SILABUS SMA/MA
Mata Pelajaran : Matematika Wajib
Kelas : X
Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi
secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Eksponen dan Logaritma
|
Mengamati
Membaca ekspresi dan hasil operasi
aljabar dari eksponen dan logaritma.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian
dan aturan dari hasil operasi aljabar eksponen dan logaritma.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsur-unsur
yang
terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen dan logaritma.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada
pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen dan logaritma, kemudian
menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai pengertian dan aturan dari eksponen dan logaritma.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, aturan eksponen dan logaritma
dan penerapannya dalam penyelesaian
masalah sederhana yang terkait dengan
eksponen dan logaritma dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
· Mencari dan membaca
ekspresi dan hasil operasi aljabar dari eksponen dan logaritma.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai penggunaan aturan/ sifat
eksponen dan logaritma.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian
masalah sederhana yang terkait dengan penggunaan aturan/ sifat eksponen dan logaritma.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas X.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
|||
3.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen
dan logaritma sesuai
dengan karakteristik
permasalahan yang
akan diselesaikan
dan memeriksa kebenaran
langkah-langkahnya.
|
||||||||
4.1 Menyajikan masalah
nyata menggunakan
operasi aljabar berupa eksponen
dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat- sifat
dan aturan yang telah terbukti
kebenarannya.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Persamaan dan Pertidaksamaan
Nilai Mutlak
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian nilai
mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait
dengan persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian
nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait
dengan persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian,
dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian
nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang
terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan
masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian nilai mutlak,
ekspresi-ekspresi, dan penyelesaian persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak
dan penerapannya dalam penyelesaian
masalah nyata yang terkait persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak
dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca mengenai
pengertian nilai mutlak,
ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai penyelesaian persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak,
dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang sederhana.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak,
dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang sederhana.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas X.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
|||
3.2 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep nilai mutlak
dalam persamaan dan
pertidaksamaan serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah
nyata.
|
||||||||
4.2 Menerapkan konsep
nilai mutlak dalam
persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam
memecahkan masalah nyata.
4.3 Membuat model
matematika berupa persamaan dan
pertidaksamaan
linear dua variabel yang melibatkan nilai mutlak
dari situasi nyata dan
matematika, serta
menentukan jawab
dan menganalisis model
sekaligus jawabnya.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Dua
Variabel, dan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel
|
Mengamati
Membaca mengenai ekspresi sistem
persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel,
cara menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan
dalam model matematika, serta penyelesaiannya.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai ekspresi
sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua
variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang
disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada
ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan
linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah
nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya, kemudian
menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai pengertian ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga
variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan
penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika,
serta penyelesaiannya.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian ekspresi sistem persamaan linier
dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan
himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model
matematika, serta penyelesaiannya dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
· Membaca mengenai
ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan
linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah
nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai menentukan himpunan penyelesaiannya sistem persamaan
linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, dan
masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
menentukan himpunan penyelesaiannya sistem persamaan linier dua, tiga
variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, dan masalah nyata yang
disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas X.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
|||
3.3 Mendeskripsikan konsep sistem
persamaan linier dua
dan tiga variable
serta pertidaksamaan
linier dua variabel dan mampu menerapkan berbagai
strategi yang efektif dalam menentukan
himpunan penyelesaiannya serta
memeriksa kebenaran
jawabannya dalam pemecahan masalah
matematika.
|
||||||||
4.4 Menggunakan
SPLDV,
SPLTV
dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV) untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan
4.5 Membuat
model matematika berupa
SPLDV, SPLTV,
dan SPtLDV
dari situasi nyata dan
matematika, serta
menentukan jawab
dan menganalisis model
sekaligus jawabnya
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Matriks
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian matriks,
contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi
sederhana matriks.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian
matriks, contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam bentuk matriks, dan
operasi sederhana matriks.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang
disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada
pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam bentuk
matriks, dan operasi sederhana matriks, kemudian menghubungkan unsur-unsur
yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian
matriks, masalah nyata yang dapat disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi
sederhana matriks.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian matriks, masalah nyata yang
dapat disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks dengan
lisan, dan tulisan.
|
Tugas
· Membaca mengenai
pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam bentuk
matriks, dan operasi sederhana matriks.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai penyajian masalah nyata ke dalam bentuk matriks, dan
operasi sederhana matriks.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
penyajian masalah nyata ke dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana
matriks.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas X.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
|||
3.4 Mendeskripsikan konsep
matriks sebagai
representasi numeric dalam kaitannya dengan
konteks nyata.
3.5 Mendeskripsikan operasi
sederhana matriks serta
menerapkannya dalam pemecahan
masalah.
|
||||||||
4.6 Menyajikan model matematika dari suatu masalah
nyata yang berkitan
dengan matriks.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Relasi dan Fungsi
|
Mengamati
Membaca pengertian daerah asal, daerah
kawan, dan daerah hasil dari berbagai penyajian suatu relasi dan fungsi.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian
daerah asal, daerah kawan, daerah hasil dari berbagai penyajian suatu relasi
dan fungsi.
