek
|
Essai
Laporan
|
20 Jp
|
Buku Siswa,
Buku Guru
LKS
dan internet
|
|
3.5
Menjelaskan bentukaljabar danmelakukan
operasipada bentuk aljabar(penjumlahan,pengurangan,perkalian, danpembagian)
4.5
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan
denganbentuk aljabar danoperasi pada bentukaljabar
|
Bentuk Aljabar
§ Menjelaskan
koefesien, variabel, konstanta, dan suku pada bentuk aljabar
§ Operasi
hitung bentuk aljabar
§ Penyederhanaanbentuk
aljabar
|
§ Mencermati
masalah sehari- hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep bentuk aljabar
Mencermati bentuk aljabar dari
berbagai model bentuk, penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang
disajikan, cara menyederhanakan bentuk aljabar
§ Menyajikan
hasil pembelajaran tentang bentuk aljabar, operasi hitung aljabar, dan
penyederhanaan bentuk aljabar
§ Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar, operasi bentuk aljabar, serta
penyederhanaan bentuk aljabar
|
3.5.1 Mengenal
bentuk aljabar
3.5.2 Mengidentifikasi
unsur-unsur bentuk aljabar
3.5.3
Menjelaskan
operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
3.5.4
Menjelaskan
operasi Perkalian Bentuk
Aljabar
3.5.5
Menjelaskan operasi
Pembagian Bentuk
Aljabar
4.5.1
Menentukan
bentuk aljabar
4.5.2 Menyelesaikan operasi penjumlahan dan
pengurangan bentuk aljabar
4.5.3 Menyelesaikan
operasi perkalian bentuk aljabar
4.5.4 Menyelesaikan
operasi pembagian bentuk aljabar
4.5.5 Menyajikan
permasalahan nyata dalam bentuk aljabar
4.5.6 Menyelesaikan
bentuk aljabar dalam masalah nyata
4.5.7 Menyelesaikan
masalah kontesktual pada operasi bentuk aljabar
4.5.8 Menyelesaikan
masalah nyata pada operasi bentuk aljabar
|
Tes Tertulis
Projek
|
Essai
Laporan
|
20 Jp
|
Buku Siswa,
Buku Guru
LKS
dan internet
|
|
3.6
Menjelaskanpersamaan
danpertidaksamaanlinear satu variable dan penyelesaiannya
4.6
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan
denganpersamaan danpertidaksamaanlinear satu variabel
|
Persamaan dan Pertidaksamaan
Linear Satu Variabel
§ Pernyataan
§ Kalimat
terbuka
§ Penyelesaian
persamaan linear satu variabel dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
§ Mencermati
permasalahan seharihari yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel.
Misal: panas benda dengan ukuran panjang, kecepatan dan jarak tempuh
§ Mengumpulkan
informasi penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
melalui manipulasi aljabar untuk menentukan bentuk paling sederhana
§ Menyajikan
hasil pembelajaran tentang persamaan linear satu variabel, bentuk setara
persamaan linear satu variabel, dan konsep pertidaksamaan
§ Memecahkan
masalah tentang persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
3.6.1 Memahami
Konsep Persamaan Linear Satu Variabel
3.6.2
Memahmi
Persamaan Menggunakan Penjumlahan atau Pengurangan
3.6.3
Memahami Persamaan Menggunakan Perkalian atau
Pembagian
3.6.4
Memahami Konsep
Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
3.6.5
Memahami
Masalah Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
4.6.1 Menentukan
nilai variabel dalam persamaan linear satu variabel.
4.6.2 Menentukan Persamaan Menggunakan Penjumlahan
atau Pengurangan
4.6.3 Menentukan Persamaan Menggunakan Perkalian atau
Pembagian
4.6.4 Menentukan
nilai variabel dalam pertidaksamaan linear satu variabel.
4.6.5 Mengubah
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel menjadi model matematika.
4.6.6 Menyelesaikan
masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel.
|
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMPN 39 Bandung
Drs.H.Agus Komar,MM Siti Zenab N, S.Pd.
NIP.195909131979031002
NIP. 196710181990012001
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : VII
/ Dua
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Tes
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.7
Menjelaskan rasiodua besaran(satuannya sama
danberbeda)
3.8
Membedakanperbandingan senilaidan berbalik
nilaidenganmenggunakan tabledata, grafik, dan
persamaan
4.7
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan
denganrasio dua besaran(satuannya sama danberbeda)
4.8
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan
denganperbandingan senilaidan berbalik nilai
|
Perbandingan
§ Membandingan
dua besaran
§ Perbandingan
senilai
§ Perbandingan
berbalik nilai
|
§ Mencermati
permasalahan sehari hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep rasio
atau perbandingan. Misal: peta,
denah, maket, foto, komposisi bahan
makanan pada resep, campuran minuman, dan komposisi obat pada resep obat
§ Mengumpulkan
informasi tentang model matematika dari konsep perbandingan sebagai hubungan
fungsional antara suatu besaran dengan besaran lain berbentuk perbandingan
senilai, perbandingan berbalik nilai
§ Mengumpulkan
informasi mengenai strategi menyelesaikan masalah nyata yang melibatkan
konsep perbandingan
§ Menyajikan
hasil pembelajaran perbandingan senilai dan berbalik nilai
§ Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan perbandingansenilai den berbalik nilai
|
3.7.1
Memahami .perbandingan dua besaran
3.7.2 Menjelaskan Perbandingan
Dua Besaran dengan Satuan yang Berbeda
3.8.1
Memahami Masalah yang Terkait dengan Perbandingan
Senilai
3.8.2 Memahami Masalah
Perbandingan Senilai pada Peta dan Model
3.8.3 Memahami
Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Berbalik Nilai
4.7.1
Menentukan perbandingan dua besaran
4.7.2 Menentukan
Perbandingan Dua Besaran dengan Satuan yang Berbeda
4.8.1
Menyelesaikan Masalah yang Terkait dengan
Perbandingan Senilai
4.8.2 Menyelesaikan
Masalah Perbandingan Senilai pada Peta dan Model
4.8.3 Menyelesaikan
Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Berbalik Nilai
|
Tes Tertulis
Projek
|
Essai
Laporan
|
15 Jp
|
Buku Siswa,
Buku Guru
LKS
dan internet
|
|
3.9
Mengenal danmenganalisisberbagai
situasiterkait aritmetikasocial
(penjualan,pembelian,potongan,keuntungan,kerugian,
bungatunggal,persentase,bruto, neto, tara)
4.9
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan
denganaritmetika social(penjualan,pembelian,potongan,keuntungan,kerugian,
bungatunggal, persentase,bruto, neto, tara)
|
Aritmetika Sosial
§ Harga
penjualan dan pembelian
§ Keuntungan,
kerugian, dan impas
§ Persentase
untung dan rugi
§ Diskon
§ Pajak
§ Bruto, tara,
dan netto
§ Bunga tunggal
|
§ Mencermati
kegiatan-kegiatan sehari-hari berkaitan dengan transaksi jual beli, kondisi
untung, rugi, dan impas
§ Mencermati
cara menentukan diskon dan pajak dari
suatu barang
§ Mengamati
konteks dalam kehidupan di sekitar yang terkait dengan bruto, netto, dan tara
§ Mengumpulkan
informasi tentang cara melakukan manipulasi aljabar terhadap permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan artimetika social
§ Menyajikan
hasil pembelajaran tentang aritmetika
social
§ Memecahkan
masalah yangberkaitan dengan aritmetika sosial
|
3.9.1
Memahami Keuntungan dan Kerugian
3.9.2 Memahami
Bunga Tunggal
3.9.3 Memahami Bruto,
Neto, dan Tara
4.9.1
Menentukan Keuntungan dan Kerugian
4.9.2 Menentukan
Bunga Tunggal
4.9.3 Menentukan
Bruto, Neto, dan Tara
|
Tes Tertulis
Projek
|
Essai
Laporan
|
15 Jp
|
Buku Siswa,
Buku Guru
LKS
dan internet
|
|
3.10
Menganalisishubungan antarsudut sebagai
akibatdari dua garis sejajaryang dipotong olehgaris transversal
4.10
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan
denganhubungan antarsudut sebagai akibatdari dua garis sejajaryang dipotong olehgaris
transversal
|
Garis dan Sudut
§ Garis
§ Kedudukan
garis
§ Membagi garis
§ Perbandingan
ruas garis
§ Pengertian
sudut
§ Jenis-jenis
sudut
§ Hubungan
antar sudut
§ Melukis sudut
|
§ Mencermati
model gambar atau objek yang menyatakan titik, garis, bidang, atau sudut
§ Mencermati
permasalahan sehari hari yang berkaitan dengan penerapan garis dan sudut
§ Mencermati
kedudukan dua garis, jenis-jenis sudut, hubungan antar sudut
§ Mencermati
sudut-sudut yang terbentuk dari dua garis yang dipotong oleh garis
transversal
§ Mencermati cara
melukis dan membagi sudut menggunakan jangka
§ Menyajikan
hasil pembelajaran tentang garis dan sudut
§ Memecahkan
masalah yangberkaitan dengan garis dan sudut
|
3.10.1 Menjelaskan
Hubungan Antar Garis
3.10.2 Memahami Membagi
Ruas Garis Menjadi Beberapa Bagian Sama Panjang
3.10.3 Memahami Sudut
3.10.4 Menjelaskan Hubungan
Antar Sudut
3.10.5 Menjelaskan
cara Melukis Sudut Istimewa
4.10.1 Menentuka
Hubungan Antar Garis
4.10.2 Menentukan
cara Membagi Ruas Garis Menjadi Beberapa Bagian Sama Panjang
4.10.3 Menentukan Sudut
4.10.4 Menentukan Hubungan
Antar Sudut
4.10.5 Melukis Sudut
Istimewa
|
Tes Tertulis
Projek
|
Essai
Laporan
|
15 Jp
|
Buku Siswa,
Buku Guru
LKS
dan internet
|
|
3.11
Mengaitkan rumuskeliling dan luasuntuk
berbagai jenissegiempat (persegi,persegipanjang,belahketupat, jajargenjang,
trapezium,dan layang-layang)dan segitiga
4.11
Menyelesaikanmasalah kontekstualyang
berkaitandengan luas dankeliling segiempat
(persegi,persegipanjang,belahketupat,
jajargenjang, trapezium,dan layang-layang)dan segitiga
|
Bangun Datar (Segi empat dansegitiga)
§ Pengertian
segi empat dan segitiga
§ Jenis-jenis
dan sifat-sifat bangun datar
§ Keliling dan
luas segi empat dan segitiga
§ Menaksir luas
bangun dataryang tak beraturan
|
§ Mencermati
benda di lingkungan sekitar berkaitan dengan bentuk segitiga dan segi empat
§ Mengumpulkan
informasi tentang unsur-unsur pada segi empat dan segitiga
§ Mengumpulkan
informasi tentang jenis, sifat dan karakteristik segitiga dan segi empat
berdasarkan ukuran dan hubungan antar sudut dan sisi-sisi
§ Mengumpulkan
informasi tentang rumus keliling dan luas segi empat dan segitiga melalui
pengamatan atau eksperimen
§ Mengumpulkan
informasi tentang cara menaksir luas bangun datar tidak beraturan menggunakan
pendekatan luas segitiga dan segi empat
§ Menyajikan
hasil pembelajaran tentang segi empat dan segitiga
§ Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan segi empat dansegitiga
|
3.11.1 Memahami
Jenis dan Sifat Segiempat
3.11.2 Memahami
Keliling dan Luas Segiempat
3.11.3 Memahami
Jenis dan Sifat Segitiga
3.11.4 Memahami
Keliling dan Luas Segitiga
3.11.5 Memahami
Garis-garis Istimewa pada Segitiga
3.11.6 Menaksir Luas
Bangun Datar tidak Beraturan
4.11.1 Menentukan Bangun Datar Segiempat dan Segitiga
4.11.2 Menentukan
Jenis dan Sifat Segiempat
4.11.3 Menentukan
Keliling dan Luas Segiempat
4.11.4 Menentukan
Jenis dan Sifat Segitiga
4.11.5 Menentukan
Keliling dan Luas Segitiga
4.11.6 Menentukan
Garis-garis Istimewa pada Segitiga
4.11.7 Menentukan
Luas Bangun Datar tidak Beraturan
|
Tes Tertulis
Projek
|
Essai
Laporan
|
15 Jp
|
Buku Siswa,
Buku Guru
LKS
dan internet
|
|
3.12
Menganalisishubungan antaradata dengan
carapenyajiannya (table,diagram garis,diagram batang, dandiagram lingkaran)
4.12
Menyajikan danmenafsirkan datadalam
bentuk table,diagram garis,diagram batang, dandiagram lingkaran
|
Penyajian Data:
§ Jenis data
§ Tabel
§ Diagram garis
§ Diagram
batang
§ Diagram
lingkaran
|
§ Mencermati
penyajian data tentang informasi di sekitar yang disajikan dengan tabel,
ataupun diagram dari berbagai sumber media. Misal: koran, majalah, dan televise
§ Mencermati
cara penyajian data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan
diagram lingkaran
§ Mengumpulkan
informasi tentang jenis data yang
sesuai untuk disajikan dalam bentuk bentuk tabel, diagram garis, diagram
batang, dan diagram lingkaran
§ Mengumpulkan
informasi tentang cara menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk tabel,
diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
§ Menyajikan
hasil pembelajaran tentang penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang,
garis, dan lingkaran
§ Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penyajian data dalam bentuk tabel, diagrambatang,
garis, dan lingkaran
|
3.12.1 Mengenal Data
3.12.2 Mengolah Data
dalam Bentuk Tabell
3.12.3 Mengolah Data
dalam Bentuk Diagram Batang
3.12.4 Mengolah Data
dalam Bentuk Diagram Garis
3.12.5 Mengolah Data
dalam Bentuk Diagram Lingkaran
4.12.1 Menentukan Data
4.12.2 Menyajikan
Data dalam Bentuk Tabell
4.12.3 Menyajikan
Data dalam Bentuk Diagram Batang
4.12.4 Menyajikan
Data dalam Bentuk Diagram Garis
4.12.5 Menyajikan
Data dalam Bentuk Diagram Lingkaran
|
Tes Tertulis
Projek
|
Essai
Laporan
|
15 Jp
|
Buku Siswa,
Buku Guru
LKS
dan internet
|
Mengetahui,
Kepala SMPN .... Guru Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar