Selasa, 17 Desember 2019

Silabus Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Kelas VII


Silabus


Sekolah                   :  SMP ......................
Mata Pelajaran        :  Matematika
Kelas/Semester      :  VII / Satu
Kompetensi Inti      : 
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tes
Bentuk
Contoh
Instrumen
3.1
Menjelaskan danmenentukan urutanpada bilangan bulat(positif dan negatif)dan pecahan (biasa,campuran, desimal,
persen)
3.2
menjelaskan danmelakukan operasihitung bilangan bulatdan pecahan dengan
memanfaatkanberbagai sifatoperasi
3.3
Menjelaskan danmenentukanrepresentasi bilangandalam bentukbilangan berpangkatbulat positif dannegatif
4.1
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan denganurutan beberapabilangan bulat danpecahan (biasa,campuran, desimal,
persen)
4.2
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan denganoperasi hitungbilangan bulat danpecahan
4.3
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan denganbilangan dalambentuk bilanganberpangkat bulatpositif dan negatif
Bilangan Bulat dan Pecahan
§ Membandingkan bilangan bulat dan pecahan
§ Mengurutkan bilangan bulat dan pecahan
§ Operasi dan sifat-sifat operasi hitung  ilangan bulat dan pecahan
§ Mengubah bentuk bilangan pecahan
§ Bilangan Asli
§ Bilangan Bulat
§ Bilangan Prima
§ Bilangan Persegi
§ Kelipatan bilangan
§ Faktor persekutuan terbesar
§ Kelipatan persekutuan terkecil
§ Menyatakan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif
§ Kelipatan persekutuan terkecil (KPK)
§ Faktor persekutuan terbesar (FPB)
§ Menyatakan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif
§ Kelipatan persekutuan terkecil (KPK)
§ Faktor persekutuan terbesar (FPB)
§  Mencermati permasalahan sehari hari yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, Misal: zona pembagian waktu berdasarkan GMT (Greenwich Meredian Time), hasil pengukuran suhu dengan termometer, kedalaman di bawah permukaan laut, ketinggian gedung, pohon atau daratan
§  Mencermati urutan bilangan, sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat, kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan serta penerapannya
§  Mencermati permasalahan seharihari yang berkaitan dengan penggunaan pecahan. Misal: pembagian potongan kue, potongan buah, potongan gambar, potongan selembar kain/kertas, pembagian air dalam gelas, dan sebagainya
§  Mengumpulkan informasi tentang KPK dan FPB serta dua teknik menemukannya (pohon faktor dan pembagian bersusun)
§  Mengumpulkan informasi tentang bagaimana menyatakan bilangan dalam bentuk pangkat bulat
§  Mengumpulkan informasi tentang sifat-sifat penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian pada bilangan bulat dan pecahan
§  Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran tentang perbandingan bilangan bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan, dan bilangan rasional
§  Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan bilangan bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan dan factor bilangan bulat, perbandingan bilangan pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan, dan bilangan rasional
        3.1.1  Membandingkan bilangan bulat dan pecahan
        3.1.2 Menjelaskan urutan pada bilangan bulat dan pecahan
3.2.1 Menjelaskan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
3.2.2 Menjelaskan operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat
3.2.3 Menjelaskan cara  membandingkan bilangan pecahan
3.2.4 Menjelaskan Penjumlahan dan Pengurangan  Bilangan Pecahan
3.2.5 Menjelaskan Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan
        3.1.1  Menjelaskan  Bilangan Berpangkat Bulat Positif
        3.1.2 Menjelaskan     Kelipatan Persekutuan Terkecildan Faktor Persekutuan Terbesar
4.1.1  Menentukan bilangan bulat dan pecahan dengan benar
4.1.2 Menentukan urutan bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
        4.2.1 Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
        4.2.2               Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat
        4.2.3               Menentukan hasil membandingkan bilangan pecahan
        4.2.4               Menentukan operasi Penjumlahan dan Pengurangan  Bilangan Pecahan
        4.2.5               Menentukan operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan
        4.3.1 Menentukan hasil operasi Bilangan Berpangkat Bulat Positif
        4.3.2               Menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil dan Faktor Persekutuan Terbesar
Tes Tertulis

Projek




Essai


Laporan




20 Jp
Buku Siswa,
Buku Guru
LKS
dan internet
3.4
Menjelaskanhimpunan, himpunanbagian, himpunansemesta, himpunankosong, komplemenhimpunan danmelakukan operasibiner pada himpunanmenggunakanmasalah kontekstual
4.4
Menyelesaikanmasalah kontekstualyang berkaitandengan himpunan,himpunan bagian,himpunan semesta,himpunan kosong,komplemen
himpunan danoperasi biner padahimpunan
Himpunan
§ Menyatakan himpunan
§ Himpunan bagian, kosong, semesta
§ Hubungan antar himpunan
§ Operasi pada himpunan
§ Komplemen himpunan
§ Mengamati penggunaan himpunan dalam kehidupan sehari-hari. Misal: kumpulan hewan, tumbuhan, buah-buahan, kendaraan bermotor, alat tulis, suku-suku yang ada di Indonesia
§ Mencermati permasalahan yang berkaitan dengan himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, anggota himpunan, himpunan kuasa, kesamaan dua himpunan, irisan antar himpunan, gabungan antar himpunan, komplemen  himpunan, selisih, dan sifat-sifat operasi himpunan
§ Mengumpulkan informasi mengenai sifat identitas, sifat komutatif, sifat asosiatif, dan sifat distributif pada himpunan
§ Menyajikan hasil pembelajaran tentang himpunan dan sifat- sifat operasi himpunan
§ Memecahkan masalah yang terkait dengan himpunan dan sifat-sifatnya
3.4.1 Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
3.4.2   Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan;
3.4.3   Menyatakan himpunan kosong
3.4.4    Menyatakan himpunan semesta dari suatu himpunan
3.4.5   Menggambar diagram Venn dari suatu himpunan
3.4.6   Membaca diagram Venn dari suatu himpunan
3.4.7   Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan diagram Venn
3.4.8   Menyatakan kardinalitas dari suatu himpunan
3.4.9   Menyebutkan himpunan bagian dari suatu himpunan
3.4.10               Menyatakan himpunan kuasa dari suatu himpunan
3.4.11 Menyatakan kesamaan dari suatu himpunan
3.4.12               Menyatakan irisan dari dua himpunan
3.4.13               Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan irisan dua himpunan
3.4.14               Menyatakan gabungan dari dua himpunan
3.4.15               Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan gabungan dari dua himpunan
3.4.16               Menyatakan komplemen dari suatu himpunan
3.4.17               Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan komplemen dari suatu himpunan
3.4.18               Menyatakan selisih dari dua himpunan
3.4.19               Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan selisih dari dua himpunan
3.4.20               Menyatakan sifat-sifat dari operasi himpunan
3.4.21               Penggunaan himpunan dalam masalah kontekstual
3.4.22               Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi himpunan
4.4.1 Menyajikan himpunan dengan menyebutkan anggotanya
4.4.2   Menyajikan himpunan dengan menuliskan sifat yang dimilikinya
4.4.3   Menyajikan himpunan dengan notasi pembentuk himpunan
Tes Tertulis

Projek




Essai


Laporan




20 Jp
Buku Siswa,
Buku Guru
LKS
dan internet
3.5
Menjelaskan bentukaljabar danmelakukan operasipada bentuk aljabar(penjumlahan,pengurangan,perkalian, danpembagian)
4.5
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan denganbentuk aljabar danoperasi pada bentukaljabar
Bentuk Aljabar
§ Menjelaskan koefesien, variabel, konstanta, dan suku pada bentuk aljabar
§ Operasi hitung bentuk aljabar
§ Penyederhanaanbentuk aljabar
§ Mencermati masalah sehari- hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep bentuk aljabar  Mencermati bentuk aljabar dari  berbagai model bentuk, penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang disajikan, cara menyederhanakan bentuk aljabar
§ Menyajikan hasil pembelajaran tentang bentuk aljabar, operasi hitung aljabar, dan penyederhanaan bentuk aljabar
§ Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar, operasi bentuk aljabar, serta penyederhanaan bentuk aljabar
3.5.1 Mengenal bentuk aljabar
3.5.2   Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar
3.5.3   Menjelaskan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
3.5.4   Menjelaskan operasi Perkalian Bentuk Aljabar
3.5.5   Menjelaskan operasi Pembagian Bentuk Aljabar
4.5.1 Menentukan bentuk aljabar
4.5.2 Menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
4.5.3 Menyelesaikan operasi perkalian bentuk aljabar
4.5.4 Menyelesaikan operasi pembagian bentuk aljabar
4.5.5 Menyajikan permasalahan nyata dalam bentuk aljabar
4.5.6 Menyelesaikan bentuk aljabar dalam masalah nyata
4.5.7 Menyelesaikan masalah kontesktual pada operasi bentuk aljabar
4.5.8 Menyelesaikan masalah nyata pada operasi bentuk aljabar
Tes Tertulis

Projek




Essai


Laporan




20 Jp
Buku Siswa,
Buku Guru
LKS
dan internet
3.6
Menjelaskanpersamaan danpertidaksamaanlinear satu variable dan penyelesaiannya
4.6
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan denganpersamaan danpertidaksamaanlinear satu variabel
Persamaan dan Pertidaksamaan
Linear Satu Variabel
§ Pernyataan
§ Kalimat terbuka
§ Penyelesaian persamaan linear satu variabel dan pertidaksamaan linear satu variabel
§ Mencermati permasalahan seharihari yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel. Misal: panas benda dengan ukuran panjang, kecepatan dan jarak tempuh
§ Mengumpulkan informasi penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel melalui manipulasi aljabar untuk menentukan bentuk paling sederhana
§ Menyajikan hasil pembelajaran tentang persamaan linear satu variabel, bentuk setara persamaan linear satu variabel, dan konsep pertidaksamaan
§ Memecahkan masalah tentang persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
3.6.1     Memahami Konsep Persamaan Linear Satu Variabel
3.6.2    Memahmi Persamaan Menggunakan Penjumlahan atau Pengurangan
3.6.3    Memahami  Persamaan Menggunakan Perkalian atau Pembagian
3.6.4    Memahami Konsep Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
3.6.5    Memahami Masalah Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
4.6.1     Menentukan nilai variabel dalam persamaan linear satu variabel.
4.6.2    Menentukan Persamaan Menggunakan Penjumlahan atau Pengurangan
4.6.3    Menentukan Persamaan Menggunakan Perkalian atau Pembagian
4.6.4    Menentukan nilai variabel dalam pertidaksamaan linear satu variabel.
4.6.5    Mengubah masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel menjadi model matematika.
4.6.6    Menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.











Mengetahui,                                                                                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala SMPN 39  Bandung



Drs.H.Agus Komar,MM                                                                                                                          Siti Zenab N, S.Pd.
NIP.195909131979031002        
                                                                                                              NIP. 196710181990012001
Mata Pelajaran        :  Matematika
Kelas/Semester      :  VII / Dua
Kompetensi Inti      : 
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tes
Bentuk
Contoh
Instrumen
3.7
Menjelaskan rasiodua besaran(satuannya sama danberbeda)
3.8
Membedakanperbandingan senilaidan berbalik nilaidenganmenggunakan tabledata, grafik, dan
persamaan
4.7
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan denganrasio dua besaran(satuannya sama danberbeda)
4.8
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan denganperbandingan senilaidan berbalik nilai
Perbandingan
§ Membandingan dua besaran
§ Perbandingan senilai
§ Perbandingan berbalik nilai
§ Mencermati permasalahan sehari hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep rasio atau  perbandingan. Misal: peta, denah,  maket, foto, komposisi bahan makanan pada resep, campuran minuman, dan komposisi obat pada resep obat
§ Mengumpulkan informasi tentang model matematika dari konsep perbandingan sebagai hubungan fungsional antara suatu besaran dengan besaran lain berbentuk perbandingan senilai, perbandingan berbalik nilai
§ Mengumpulkan informasi mengenai strategi menyelesaikan masalah nyata yang melibatkan konsep perbandingan
§ Menyajikan hasil pembelajaran perbandingan senilai dan berbalik nilai
§ Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingansenilai den berbalik nilai
3.7.1     Memahami .perbandingan dua besaran
3.7.2    Menjelaskan Perbandingan Dua Besaran dengan Satuan yang Berbeda
3.8.1     Memahami Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Senilai
3.8.2    Memahami Masalah Perbandingan Senilai pada Peta dan Model
3.8.3    Memahami Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Berbalik Nilai
4.7.1     Menentukan perbandingan dua besaran
4.7.2    Menentukan Perbandingan Dua Besaran dengan Satuan yang Berbeda
4.8.1     Menyelesaikan Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Senilai
4.8.2    Menyelesaikan Masalah Perbandingan Senilai pada Peta dan Model
4.8.3    Menyelesaikan Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Berbalik Nilai
Tes Tertulis

Projek




Essai


Laporan




15 Jp
Buku Siswa,
Buku Guru
LKS
dan internet
3.9
Mengenal danmenganalisisberbagai situasiterkait  aritmetikasocial (penjualan,pembelian,potongan,keuntungan,kerugian, bungatunggal,persentase,bruto, neto, tara)
4.9
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan denganaritmetika social(penjualan,pembelian,potongan,keuntungan,kerugian, bungatunggal, persentase,bruto, neto, tara)
Aritmetika Sosial
§ Harga penjualan dan pembelian
§ Keuntungan, kerugian, dan impas
§ Persentase untung dan rugi
§ Diskon
§ Pajak
§ Bruto, tara, dan netto
§ Bunga tunggal
§ Mencermati kegiatan-kegiatan sehari-hari berkaitan dengan transaksi jual beli, kondisi untung, rugi, dan impas
§ Mencermati cara menentukan  diskon dan pajak dari suatu barang
§ Mengamati konteks dalam kehidupan di sekitar yang terkait dengan bruto, netto, dan tara
§ Mengumpulkan informasi tentang cara melakukan manipulasi aljabar terhadap permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan artimetika social
§ Menyajikan hasil pembelajaran  tentang aritmetika social
§ Memecahkan masalah yangberkaitan dengan aritmetika sosial
3.9.1     Memahami Keuntungan dan Kerugian
3.9.2    Memahami Bunga Tunggal
3.9.3    Memahami Bruto, Neto, dan Tara
4.9.1     Menentukan Keuntungan dan Kerugian
4.9.2    Menentukan Bunga Tunggal
4.9.3    Menentukan Bruto, Neto, dan Tara
Tes Tertulis

Projek




Essai


Laporan




15 Jp
Buku Siswa,
Buku Guru
LKS
dan internet
3.10
Menganalisishubungan antarsudut sebagai akibatdari dua garis sejajaryang dipotong olehgaris transversal
4.10
Menyelesaikanmasalah yangberkaitan denganhubungan antarsudut sebagai akibatdari dua garis sejajaryang dipotong olehgaris transversal
Garis dan Sudut
§ Garis
§ Kedudukan garis
§ Membagi garis
§ Perbandingan ruas garis
§ Pengertian sudut
§ Jenis-jenis sudut
§ Hubungan antar sudut
§ Melukis sudut
§ Mencermati model gambar atau objek yang menyatakan titik, garis, bidang, atau sudut
§ Mencermati permasalahan sehari hari yang berkaitan dengan penerapan garis dan sudut
§ Mencermati kedudukan dua garis, jenis-jenis sudut, hubungan antar sudut
§ Mencermati sudut-sudut yang terbentuk dari dua garis yang dipotong oleh garis transversal
§ Mencermati cara melukis dan membagi sudut menggunakan jangka
§ Menyajikan hasil pembelajaran tentang garis dan sudut
§ Memecahkan masalah yangberkaitan dengan garis dan sudut
3.10.1  Menjelaskan Hubungan Antar Garis
3.10.2  Memahami Membagi Ruas Garis Menjadi Beberapa Bagian Sama Panjang
3.10.3  Memahami Sudut
3.10.4  Menjelaskan Hubungan Antar Sudut
3.10.5  Menjelaskan cara Melukis Sudut Istimewa
4.10.1  Menentuka Hubungan Antar Garis
4.10.2  Menentukan cara Membagi Ruas Garis Menjadi Beberapa Bagian Sama Panjang
4.10.3  Menentukan Sudut
4.10.4  Menentukan Hubungan Antar Sudut
4.10.5  Melukis Sudut Istimewa
Tes Tertulis

Projek




Essai


Laporan




15 Jp
Buku Siswa,
Buku Guru
LKS
dan internet
3.11
Mengaitkan rumuskeliling dan luasuntuk berbagai jenissegiempat (persegi,persegipanjang,belahketupat, jajargenjang, trapezium,dan layang-layang)dan segitiga
4.11
Menyelesaikanmasalah kontekstualyang berkaitandengan luas dankeliling segiempat
(persegi,persegipanjang,belahketupat, jajargenjang, trapezium,dan layang-layang)dan segitiga
Bangun Datar (Segi empat dansegitiga)
§ Pengertian segi empat dan segitiga
§ Jenis-jenis dan sifat-sifat bangun datar
§ Keliling dan luas segi empat dan segitiga
§ Menaksir luas bangun dataryang tak beraturan
§ Mencermati benda di lingkungan sekitar berkaitan dengan bentuk segitiga dan segi empat
§ Mengumpulkan informasi tentang unsur-unsur pada segi empat dan  segitiga
§ Mengumpulkan informasi tentang jenis, sifat dan karakteristik segitiga dan segi empat berdasarkan ukuran dan hubungan antar sudut dan sisi-sisi
§ Mengumpulkan informasi tentang rumus keliling dan luas segi empat dan segitiga melalui pengamatan atau eksperimen
§ Mengumpulkan informasi tentang cara menaksir luas bangun datar tidak beraturan menggunakan pendekatan luas segitiga dan segi empat
§ Menyajikan hasil pembelajaran tentang segi empat dan segitiga
§ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan segi empat dansegitiga
3.11.1   Memahami Jenis dan Sifat Segiempat
3.11.2  Memahami Keliling dan Luas Segiempat
3.11.3  Memahami Jenis dan Sifat Segitiga
3.11.4  Memahami Keliling dan Luas Segitiga
3.11.5  Memahami Garis-garis Istimewa pada Segitiga
3.11.6  Menaksir Luas Bangun Datar tidak Beraturan
4.11.1   Menentukan  Bangun Datar Segiempat dan Segitiga
4.11.2  Menentukan Jenis dan Sifat Segiempat
4.11.3  Menentukan Keliling dan Luas Segiempat
4.11.4  Menentukan Jenis dan Sifat Segitiga
4.11.5  Menentukan Keliling dan Luas Segitiga
4.11.6  Menentukan Garis-garis Istimewa pada Segitiga
4.11.7  Menentukan Luas Bangun Datar tidak Beraturan
Tes Tertulis

Projek




Essai


Laporan




15 Jp
Buku Siswa,
Buku Guru
LKS
dan internet
3.12
Menganalisishubungan antaradata dengan carapenyajiannya (table,diagram garis,diagram batang, dandiagram lingkaran)
4.12
Menyajikan danmenafsirkan datadalam bentuk table,diagram garis,diagram batang, dandiagram lingkaran
Penyajian Data:
§ Jenis data
§ Tabel
§ Diagram garis
§ Diagram batang
§ Diagram lingkaran
§ Mencermati penyajian data tentang informasi di sekitar yang disajikan dengan tabel, ataupun diagram dari berbagai sumber media. Misal: koran, majalah, dan televise
§ Mencermati cara penyajian data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
§ Mengumpulkan informasi tentang  jenis data yang sesuai untuk disajikan dalam bentuk bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
§ Mengumpulkan informasi tentang cara menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
§ Menyajikan hasil pembelajaran tentang penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, dan lingkaran
§ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data dalam bentuk tabel, diagrambatang, garis, dan lingkaran
3.12.1  Mengenal Data
3.12.2  Mengolah Data dalam Bentuk Tabell
3.12.3  Mengolah Data dalam Bentuk Diagram Batang
3.12.4  Mengolah Data dalam Bentuk Diagram Garis
3.12.5  Mengolah Data dalam Bentuk Diagram Lingkaran
4.12.1  Menentukan Data
4.12.2  Menyajikan Data dalam Bentuk Tabell
4.12.3  Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram Batang
4.12.4  Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram Garis
4.12.5  Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram Lingkaran
Tes Tertulis

Projek




Essai


Laporan




15 Jp
Buku Siswa,
Buku Guru
LKS
dan internet
                                                                                                                                                               


Mengetahui,                                                                                                                                                                                            
Kepala SMPN ....                                       Guru Mata Pelajaran



                                                                                                                                             



Tidak ada komentar:

Posting Komentar