Mengeksplorasikan
Menentukan daerah asal, daerah
kawan, dan daerah hasil dari berbagai penyajian suatu relasi dan fungsi.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada
daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai penyajian
suatu relasi dan fungsi, kemudian
menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil,
relasi, fungsi, dan cara mengidentifikasi berbagai penyajian relasi yang
merupakan suatu fungsi.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian daerah asal, daerah kawan, dan
daerah hasil, relasi, fungsi, dan cara mengidentifikasi berbagai penyajian
relasi yang merupakan suatu fungsi
dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca mengenai
pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai
penyajian suatu relasi dan fungsi.
· Mengerjakan latihan
soal-soal yang terkait dengan daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil
dari berbagai penyajian suatu relasi
dan fungsi.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
yang terkait daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai
penyajian suatu relasi dan fungsi.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas X.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
|||
3.6 Mendeskripsikan daerah asal, daerah kawan,
dan daerah hasil suatu
relasi antara dua himpunan yang disajikan dalam berbagai
bentuk (grafik, himpunan pasangan terurut, atau
ekspresi simbolik)
3.7 Mengidentifikasi
relasi yang disajikan dalam berbagai
bentuk yang merupakan
fungsi.
|
||||||||
4. 7. Menerapkan daerah
asal, dan daerah hasil fungsi dalam menyelesaikan masalah.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Barisan dan Deret
|
Mengamati
Membaca, mengenai pengertian, pola-pola
barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian
barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada
pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri, kemudian menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian dan perbedaan barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, perbedaan dan penerapannya
dalam penyelesaian
masalah sederhana yang terkait dengan pola-pola barisan dan deret
aritmatika dan geometri dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Mencari dan membaca
mengenai pengertian, pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan deret
aritmatika dan geometri.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian
masalah sederhana yang terkait dengan pola-pola barisan dan deret
aritmatika dan geometri.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas X.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
|||
3.8 Memprediksi
pola barisan dan
deret aritmetika dan geometri atau
barisan. lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya.
|
||||||||
4.8 Menyajikan
hasil, menemukan pola barisan dan
deret dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Persamaan dan Fungsi Kuadrat
|
Mengamati
Membaca mengenai berbagai ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat,
strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian masalah
nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa
grafik fungsi kuadrat.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai cara
mengubah berbagai
ekspresi menjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk menyelesaikan persamaan dan
fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi
kuadrat serta penyelesaiannya, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada berbagai
ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat,
strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian masalah
nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa
grafik fungsi kuadrat.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada berbagai ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat,
strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian masalah
nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa
grafik fungsi kuadrat, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara mengubah berbagai ekspresi menjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk menyelesaikan persamaan dan
fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi
kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
Mengomunikasikan
Menyampaikan cara mengubah berbagai ekspresi menjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk menyelesaikan persamaan dan
fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi
kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrati dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· membaca mengenai berbagai ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat,
strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian masalah
nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa
grafik fungsi kuadrat.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan deret
aritmatika dan geometri.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian yang terkait
dengan mengubah berbagai
ekspresi menjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk menyelesaikan persamaan dan
fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi
kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas X.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
|||
3.9 Mendeskripsikan berbagai bentuk
ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat.
3.10 Mendeskripsikan persamaan
dan
fungsi kuadrat, memilih strategi
dan menerapkan
untuk menyelesaikan persamaan
dan fungsi kuadrat
serta memeriksa kebenaran
jawabannya.
3.11 Menganalisis fungsi dan
persamaan kuadrat
dalam berbagai bentuk penyajian masalah
kontekstual.
3.12 Menganalisis grafik fungsi dari
data terkait masalah
nyata dan menentukan
model matematika berupa fungsi kuadrat.
|
||||||||
4.9 Mengidentifikasi dan menerapkan
konsep fungsi dan persamaan kuadrat
dalam menyelesaikan
masalah nyata dan
menjelaskannya secara lisan
dan tulisan.
4.10 Menyusun model matematika dari masalah yang berkaitan
dengan persamaan
dan fungsi kuadrat dan menyelesaikan serta
memeriksa kebenaran jawabannya.
4.11 Menggambar
dan membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dari
masalah nyata
berdasarkan
data
yang ditentukan
dan menafsirkan karakteristiknya.
4.12 Mengidentifikasi
hubungan fungsional kuadratik dari
fenomena sehari-hari
dan menafsirkan makna dari setiap
variabel yang digunakan.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Geometri
|
Mengamati
Membaca dan mengamati pengertian,
gambar, dan peraga mengenai jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar
garis, dan bidang, serta masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian,
jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta
masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis,
dan bidang, serta masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada
jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta
masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan
bidang, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga
dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian jarak antar titik, garis, dan
bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta cara menyelesaikan masalah nyata
yang berkaitan dengan jarak dan
sudut antara titik,
garis
dan bidang.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian jarak antar titik, garis, dan
bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta cara menyelesaikan masalah nyata
yang berkaitan dengan jarak dan
sudut antara titik,
garis
dan bidang dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca dan mengamati, pengertian, gambar, dan peraga
mengenai jarak antar titik, garis, dan
bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah nyata yang
berkaitan dengan jarak dan
sudut antara titik, garis dan
bidang.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan deret
aritmatika dan geometri.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta
cara menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas X.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
|||
3.13 Memahami konsep
jarak dan sudut antar titik,
garis
dan bidang melalui demonstrasi
menggunakan alat
peraga atau media lainnya.
|
||||||||
4.13 Menggunakan berbagai
prinsip bangun datar dan
ruang serta dalam menyelesaikan masalah
nyata berkaitan
dengan jarak
dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Trigonometri
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian perbandingan trigonometri, hubungan antar
perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan mengamati grafik fungsi trigonometri.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian perbandingan trigonometri, hubungan antar
perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada perbandingan
trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada perbandingan trigonometri, hubungan antar
perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian perbandingan trigonometri, hubungan antar
perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian perbandingan trigonometri, hubungan antar
perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca mengenai
pengertian perbandingan
trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
· Mengerjakan latihan
soal-soal yang terkait dengan perbandingan
trigonometri, hubungan antar
perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
Portofolio
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai perbandingan trigonometri, hubungan antar
perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.
|
4 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas X.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
|||
3.15 Memahami konsep perbandingan trigonometri
pada segitiga
siku-siku melalui penyelidikan
dan diskusi tentang hubungan perbandingan
sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa segitiga siku- siku sebangun.
3.16 Menemukan
sifat-sifat
dan hubungan antar
perbandingan
trigonometri dalam
segitiga siku-
siku.
3.17 Memahami dan menentukan
hubungan perbandingan Trigonometri dari
sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian
masalah nyata
dan matematika
3.18 Memahami konsep fungsi
Trigonometri dan menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai
fungsi
Trigonometri dari sudut-
sudut istimewa
|
||||||||
4.14 Menerapkan perbandingan trigonometri dalam
menyelesaikan masalah.
4.15. Menyajikan grafik fungsi trigonometri.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Limit Fungsi
Aljabar
|
Mengamati
Membaca mengenai
pengertian limit fungsi aljabar melalui penerapan dalam konteks nyata,
mengamati contoh penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian
limit fungsi aljabar, penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada
limit fungsi aljabar, aturan, dan sifat limit fungsi aljabar, kemudian
menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai pengertian limit fungsi aljabar, penggunaan aturan dan
sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian limit fungsi
aljabar, penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar dalam masalah
nyata. dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
· Membaca mengenai pengertian limit fungsi aljabar melalui penerapan dalam konteks nyata, mengamati contoh
penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar.
· Mengerjakan latihan
soal-soal aturan dan sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata.
|
2,5 x 4 jam
pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas X.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
|||
3.18 Memahami konsep
limit fungsi aljabar
dengan menggunakan konteks nyata dan menerapkannya.
3.19 Merumuskan aturan dan sifat
limit fungsi aljabar
melalui pengamatan contoh-contoh.
|
||||||||
4.16 Memilih strategi yang efektif dan
menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata tentang limit
fungsi aljabar.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Statistika
|
Mengamati
Mengamati berbagai penyajian data dalam
bentuk atau diagram/plot, dan cara membuatnya.
Menanya
Membuat pertanyaan
mengenai cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada berbagai
penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada berbagai penyajian data dalam bentuk atau
diagram/plot, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau
diagram/plot.
Mengomunikasikan
Menyampaikan cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot dengan
lisan, tulisan, dan diagram.
|
Tugas
· Mengamati berbagai
penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot, dan cara membuatnya.
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas X.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
|||
3.20 Mendeskripsikan berbagai
penyajian data dalam
bentuk tabel atau
diagram/plot yang sesuai untuk mengomunikasikan
informasi dari suatu kumpulan
data melalui analisis perbandingan berbagai variasi
penyajian data.
3.21 Mendeskripsikan data dalam bentuk
tabel atau
diagram/plot tertentu
yang sesuai dengan
informasi yang ingin
dikomunikasikan.
|
||||||||
4.17 Menyajikan
data nyata dalam bentuk
tabel atau
diagram/plot tertentu
yang sesuai dengan
informasi yang ingin
dikomunikasikan.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Peluang
|
Mengamati
Membaca dan mengamati pengertian
peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Menanya
Membuat pertanyaan
mengenai pengertian peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada pengertian peluang
suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian peluang suatu kejadian yang
diperoleh dari percobaan berbagai objek, kemudian menghubungkan unsur-unsur
yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian peluang suatu kejadian yang
diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian
peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek
dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
· Membaca dan mengamati
pengertian peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai
objek.
· Mengerjakan latihan
soal-soal yang terkait dengan peluang suatu kejadian yang diperoleh dari
percobaan berbagai objek.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian yang terkait
dengan peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas X.
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
|
|||
3.22 Mendeskripsikan konsep peluang suatu
kejadian menggunakan berbagai
objek nyata dalam
suatu percobaan
menggunakan frekuensi relatif.
|
||||||||
4.18 Menyajikan
hasil penerapan
konsep peluang untuk menjelaskan
berbagai objek nyata
melalui percobaan menggunakan
frekuensi relatif.
|
||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar